Kamis, Mei 9

POLA PIKIR


ABSTRAK
Setiap orang telah bertekad untuk membuat kehidupan mereka berjalan lebih baik, tapi sayangnya kehendak tersebut hanya terjadi sebatas kehendak mereka tanpa mampu direalisasikan. Hal tersebut umumnya terjadi karena mereka tidak bisa mengubah pola pikir yang dipercayainya selama ini. Pola pikir merupakan hal pertama dan yang paling penting jika Anda ingin mengubah hidup Anda jadi lebih baik, bahkan sebanyak apapun tips dan cara yang Anda pahami jika Anda tidak bisa mengubah bentuk pemikiran Anda maka semua impian Anda hanya sebatas angan semata.
BUAT PERENCANAAN
Mengubah bentuk pola pikir bukanlah hal yang bisa Anda ubah dengan cara yang instan karena mengubah semua hal yang telah Anda percaya dan telah Anda jalani membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat sebuah perencanaan. Pikirkan pola seperti apa yang Anda inginkan saat ini, pikirkan keyakinan seperti apa yang ingin Anda jalani kedepannya dan jangan lupa untuk membuat sebuah gambaran seperti apa kehidupan Anda pada saat itu.
1. Ada orang dengan pola pikir perfeksionis. Kita menilai diri kita begitu tajam sehingga sekilas kita tidak berani mencoba sesuatu yang tidak kita kuasai dengan sangat sempurna.
2. Ada orang dengan pola pikir obsesif, mengingat terus menerus sesuatu yang menakutkan kita sehingga kita menteror diri sendiri sampai rasa takut itu menjadi jauh lebih besar dari diri kita sendiri dan akhirnya kita berhenti sambil meyakini bahwa semuanya adalah malapetaka.
3. Ada juga orang dengan pola pikir pesimis. Kita meyakini bahwa kita telah dikutuk. Bagaimanapun kerasnya kita berusaha tapi yang datang selalu hal hal buruk. Kitapun tidak mampu melihat atau peduli akan keberhasilan kita karena kita memilih untuk hanya melihat pada kegagalan kita.
4. Ada orang dengan pola pikir bergantung pada orang lain. Kita sangat ingin untuk bebas tapi dilain pihak kita merasa bahwa hanya orang lain yang dapat menyelamatkan kita.
5. Ada orang dengan pola pikir “saling membutuhkan”. Kita memfokuskan diri untuk mencintai orang lain dan membuat orang yang dicintai menjadi bergantung pada kita dengan mencurahkan segala perhatian dan perasaan cinta kita kepadanya.
5. Ada orang dengan pola pikir membenci diri sendiri / suka melukai diri sendiri. Kita membuat diri kita sendiri menjadi seorang pesimis lalu melakukan hal yang sama pada orang lain.
6. Ada orang dengan pola pikir birokrat/dogmatik, memaksakan kehendaknya untuk mengikuti aturan dan merasa kita yang paling tahu segalanya
Tapi kita juga dapat mempunyai pola pikir yang baik dan konstruktif.
Kita dapat memiliki pola pikir yang optimistis. Kita percaya bahwa tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Semua dapat dilakukan secara bertahap, biar lambat asal selamat maka kita akan berhasil melakukan sesuatu yang teramat sulit
Kita juga dapat memilih pola pikir seorang yang realistis. Dapat mengalahkan rasa takut dan hal-hal negatif dan melihat sesuatu tanpa menggunakan emosi lalu membuat rencana secara bertahap dengan penuh rasa percaya diri.
https://segiempat.com/tips-dan-cara/umum/pengembangan-diri/mengubah-pola-pikir/
https://quanutmtranceformasi.wordpress.com/2010/06/teknik-mengubah-pola-pikir-mindset/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar