Jumat, Maret 27

KUIS4-41819010058-MIND MAP IDE BISNIS


Nama               : Marisa Fatimah
NIM                : 41819010058
Kode pebisnis : @Q24-MARISA


Pertumbuhan industri makanan dan minuman menjadi salah satu penopang pertumbuhan non migas nasional. Sektor makanan dan minuman selalu menunjukkan pertumbuhan positif dan memberikan kontribuasi terbesar pada pertumbuhan non migas nasional. Bahkan industri makanan dan minuman nasional terbukti menjadi salah satu industri dengan tingkat pertumbuhan cukup tinggi pada sektor industri pengolahan non migas di Indonesia, yakni sebesar 31,51%. Hal tersebut menunjukkan bahwa sektor industri makanan dan minuman mempunyai peranan yang besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia (Husin, 2016). Peluang usaha industri makanan dan minuman memiliki prospek yang cukup menjanjikan Sitasi: Rukka, R.M., N. Busthanul, N. Fatonny, 2018. Tingginya tingkat permintaan masyarakat akan berbagai jenis makanan dan minuman, terutama di wilayah perkotaan yang masyarakatnya memiliki kecenderungan untuk menyukai kuliner. Disamping itu, usaha industri makanan dan minuman relatif mudah, menggunakan teknologi yang relatif sederhana dan ketersediaan bahan baku dari produk primer hasil pertanian. . Permintaan konsumen yang semakin beragam menuntut pemilik usaha dalam keberlangsungan usahanya perlu menerapkan strategi dengan mengevaluasi model bisnisnya agar dapat sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Chesbrought (2006) mengemukakan bahwa strategi usaha yang dijalankan oleh perusahaan tidak akan dapat berjalan maksimal jika tidak didasari oleh pengkajian dan perumusan model bisnis yang tepat. Model bisnis bila dikaitkan dengan strategi bisnis adalah gambaran hubungan antara keunggulan dan sumberdaya yang dimiliki perusahaan, serta kegiatankegiatan yang dilakukan untuk mengakuisisi dan menciptakan nilai yang membuat perusahaan mampu menghasilkan laba. Konsep strategi adalah konsep model bisnis perusahaan. Konsep strategi berkaitan erat dengan model bisnis perusahaan. Strategi berkaitan dengan persaingan kompetitif dan pendekatan bisnis, sementara model bisnis perusahaan berkaitan dengan apakah pendapatan dan biaya yang mengalir dari strategi menunjukan kelayakan bisnis.
Empati merupakan sebuah sikap untuk peduli terhadap kondisi dan lingkungan sekitar dan bisa digambarkan sebagai bentuk kepedulian terhadap perasaan seseorang.Di dalam bisnis bentuk empati itu sangatlah penting selain untuk bertujuan terhadap konsumen kita juga butuh empati untuk diri kita sendiri.Empati sangatlah penting dalan customer service atau pelanggan pebisnis tujuannya untuk membangun koneksi yang personal dengan pelangggan,saat kita menunjukan empati terhadap orang lain khususnya pelanggan bisnis kita dengan cara bersungguh-sungguh dalam melayani mereka maka kita pun memiliki kepuasan tersendiri di dalam hati kita dan pelanggan pun akan menjadi loyal terhadap bisnis kita.
            Selain itu ada beberapa contoh pemimpin atau pelaku bisnis untuk berempati terhadap karyawannya,berikut beberapa contohnya yaitu:
1.Mengerti Perasaan Karyawan
Pemimpin yang memiliki empati dapat mengidentifikasi dan mengenali emosi pada diri sendiri dan orang lain. Anda akan merasakan belas kasihan pada orang-orang yang bekerja pada Anda.Sisi kemanusiaan tak dilupakan. Sehingga Anda akan belajar memahami perasaan karyawan Anda yang sedang sedih atau senang. Anda pun akan berusaha untuk mendukung mereka agar tetap semangat dalam kondisi sesulit apapun.

2.Menjaga Sikap yang Baik

Anda akan berusaha menjaga sikap yang baik di hadapan karyawan.kita tahu bahwa tindakan kita sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja dan perasaan orang-orang di sekitar Anda.Sehingga Anda akan belajar toleransi, respek, dan melakukan kebaikan lainnya. Anda ingin sikap positif Anda dapat membuat orang lain terpengaruh dan menjadi inspirasi bagi mereka.
3.Memperhatikan Kebutuhan Karyawan
Pemimpin yang berempati akan bersikap dinamis dan cepat menyesuaikan diri dengan keadaan, karena Anda memperhatikan kebutuhan orang-orang di dalam tim Anda.
Anda akan mempertimbangkan apa yang menjadi kebutuhan mereka, dan berusaha memenuhinya. Anda tidak ingin merusak koneksi yang sudah terjalin dengan cara yang tidak baik.
4.Tenang dalam Menghadapi Masalah
Empati membuat Anda tetap tenang dan rasional saat sedang tertekan. Jika bisnis Anda mengalami masalah, Anda akan bersikap dewasa dalam menyikapinya dan menenangkan karyawan yang juga stres menghadapinya.
Anda pun yakin bahwa solusi pasti bisa ditemukan dan menghindari kekhawatiran yang tidak perlu, karena rasa khawatir tersebut tidak akan membuat solusi datang lebih cepat.
5.Tidak Menyalahkan Orang Lain
Anda akan berlapang dada dalam menerima kesalahan Anda yang merugikan orang lain. Anda tidak akan defensif dan menyerang atau menyalahkan siapapun.
Bahkan dengan sikap yang terbuka, Anda mau menerima masukan dari karyawan Anda. Anda pun akan berupaya melakukan apa yang Anda bisa untuk memperbaiki kesalahan.
6.Berani Menanggung Risiko dalam Tim
Pemimimpin yang memiliki sikap empati tidak akan egois. Anda harus berani menanggung risiko yang terjadi di dalam tim Anda.
Setiap masalah diselesaikan bersama. Tidak ada yang menanggungnya sendiri. Malahan Anda berani mengambil risiko untuk mempertahankan tim Anda.
7.Kesuksesan adalah Milik Bersama
Pemimpin yang berempati tidak cuma mementingkan kesuksesan pribadi. Orientasinya adalah tim, sehingga kesuksesan yang diraih harus dapat dirasakan semua orang.
Anda sadar bahwa keegoisan tidak bisa berdampingan dengan kesuksesan. Sehingga Anda ingin setiap karyawan juga dapat menikmati hasil pencapaian bersama-sama.
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar