Jumat, April 5

Pemahaman Model Bisnis Konvensional, Waralaba dan E-Commerce



Nama : Ghina Nadira Said
Nim : 42317010008


ABSTRAK
Di era modern saat ini dengan perkembangan informasi, berbagai situs jual beli online sering dijumpai dimana telah menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan secara elektronika. 


Maraknya bisnis online tersebut terjadi dikarenakan berkembangnya tingkat pengetahuan manusia dengan mengembangkan bisnis konvensional yang merupakan dasar dalam berbisnis dan berkembangnya teknologi yang membuat peluang usaha semakin besar.

KATA KUNCI : BISNIS, BISNIS KONVENSIONAL, E-COMMERCE,WARALABA

PENDAHULUAN 
Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, telah menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan secara elektronika. Sehubungan dengan perkembangan teknologi informasi tersebut memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan perbuatan hukum seperti misalnya melakukan jual-beli. Perkembangan internet memang cepat dan memberi pengaruh signifikan dalam segala aspek kehidupan kita. Internet membantu kita sehingga dapat berinteraksi, berkomunikasi, bahkan melakukan perdagangan dengan orang dari segala penjuru dunia dengan murah, cepat dan mudah. beberapa tahun terakhir ini dengan begitu merebaknya media internet menyebabkan banyaknya perusahaan yang mulai mencoba menawarkan berbagai macam produknya dengan menggunakan media ini.

PEMBAHASAN
bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan penjualan ataupun pembelian barang dan jasa yang secara konsisten berulang (a series of activities related to the sale or purchase of goods and services that are consistently repeated). Menurut  Prof.L.R.Dicksee bahwa pengertian bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan utnuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha y

       I) Model Konvensional
Usaha konvensional adalah suatu jenis usaha dibidang jasa atau produksi barang yang dilakukan dengan media promosi konvensional. Media promosi konvensional dapat berupa spanduk, majalah, iklan koran, brosur, sales dari pintu ke pintu, televisi dan radio.Demikian beberapa contoh bisnis konvensioanal apa saja yang mampu bersaing dan masih laris di tengah maraknya bisnis online?
  1.      Bisnis rumah makan
Bisnis yang satu ini sepertinya tidak bisa dilakukan secara online. Bisnis rumah makan merupakan salah satu bisnis konvensional yang masih  laris apalagi didukung dengan menu yang enak dan variatif juga pelayanan yang ramah
  2.      Bisnis kelontongan
Jenis bisnis ini merupakan bisnis yang banyak dilirik masyarakat dari mulai membuka usaha kelontongan di rumaha hingga toko besar. Karena kebutuhan sehari-hari adalah kebutuhan setiap orang
  3.      Bisnis menjahit baju
Meskipun banyak bisnis fashion online yang semakin marak. Namun bisnis menjahit pakaian tetap menjadi pilihan bagi sebagian orang. Dengan alasan baju akan lebih pas dan nyaman digunakan. Penjahit dan pelanggan tidak mungkin melakukan transaksi secara online. Karena penjahit membutuhkan ukuran badan customer-nya.
  4.      Bisnis bimbingan belajar
Bisnis bimbingan belajar mungkin bisa dipromosikan secara online. Namun, tidak mungkin antara murid dan guru belajar online untuk anak-anak yang masih berada di sekolah dasar ataupun menengah
  5.      Bisnis jasa salon atau cukur rambut

PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS KONVENSIONAL
Pada umumnya, prinsip-prinsip yang berlaku dalam bisnis yang baik sesungguhnya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari, dan prinsip ini sangat berhubungan erat terkait dengan sistem  nilai-nilai yang dianut di kehidupan masyarakat.
  1.      Prinsip Otonomi
yaitu dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasrkan kesadarannya tentang tentang apa yang baik baginya untuk dilakukan
  2.      Prinsip Kejujuran
terdapat tiga lingkup kegiatan bisnis yang bisa ditujukan secara jelas bahwa bisnis tidak akan bisa bertahan lama dan berhasil kalau tidak berdasarkan kejujuran.
  3.      Prinsip Keadilan
Menuntut agar orang diberlakukan secara sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai kriteria yang sesuai, rasional, objektif serta dapat dipertanggungjawabkan.
  4.      Prinsip saling menguntung  (mutual benefit principle)
menuntut agar bisnis dijalankan sedemikian rupa, sehingga menguntungkan semua pihak. 
  5.      Prinsip integritas moral
Prinsip ini terutama dihayati sebagai tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan agar tetap menjaga nama baiknya atau nama baik perusahaan. 
  6.      Prinsip Laba
tidak mungkin jika bisnis tidak mencari keuntunganngan atau laba, pada kenyataanya hanya  keuntunganlah yang  menjadi satu-satunya  motivasi atau daya tarik pelaku bisnis.

        II) Model waralaba
Apa yang disebut dengan model bisnis waralaba adalah menggunakan kesuksesan model bisnis dari perusahaan lain telah sukses. Dalam hal ini kesuksesan pemilik waralaba menjadi kesuksesan juga bagi sang pewaralaba.sistem waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an, yaitu dengan munculnya dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi. Perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970-an, yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus, yaitu pewaralaba tidak sekadar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk memproduksi produknya. Agar waralaba dapat berkembang dengan pesat, maka persyaratan utama yang harus dimiliki satu teritori adalah kepastian hukum yang mengikat baik bagi pengwaralaba maupun pewaralaba.

 
   III) E-Commerce
E-commerce adalah kegiatan membeli atau menjual produk pada layanan online atau melalui Internet. Perdagangan elektronik menggunakan teknologi seperti perdagangan seluler, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran Internet, pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Perniagaan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web untuk setidaknya satu bagian dari siklus kehidupan transaksi, meskipun mungkin juga menggunakan teknologi lain seperti e-mail. Transaksi e-commerce yang khas termasuk pembelian buku online (seperti Amazon) dan pembelian musik (download musik dalam bentuk distribusi digital seperti iTunes Store), dan lebih sedikit, layanan inventaris toko minuman keras online yang disesuaikan / dipersonalisasi. Ada tiga bidang e-commerce: ritel online, pasar listrik, dan lelang online. E-commerce didukung oleh bisnis elektronik.


KESIMPILAN :
 Di Era kemajuan saat ini,Etika bisnis merupakan penerapan tanggung jawab sosial suatu bisnis yang timbul dari dalam perusahaan itu sendiri. Etika bisnis diartikan sebagai pengetahuan tentang cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal dan secara ekonomi. 
Setiap pebisnis seharusnya melakukan evaluasi terhadap bisnis yang dijalankan, dan akan hal itu pula pebisnis seharusnya meningkatkan kualitas produk maupun jasa, karena kalau tidak dengan hal yang demikian, akan semakin sulit untuk bersaing




DAFTAR PUSTAKA

 nasution S. (2003) metode penelitian bisnis. Bandung ;tarsito
Ridwan . (2002) . skala ekonomi Bisnis, Rineka cipta. ; Jakarta
     Budi Untung, Hukum dan Etika Bisnis, ANDI, Yogyakarta, 2002
·    Khairandy, Ridwan. 2000. Perjanjian Franchise Sebagai Sarana Alih Teknologi. Jakarta: Pusat Studi Hukum UII Yogyakarta bekerjasama dengan yayasan Klinik Haki
·   Mohammad Edris dan Panca Winahyuningsih, Bisnis Pengantar (Yogyakarta: UGM, 2002), 85
·    Angsa Hamasaah, “Prisip Etika Bisnis Konvensional” dalam http://angsahamasaahblogspot.com 07/13/02/2010 /prinsip-etika-bisnis-konvensional.html(diakses, 05 Oktober 2016)
·    Mohammad Edris dan Panca Winahyuningsih, Bisnis Pengantar, UGM, Yogyakarta, 2002



7 komentar:

  1. nama : yorgiganda
    nim: 41916120058
    artikel yang sangat bermanfaat, yang bisa menuntun kita untuk menjalani dalam berbisnis

    BalasHapus
  2. Nama : Feralvin Satria Lanusa H
    NIM : 41617110045

    Cukup menarik.

    BalasHapus
  3. Fadel Hamka
    42317010078

    Gagasan yang menarik sih,membuat kita lebih maju

    BalasHapus
  4. Nama:Arya prenandy bahnan
    NIM :42317010015

    Menurut saya pribadi artikel ini sangat sangat membatu sekali untuk kita yang ingin pertama kali terjun kedunia bisnis, disitu juga tertera dari pengertian bisnis sampai prinsip-prinsip bisnis yang sangat bisa menuntun kita untuk lebih memahami dunia bisnis dan bisa mengajarkan lebih bakik lagi jika kita ingin menjadi pebisnis diawal-awal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mengajarkan kita agar lebih baik lagi jika kita ingin terjun kedunia bisnis dan menjadi pengusaha/pebisnis muda, itu maksud saya, terima kasih

      Hapus
  5. artikel yang membantu dalam mengerti dunia perbisnisan.

    BalasHapus
  6. Artikel ini sangat bermanfaat bagi para milenial yang ingin berbisnis di era industri 4.0

    BalasHapus