Jumat, Maret 27

Emphaty ide Bisnis


DIbuat Oleh : RIZKY RISMAWATI (Q33_RIZKY)
Nim : 43118010293

“Emphaty Dalam Ide Bisnis”


Design thinking merupakan proses menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapat memecahkan masalah. Dalam Menemukan ide bisnis tidak lah sulit , karena ide bisnis yang dipikirkan itu pasti sesuai kehendak hati ,kita dapat menjalani nya dengan baik , begitu juga awalnya harus dengan ide ide yang baik terutama yang kreatif dalam memikirkan suatu hal . Supaya baiknya berjalan suatu bisnis kita harus memikirkan ide bisnis apa yang ingin kita jalani , dengan adanya ide bisnis.

Ide-ide tersebut harus berdasarkan dari kebutuhan pengguna sehingga terdapat langkah-langkah seperti pada gambar diatas. Langkah yang pertama yaitu merupakan Emphaty. Namun sebenarnya apakah yang dimaksud dengan langkah empathy ini?


1)     Empathy yaitu Kemampuan untuk melihat dunia dari sisi orang lain, yang dapat kita dapatkan dari cara melihat :
1.      Orang lain lihat
2.       lain rasakan
3.      Pengalaman yang sama dari orang lain Cara yang digunakan adalah mendekatkan diri dengan subyek

Emphaty sangatlah penting didalam customer service atau layanan pelanggan. Didalam sebuah bisnis itu tak lupa saya dengan anggota bisnis saya mengajarkan untuk membangun sebuah empati di dalam suatu bisnis. Selain itu Pebisnis online perlu menyadarinya agar dapat membangun koneksi yang personal dengan pelanggan.Saat saya dan anggota menunjukkan atau menerapkan sifat empati terdapat pelanggan , pelanggan bisnis online pun akan merasa bahwa kami peduli dan bersungguh-sungguh dalam melayani. Akhirnya, pelanggan akan menjadi loyal terhadap bisnis online yang diterapkan oleh kami. Empati ini juga dapat melahirkan sebuah bahasa komunikasi yang mampu menyampaikan inovasi itu kesemuanya termasuk terhadap pelanggan kita, marketing dari sisi perusahaan harus mampu menyentuh sisi emosional dari pelanggan atau calon pelanggan.

Penerapan 3 bagian penting Empathy dalam bisnis kita ;
1.     Observe (Amati)
Kita akan mencoba mengamati perilaku pasar yang kita asumsikan disini sebagai para pencari kontrakan dan cara mereka berinteraksi dengan lingkungan pasar agar dapat memahami hal atau kriteria dari kontrakan yang seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan sekarang ini.
2.     Engage (Terlibat)
Kita juga akan melibatkan langsung calon calon customer yang saat ini sedang mencari kontrakan dan akan menyakan keluhan atau keinginan dari para calon cutomer dengan berbagai cara yang terbaik dan memungkinkan yang kita harapakan nanti target dari hearing atau engage activity ini adalah membantu mengungkapkan pikiran dan nilai yang mereka punya.
3.     Immerse (Merasakan Langsung)
Disini adalah cara yang effective untuk mengetahui atau merasakan situasi yang calon customer rasakan. Dan beruntungnya disini kita yang mempunyai ide ini juga berasal dari pengalaman kita sendiri pada saat mencari kontrakan yang ideal sesuai dengan harapan kita jadi setidaknya kita bisa merasakan yang calon customer rasakan dan ini akan dapat membatu design atau konsep seperti apa yang akan kita terapkan dalam bisnis kita nanti kedepan.
Kepentingan atau manfaat dari mempelari Empathy yang akan kita terus perdalam supaya mencapai konsep bisnis ideal sesuai dengan harapan customer antara lain emphati dapat membantu  men desain pemikiran untuk mengatur asumsi dari si pemikir tentang permasakahannya, pemikir bisa jadi memberikan masukan dari keingiannnya pada user, informasi yang didapat memberikan masukan yang sangat baik bagi desainer meskipun waktu pengamatan singkat, terbangun rasa empati, pemahaman, pengalaman, pandangan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar