Jumat, Maret 27

emphaty ide usaha

43119010347 erika  @Q35- ERIKA
sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan ide bisnisyang kreatif dan inofatif. hal yang paling mendasar yang perlu dilakukan adalah membaca kondisi dimanabisnis tersebut akan dijalankan. dan mendengarkan  serta mengamati orang orang sekitaran memerlukan apa. pada prinsipnya sebuah bisnis muncul sebagai solusi atas masalah yang terjadi.
hal pertama kali yang saya lakukan untuk memulainbisnis saya adalah observe, dari awal masuk kuliah kuliah banyak sekali tema teman saya yang melakukan treatmen extension bulu mata. yang bertujuan untuk mempercantik bulu mata mereka. dan efek dari extension bulu mata sendiri akan membuat bulu mata asli kita akan rontok. dan benarv saja banyak teman teman saya yang menguluh tentang bulu mata mereka yang rontok karena sehabis pemakian extension bulu mata. lali dari situ saya mulai  memuncul ide untuk membuat serum penumbuh bulu mata karena pas saat itu banyak sekali teman saya yang membutuhkannya untuk mengembalikan bulu matanya yang rontok. dan dari sini saya sudah melakukan emphaty untuk ide bisnis saya, dengan cara mengetahui rasa danpandangan mereka atas masalahtersebut dan hal tersebut membuat saya bisa memunculkan ide untuk menjual serum bulu mata.
lanjut ke produk saya yang kedua yaitu masker komedo. awal mula saya menjual ini juga dikarnakan saya mendengar keluhan keluhan dari teman teman saya sepulang  bela negara yang bersama TNI. mereka mengeluh banyak sekali tentang masalah kulit wajah ada yang mengeluh kusam, tumbuh jerawat, komedo bermunculan. dan dari mendengar masukan keluhan keluha tersebut saya mulai mencari carisolusi mencari ide produk apa yang peluangnya sangat besar untuk mengatasi maslah mereka. setelah saya pertimbangkan yang peluangnya sangat besar adalah masker komedo. mengapa demikian? karena kalau saya menjualmasker yang berfokus untuk mencerahkan kulit kusam atau mengatasi jerawat itu semua sudah ada banyak di pasaran, dari harga yang mahal dengan kualitas sangat bagus dan bahkan ada harga yang murah dengan kualitas yang bagus juga. sedangkan unruk masker komedo ini saingan saya dipasaran hanya satu yaitu  pore pack, yang pada kenyataannya kurang menganggkat komedo tetapi harganya mahal. dan saya berinovasi  dari bahan organik dengan kualitas menarik komedo yang lebih baik dari pada pore pack tetapi harganya bisa lebih murah. dan saya sudah melakukan emphaty untuk ide bisnis saya, dengan cara mendengarkan keluhan keluhan atas masalah mereka dan hal tersebut membuat saya bisa memunculkan ide bisnis untuk menjual masker komedo
untuk ke produk ketiga saya adalah tint blam. ini bermula dari awal saya kuliah hingga saat ini saya selau melihat dan memperhatikan kebiasaan teman teman saya ketika pergantian kelas ataupun pas saat setelah sholat dan pada saat jam istirahat setelah maskan.  teman teman saya yang perempuan akan ke kamar mandi untuk touch up makeup mereka. saya sering sekali melihat mereka pakai pelemba bibir dulu baru memakai liptstic atau lipcream mereka. kalaumerka sedang buru buru mereka akan lupa memakai pelembab bibir merka yang akhirnya membuat bibir mereka kering. dan dari situ mulailah saya mencari suatu inofasi bagaimana caranya menggabungkan lip blam dan lipstick mereka menjadi satu produk agar mengefien waktu mereka untuk tidak melakukan kerja dua kali. saya berpikir membuat tint blam. tint blam ini merupakan percampuran kedua elemen tersebut. jadi bibir akan terasa sangat lembab dan memberikan warna kepada bibir yang terlihat memerah natural. dan dari sini saya sudah melakukan emphaty untuk ide bisnis saya, dengan cara mengamati teman teman saya atas masalah mereka dan hal tersebut membuat saya bisa memunculkan ide untuk menjual tint blam.
untuk produk terakhir saya adalah alat makan dan minum stenlestel. ide ini mulai muncul saat maraknya tentang sampah plastik. banyak sekali anjuran anjuran untuk mengurangi sampah plastik.bahkan banyak sekalitempat tempat makan yang saya datangi sudah tidak menyediakan sedotan plastik atau alat mkan plastik. itu memunculkan ide  saya untuk untuk membuat inovasi membawa alat makan dan minum yang di masukan kedalam satu pouch yang bisa dibawa kemana mana. kalau pergi pergi dan di tempat makan itu tidak diesiakan alat makannya kita tinggal ambil alat mkan kita pribadi yang ada didalam poch tersebut. dan dari sini saya sudah melakukan emphaty untuk ide bisnis saya, dengan cara mengamati suatu masalah dan atas masalah tersebut membuat saya bisa memunculkan ide bisnis untuk menjual alat makan dan minum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar