Kamis, April 4

Teknologi dalam Dunia Bisnis

ABSTRAK
Teknologi yang berkembang dengan begitu pesat seharusnya dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis. Pemanfaatan teknologi yang tepat akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Proses bisnis yang panjang, rumit dan membutuhkan waktu lama dapat menjadi lebih efisien dan membantu menekan biaya. E-commerce adalah salah satu teknologi yang semestinya dapat diterapkan dalam perusahaan. E-commerce merupakan jawaban atas tuntutan globalisasi.


Pertumbuhan pengguna internet yang berkembang dengan pesat seharusnya menjadi alasan mengapa perusahaan harus mencoba menerapkan e-commerce. Walaupun memang perkembangan pengguna e-commerce belum begitu mengesankan dibandingkan dengan pertumbuhan pengguna internet. Fenomena e-commerce belum dapat dipahami dan didukung dengan baik terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Konsumen masih belum memiliki kepercayaan terhadap keamanan bertransaksi, kesamaan produk yang ditampilkan dengan kenyataannya, sampai dengan konsumen yang memang belum memiliki kemampuan untuk itu.

DEFINISI
Electronic Commerce (e-commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer. e-commerce merupakan bagian dari e-Business, di mana cakupan e-Business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan WWW, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (data Base), e-surat atau surat elektronik (e-Mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini (Siregar, 2010).

Electronic Commerce di definisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan Electronic transmission (Hildamizanthi. 2011).

Menurut Rahmati (2009) E-commerce singkatan dari Electronic Commerce yang artinya sistem pemasaran secara atau dengan media elektronik. E-Commerce ini mencakup distribusi, penjualan, pembelian, marketing dan Service dari sebuah produk yang dilakukan dalam sebuah System elektronika seperti Internet atau bentuk jaringan komputer yang lain. E-commerce bukan sebuah jasa atau sebuah barang, tetapi merupakan perpaduan antara jasa dan barang. E-commerce dan kegiatan yang terkait melalui internet dapat menjadi penggerak untuk memperbaiki ekonomi domestik melalui liberalisasi jasa domestik dan mempercepat integrasi dengan kegiatan produksi global. Karena e-commerce akan mengintegrasikan perdagangan domestik dengan perdagangan dunia, berbagai bentuk pembicaraan atau negosiasi tidak hanya akan terbatas dalam aspek perdagangan dunia, tetapi bagaimana kebijakan domestik tentang pengawasan di sebuah negara, khususnya dalam bidang telekomunikasi, jasa keuangan, dan pengiriman serta distribusi.

Manfaat dan Tantangan Penggunaan e-commerce Dalam Dunia Bisnis

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk: 
1. Menyediakan harga kompetitif 
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah. 
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas. 
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon. 
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian. 
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan 
7. lain-lain.
8. Mempermudah kegiatan perdagangan.
Manfaat yang didapatkan dalam menjalankan usaha melalui e-commerce
Mendapatkan pelanggan baru.
Menarik konsumen untuk tetap bertahan.
Meningkatkan mutu pelayanan.

Dampak E-commerce dalam Dunia Bisnis

1. Memudahkan promosi produk dan jasa secara interaktif dan real time melalui saluran komunikasi langsung via internet.
2. Menciptakan saluran distribusi baru yang bisa menjangkau lebih banyak pelanggan di hampir semua belahan dunia.
3. Memberikan penghematan signifikan dalam hal biaya pengiriman informasi dan produk terdigitalisasi (contoh perangkat lunak dan musik).
4. Layanan pelanggan yang lebih responsif dan memuaskan, karena pelanggan bisa mendapatkan informasi lebih rinci dan merespons cepat secara online.
5. Menghemat biaya dan waktu dalam menangani pemesanan, karena sistem pemesanan elektronik memungkinkan pemrosesan yang lebih cepat dan akurat.

Faktor Keberhasilan E-commerce dalam Dunia Bisnis


1. Faktor Pilihan dan Nilai
Meliputi pilihan produk yang menarik, harga yang bersaing, jaminan kepuasan, dan dukungan pelanggan setelah penjualan.

2. Faktor Kinerja dan Pelayanan
Meliputi navigasi, proses belanja, dan pembelian serta konfirmasi pengiriman yang cepat dan mudah. Look and Feel, Faktor Tampilan dan rasa yakni meliputi pajangan web, situs web, area belanja, produk multimedia, halaman katalog dan fitur belanja yang menarik.

3. Personal attention
Meliputi halaman web personal, saran produk yang dipersonalisasi, iklan web dan pemberitahuan e-mail, serta dukungan interaktif untuk semua pelanggan.

4. Community Relationship
Faktor hubungan dengan komunitas meliputi komunitas virtual para pelanggan, pemasok, perwakilan perusahaan, dan lain-lainnya melalui newsgroup, ruang bincang, serta berbagai hubungan ke situs-situs terkait.

5. Security and Reliability
Meliputi keamanan informasi pelanggan dan transaksi di situs web, informasi produk yang dapat dipercaya, serta pemenuhan pesanan yang dapat diandalkan.

Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Online

Kelebihan dalam berbisnis online :
1. Lingkup pemasarannya luas, tidak terbatas pada daerah sekitar.
2. Dapat dipasarkan ke seluruh nusantara bahkan sampai ke luar negeri.
3. Tidak memerlukan stok barang yang banyak / berlebih Dapat dilakukan dimanapun asalkan memiliki akses internet yang baik.
4. Barang yang dipesan akan dibungkus rapi serta langsung diantarkan ke tempat tujuan.
5. Tidak memerlukan modal yang besar.

Kekurangan dalam berbisnis online :
1. Karena produk tidak dapat dilihat secara langsung, maka hasil pesanan menjadi kurang meyakinkan.
2. Banyak situs bisnis Online yang menipu konsumen sehingga konsumen harus lebih berhati-hati dalam memilih situs belanja Online.
3. Dalam mengantarkan barang pesanan, terkadang beberapa situs bisnis online mengantar barang tidak tepat pada waktunya.

Kesimpulan
Dengan demikian, pemanfaatan e-commerce selain berimplikasi pada peningkatan pelayanan terhadap pelanggan (konsumen/nasabah) atau klien, juga dapat dimanfaatkan sebagai alat strategi dalam menghadapi kompetitor atau pesaing. Dalam hubungannya terhadap pelayanan konsumen, e-commerce akan mempermudah komunikasi dan transaksi antara penjual dan pembeli.

Peranan e-commerce diharapkan mampu memberikan manfaat yang signifikan dalam menghadapi dunia bisnis yang penuh persaingan tersebut. Perusahaan yang survive dan konsisten serta cenderung meningkat adalah perusahaan yang mampu menerjemahkan dunia teknologi ke dalam dunia usahanya. Penggunaan e-commerce adalah salah satu bentuk implementasi perkembangan teknologi untuk memasarkan produknya (barang atau jasa) ke segala tempat dan segmen, baik dalam bentuk fisik maupun digital, baik skala nasional maupun internasional.

Selain memberikan dampak positif terhadap perkembangan usaha, e-commerce juga tidak selamanya menguntungkan. Dunia internet yang berkembang pesat dianggap berkontribusi terhadap biaya investasi yang relatif rendah dan mampu mengalirkan modal yang besar, dijadikan sebagai media promosi yang besar-besaran. Promosi besar-besaran dengan harapan banyak mendatangkan mengunjung ternyata tidak selamanya menguntungkan.

DAFTAR PUSTAKA
Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E-commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. ISSN: 2085-1375.
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=bisnis+e-commerce&oq=#d=gs_qabs&u=%23p%3DAr74XD1IhGAJ

Wahono, Budi. Pengertian Bisnis Online dan Bisnis Konvensional.
https://www.budiwahono.com/pengertian-bisnis-online-dan-bisnis-konvensional/

Maryama, Siti. 2013. Peningkatan E-commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidity. Vol 2. No.1.
https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=bisnis+e-commerce&oq=#d=gs_qabs&u=%23p%3DbIa5M5L_Xe8J

25 komentar:

  1. NAMA : FREDI WIBOWO
    NIM : 41617110115

    Artikel yang bagus, saya jadi tahu begitu banyak manfaat dari pemanfaatan teknologi di dunia bisnis.

    BalasHapus
  2. Nama: Suhardianto Noor
    Nim: 43217120172

    Artikel tersebut sangat bagus, dalam dunia bisnis kita bisa mengembangkan yang namanya E-commerce, agar masyarakat mudah dalam membeli keperluan yang diinginkannya. Dengan adanya E-commerce usaha kita akan berjalan lancar.

    BalasHapus
  3. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Penggunaan e-commerce adalah salah satu bentuk implementasi perkembangan teknologi untuk memasarkan produknya (barang atau jasa) ke segala tempat dan segmen, baik dalam bentuk fisik maupun digital, baik skala nasional maupun internasional.

    BalasHapus
  4. Nama : Rosada Tri Asnada
    NIM : 41415110052

    Pemanfaatan teknologi yang tepat akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

    BalasHapus
  5. Nama : Ratu Nasia Nastashia Sakina
    NIM : 41118110154

    Dalam memanfaatkan teknologi pasti akan ada keuntungan dan kerugiannya. Namun dengan teknologi dalam dunia bisnis ini lebih memudahkan para pengusaha dalam menjual produknya tentiunya.

    BalasHapus
  6. Nama : Puspa Rahayu
    NIM : 43117110268

    Artikel ini bagus dan bermanfaat dalam dunia bisnis kita bisa mengembangkan E-commerce, agar masyarakat mudah dalam membeli keperluan yang diinginkannya, Peranan e-commerce memberikan manfaat yang signifikan dalam menghadapi dunia bisnis yang penuh persaingan, Selain memberikan dampak positif terhadap perkembangan usaha, e-commerce juga tidak selamanya menguntungkan.

    BalasHapus
  7. Nama : Cindy
    NIM : 43218110114

    Artikel ini dangat bermanfaat. karena dijelaskan betapa penting peran canggih nya teknologi dalam dunia bisnis saat ini

    BalasHapus
  8. Nama : Natan
    NIM :43117110110

    Artikel yang bagus, saya jadi tahu begitu banyak manfaat dari pemanfaatan teknologi di dunia bisnis.

    BalasHapus
  9. Nama : Helena Mutiara H
    NIM : 43218110214

    Artikel ini sangat bermanfaat bagi orang yang tidak tahu tentang e-commerce termasuk saya.

    BalasHapus
  10. NAMA : SANDRO HANDIKA
    NIM : 41617110108

    Artikel yang cukup bagus, dimana terdapat informasi tentang pemanfaatan teknologi di dunia bisnis yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  11. Nama : Sulistianto
    NIM : 41617110021

    Artikel ini sangat bermanfaat. karena di jelaskan betapa penting peran canggih nya teknologi di dalam dunia bisnis sekarang ini.

    BalasHapus
  12. Nama : abdul hadi hadzami
    Nim : 41318110064
    Dalam memanfaatkan teknologi pasti akan ada keuntungan dan kerugiannya. Namun dengan teknologi dalam dunia bisnis ini lebih memudahkan para pengusaha dalam menjual produknya tentunya.

    BalasHapus
  13. Nama : Yusup Maulana

    NIM : 41416120114


    Setelah membaca ini, teknologi dalam berbisnin ini sangat membantu parab pengusaha . Karenan di era digitan saat ini sedang maraknya berbelanja online

    BalasHapus
  14. Nama : Muhammad Refiansyah
    Nim : 41617110113

    Artikel yang sangat bermanfaat, saya baru menyadari teknologi adalah jembatan untuk berbisnis yang lebih bagus

    BalasHapus
  15. Nama : Anggi Wahyu Guntara
    Nim : 41117110111

    pemanfaatan e-commerce selain berimplikasi pada peningkatan pelayanan terhadap pelanggan (konsumen/nasabah) atau klien, juga dapat dimanfaatkan sebagai alat strategi dalam menghadapi kompetitor atau pesaing.

    BalasHapus
  16. Nama : Zahrawani Ilmi Pradina
    NIM : 43218110083
    Artikel yang sangat bermanfaat, setelah membaca artikel ini,saya jadi mengetahui perkembangan dalam dunia bisni khususnya e-commerce, seperti manfaat dan tantangan dalam berbisnis online, dampak dari e-commerce, kelebihan dan kekurangan e-commerce, serta faktor keberhasilan dari e-commerce.

    BalasHapus
  17. Nama : Dinda Juliskha Yanti
    Nim ; 43218110220

    Menurut Saya,
    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.
    Penggunaan e-commerce adalah salah satu bentuk implementasi perkembangan teknologi untuk memasarkan produknya (barang atau jasa) ke segala tempat dan segmen, baik dalam bentuk fisik maupun digital, baik skala nasional maupun internasional.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  18. Nama : Hana Kartika
    Nim : 42317110015
    Artikel yang bagus membuat saya jadi tahu apa itu e-commerce dan beserta manfaatnya.

    BalasHapus
  19. Nama : Satriya Ramahdika Utama
    NIM : 41413120157

    Kreatif dan inovatif dapat diterapkan secara sederhana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar. Pemikiran kreatif dan pengembangan ide memang tidak mudah.

    BalasHapus
  20. Nama : Nurhadi Budi Santoso.Y
    NIM : 41617110063

    Artikel ini sangat bermanfaat. karena di jelaskan betapa penting peran canggih nya teknologi di dalam dunia bisnis sekarang ini.dimana pemanfaatan teknologi yang tepat akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

    BalasHapus
  21. Nama : Feralvin Satria Lanusa H
    NIM : 41617110045

    Artikel yang cukup baik.

    BalasHapus
  22. Nama : Rima Apriyana
    Nim : 43117110171

    Teknologi yang berkembang dengan begitu pesat seharusnya dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis. Pemanfaatan teknologi yang tepat akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Pertumbuhan pengguna internet yang berkembang dengan pesat seharusnya menjadi alasan mengapa perusahaan harus mencoba menerapkan e-commerce.

    BalasHapus
  23. Nama : Ezra Feroza
    NIM : 41617120059

    Trend Zaman sekarang adalah zaman era digital, pemanfaatan e-commerce selain berimplikasi pada peningkatan pelayanan terhadap pelanggan (konsumen/nasabah) atau klien, juga dapat dimanfaatkan sebagai alat strategi dalam menghadapi kompetitor atau pesaing. Dalam hubungannya terhadap pelayanan konsumen, e-commerce akan mempermudah komunikasi dan transaksi antara penjual dan pembeli.

    BalasHapus
  24. Nama: Devi Widya WInata
    NIM : 43217120173

    Artikel yang bagus, kita jadi tahu pemanfaatan e-commerce selain berimplikasi pada peningkatan pelayanan terhadap pelanggan (konsumen/nasabah) atau klien, juga dapat dimanfaatkan sebagai alat strategi dalam menghadapi kompetitor atau pesaing. Dalam hubungannya terhadap pelayanan konsumen, e-commerce akan mempermudah komunikasi dan transaksi antara penjual dan pembeli.

    BalasHapus
  25. NAMA : IRMA JELITA NURAINI
    NIM : 44218120122

    Artikel yang begitu menarik karena banyak memberikan informasi terkait kemunculan aplikasi e-commerce yang memang banyak membawa keuntungan. Salah satunya adalah kemudahan berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Dari segi pemasaran barang juga jauh lebih menguntungkan karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk melakukan promosi, hanya dengan menggunakan jaringan internet kita dapat memasarkan produk atau jasa kita secara luas ke masyarakat.

    BalasHapus