Jumat, Maret 27

Emphaty ide bisnis

Nama : Arfiansyah Bagus Rinardi
@Q09-AFRIANSYAH
Nim : 41319010022

Mind mapping : 


Apasih yang dimaksud dengan emphaty?

Empati adalah modal bisnis / usaha yang kuat untuk meningkatkan ikatan kepercayaan antara semua yang terlibat, jika kita sebagai wirausaha mampu memahami pelanggan kita, maka kita akan memiliki kecerdasan intuisi untuk menciptakan berbagai inovasi yang memberikan nilai yang memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah pelanggan kita, empati ini akan membantu seorang wirausaha dan perusahaan untuk memahami kebutuhan, keinginan,dan permintaan pelanggan, lebih jauh lagi dengan empati maka kita akan menyesuaikan dan memodifikasi bisnis model, produk, jasa bahkan inovasi kita sesuai kebutuhan, dan permintaan pelanggan.
Empati ini juga dapat melahirkan sebuah bahasa komunikasi yang mampu menyampaikan inovasi itu kesemuanya termasuk pelanggan kita, marketing dari sisi perusahaan harus mampu menyentuh sisi emosional dari pelanggan atau calon pelanggan.

Hal pertama kali yang saya lakukan untuk memulai bisnis saya adalah observe, pada saat saya masih menjadi montir pemula, banyak sekali yang menanyakan oli yang bagus untuk mobil dengan harga yang terjangkau. karena rata" oli yang bagus untuk mobil harganya mahal, dan mereka juga menanyakan tentang keunggulan oli yang bagus untuk mobil. Lalu bos saya menyarankan konsumennya untuk memakai oli Shell Helix bagi yang mobil non diesel dan oli Shell Rimula untuk mobil diesel. Lalu dari situlah saya memulai ide saya untuk menjual oli Shell tersebut, karena masih banyak orang yang belum tahu keunggulan oli Shell ini. Dan dari sini saya sudah melakukan emphaty untuk ide bisnis saya, dengan cara mengetahui rasanya memakai oli tersebut dan pandangan mereka tentang oli tersebut.
Lalu yang kedua, banyak yang menanyakan oli yang bagus untuk mobil dari tahun sekian sampai tahun yang baru. nah dari situ saya mulai mencari tahu tentang oli tersebut. Karena Shell Helix mempunyai beragam produk untuk setiap mobil, dari mobil tahun lama hingga tahun yang baru. Saya sangat ingin tahu tentang kekentalan dari setiap produk oli Shell tersebut. Setelah saya mengetahui kekentalan oli dari setiap produk oli tersebut. Mulai dari situlah saya merekomendasikan oli dengan kekentalan yang sesuai bagi para konsumen yang ingin memakai oli Shell baik memakai mobil tahun lama ataupun tahun yang baru. Saya memberi arahan kepada konsumen yang ingin memakai oli Shell. Dengan harga yang terjangkau dan memberikan efek yang baik bagi mobil. dan saya sudah melakukan emphaty untuk ide bisnis saya, dengan cara mendengarkan keluhan ketidaktahuan mereka tentang oli shell dan memberitahukan kepada konsumen produk oli Shell apa yang baik untuk mobilnya. Serta itu yang membuat saya memunculkan ide bisnis untuk menjual oli Shell mobil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar