Kamis, April 4

Bisnis Online+Offline? Apa Bisa?

Oleh : @M17-LUTHFIAH

Abstrak
    Hingga saat ini, masih banyak yang bertanya lebih baik peluang bisnis manakah yang lebih menjanjikan? Apakah bisnis konvensional dengan cara lama (offline) atau bisnis yang menggunakan digital (online) yang sedang naik daun saat ini? Terutama di Indonesia ini, bisnis online sedang banyak diincar dan telah berkembang saat ini dengan sangat cepat. Peluang usaha secara digital juga dinilai lebih banyak saat ini ketimbang memilih bisnis konvensional yang membutuhkan banyak modal. 
      Di era modern saat ini, sering kali kita jumpai berbagai situs jual beli online seperti Lazada, Tokpedia, Bukalapak, OLX dll atau sering dikenal dengan bisnis online. Maraknya bisnis online tersebut terjadi dikerenakan berkembangnya tingkat pengetahuan manusia serta berkembang teknologi yang membuat peluang usaha semakin besar. Namun tahukah Anda sebelum maraknya bisnis online, terdapat bisnis konvensional yang merupakan dasar dalam berbisnis. Dalam beberapa hal terdapat perbedaan antara bisnis online dan bisnis konvensional.


Kata Kunci : Bisnis, Bisnis Online, Bisnis Konvensional, Bisnis Offline

1. Bisnis Online
Menurut Wahono, Bisnis online hingga saat ini bisa dikatakan sebagai sebuah kegiatan transaksi jual-beli yang dilakukan lewat peran media digital seperti internet agar dapat meraih keuntungan penghasilan sebanyak-banyaknya.
Keuntungan dari bisnis Online:
  • Memiliki jangkauan pemasaran atau promosi yang lebih luas, lebih tidak terbatas terhadap suatu daerah ataupun waktu.
  • Mampu menjangkau setiap konsumen secara efektif bahkan hingga ke wilayah yang terpencil, asalkan memiliki akses internet.
  • Sebaliknya, jangkauan juga bisa dilakukan dari daerah yang terpencil bahkan menuju internasional dengan mudah
  • Transaksi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asal memiliki akses internet yang baik.
  • Tidak membutuhkan modal besar, karena tidak memerlukan biaya penyewaan tempat dan sebagainya.
Kekurangan dari bisnis Online:
  • Produk yang tidak dapat dilihat langsung oleh konsumen, sehingga tingkat kepercayaan antara penjual dan pembeli masih belum kuat.
  • Masih marak terjadi kasus penipuan yang melibatkan bisnis online, sehingga peluang usaha secara online masih rawan akan penipuan baik dari pembeli ataupun penjual.
  • Membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengirimkan produk kepada konsumen, sehingga lebih memakan waktu.
2. Bisnis Konvensional (offline)
Sebuah bisnis konvensional ataupun yang sering disebut juga sebagai bisnis offline merupakan sebuah kegiatan transaksi jual-beli secara langsung dengan mempertemukan antara penjual dan pembeli di sebuah tempat dengan bertatap muka.
Kelebihan bisnis Konvensional
  • Para pembeli dapat dengan mudah melihat langsung produk yang diinginkan sehingga mengetahui dengan pasti kualitas serta kuantitas yang ada dari toko tersebut, sehingga tidak ada keraguan.
  • Memiliki lebih banyak stok produk bila dibandingkan dengan bisnis online.
  • Memiliki sebuah tempat usaha fisik, sehingga ketika terjadi kesalahan setelah transaksi pembeli bisa kembali menuju toko untuk melakukan pengaduan.  
  • Lebih mampu menjaga kepercayaan, kualitas serta loyalitas konsumen, karena minimnya penipuan yang terjadi.
Kekurangan bisnis Konvensional:
  • Media promosi serta jangkauan pemasaran yang terbatas dalam suatu daerah,  sehingga untuk memperluas pemasaran dibutukan pembukaan cabang baru di daerah lain.
  • Masih membutuhkan modal yang lumayan banyak untuk membangun sebuah usaha konvensional, salah satunya adalah urusan kepemilikian tempat usaha.
  • Masih direpotkan dengan segala urusan perizinan mendirikan usaha.
Setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe bisnis diatas, dapat disimpulkan bahwa setiap tipe bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. dan semua hal itu selalu berbalik pada diri pengusaha tersebut. keinginan pengusaha tersebut untuk maju mengikuti perkembangan zaman ataupun stuck ditempatnya. Jika kita adalah pengusaha yang memiliki pemikiran kreatif dan inovatif, pasti akan mengikuti arus zaman agar usahanya tetap berjalan dengan baik.
Karena hal itu, seorang pengusaha bisa saja berpikiran untuk membuka bisnis online dan bisnis offline secara bersamaan atau pun beriringan. apa maksud beriringan? yaitu melakukan salah satu tipe bisnis terlebih dahulu, lalu membuat tipe bisnis yang lainnya setelah melihat peluang terlebih dahulu. Contoh usaha yang sudah melakukan hal tersebut adalah penjualan suatu brand make up untuk para wanita saat ini bisa dibeli secara konvensional di toko-toko atau pun secara digital (online) melalui e-commerce, begitu pun dengan para lelaki yang bisa membeli sepatu-sepatu keinginannya secara konvensional seperti di toko-toko ataupun secara digital (online) melaui e-commerce.

Daftar Pustaka

22 komentar:

  1. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Hal ini dapat membantu dan mengembangkan kita dalam memperluas wawasan tentang usaha dan bisnis melalui bisnis online maupun offline, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan nya.

    BalasHapus
  2. NAMA : FREDI WIBOWO
    NIM : 41617110115

    Artikel yang menarik, dalam dunia digital memang kita harus pintar dalam memanfaatkan internet tidak terkecuali dalam berbisnis ( bisnis online)

    BalasHapus
  3. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Artikel yang sangat bagus, maraknya bisnis online dan juga offline itu sudah bukan hal yang biasa, sudahn banyak sekali bisnis online dan juga offline berkembang di dunia bisnis, dan itu berhasil.

    BalasHapus
  4. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Bisnis online sedang banyak diincar dan telah berkembang saat ini dengan sangat cepat.

    BalasHapus
  5. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Artikel yang sangat bagus memberitahu para pembaca bahwa membuat bisnis online ataupun offline memiliki keuntungan dan kelebihannya masing-masing.

    BalasHapus
  6. Nama : Puspa Rahayu
    NIM : 43117110268

    Artikel ini bagus, memberitahukan para pembaca bahwa usaha online ataupun offline bisa dijalankan secara beriringan atau bersamaan, walaupun di kedua tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.

    BalasHapus
  7. Nama : Cindy
    NIM : 43218110114

    Artikel ini sangat bagus. karena bisnis online maupun offline sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

    BalasHapus
  8. Nama : Natan
    NIM : 43117110110

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Hal ini dapat membantu dan mengembangkan kita dalam memperluas wawasan tentang usaha dan bisnis melalui bisnis online maupun offline, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan nya.

    BalasHapus
  9. Nama : Helena Mutiara H
    NIM : 43218110214

    Artikel ini sudah cukup bagus, bagi pemahaman para pebisnis pemula. Karena disetiap penjelasan sudah terperinci.

    BalasHapus
  10. Nama : abdul hadi hadzami
    Nim : 41318110064
    Artikel ini bagus, memberitahukan para pembaca bahwa usaha online ataupun offline bisa dijalankan secara beriringan atau bersamaan, walaupun di kedua tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.

    BalasHapus
  11. Nama : Yusup Maulana

    NIM : 41416120114


    Artikel ini sangat bagus, bisnis online maupun offline memiliki peluang yang sama . Namun untuk para pembisnis harus memiliki kepekaan peluang yang tajam

    BalasHapus
  12. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    Nim : 41117110111

    Artikel yang sangat bagus dan menarik menurut saya.
    membuat kita berpikir untuk memilih dan paham atas keuntungan dan resiko yang akan di hadapi.

    BalasHapus
  13. Nama : Ricco Yudistira
    Nim : 41617110077

    Artikel yang menarik, dalam dunia digital memang kita harus pintar dalam memanfaatkan internet

    BalasHapus
  14. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141

    artikel yang bagus karena menerangkan tantang kelebihan dan kekurangan untuk usaha offline dan online.

    BalasHapus
  15. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Artikel ini sangat bagus karena didalamnya menjelaskan tentang peluang usaha mana yang menguntungkan antara online dan offline. Dan keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    BalasHapus
  16. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim : 43218110220

    Menurut saya,
    Artikel ini bagus, memberitahukan para pembaca bahwa usaha online ataupun offline bisa dijalankan secara beriringan atau bersamaan, walaupun di kedua tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.
    Terimakasih

    BalasHapus
  17. Nama : Hana Kartika
    Nim : 42317110015
    Menurut saya, usaha menggunakan online lebih banyak keuntungan daripada menggunakan offline salah yaitu lebih efisien.

    BalasHapus
  18. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    NIM : 41617110063
    Artikel ini sangat bagus. karena bisnis online maupun offline sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.Pastinya orang yang berwirausaha penting banget mengetahui artikel ini.

    BalasHapus
  19. Nama : Ezra Feroza
    NIM : 41617120059
    Bisnis online belom tentu unggul dibandingkan bisnis ofline. semua balik lagi si pelaku bisnis tersebut.

    BalasHapus
  20. Nama : Saripudin
    Nim : 41617110111

    Artikel yang bagus , menjabarkan bisnis online , kelebihan dan kekurangannya.

    BalasHapus
  21. Nama : Nurring Tyas

    Nim : 41617110119


    Artikel ini cukup bagus, karena dapat disampaikan dengan mudah dimengerti. dengan artikel ini menambah wawasan tentang kelebihan dan kekurangan dari bisnis e-commerce (digital) dan konvesional (offline). sehingga menjadi pertimbangan untuk orang yang ragu akan melakukan kegiatan bisnis dengan sistem apa.

    BalasHapus
  22. NAMA : IRMA JELITA NURAINI
    NIM : 44218120122

    Masing-masing bisnis, baik online maupun offline memiliki keunggulannya masing-masing. Namun saat ini masyarakat lebih memilih untuk terjun dan mengambil peran dalam bisnis online ketimbang bisnis offline. Dengan bisnis online kita bisa menjangkau pasar tidak hanya lokal saja bahkan bisa sampai ke mancanegara. Selain itu juga bisa dijadikan penghasilan utama, hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang yang memiliki omset perbulan hingga ratusan juta rupiah bahkan milyaran rupiah hanya dengan bisnis di internet. Namun semua kembali ke individu masing-masih, lebih nyaman mnggunakan sistem bisnis online atau offline.

    BalasHapus