Rabu, Maret 25

Ide Bisnis


Flanel Craft

Berbisnis merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan, tetapi memulai bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Untuk memulai suatu bisnis, diperlukan suatu proses yang panjang. Baik dari ide, modal, hingga eksekusinya harus dipikirkan secara matang agar bisnis yang ingin dijalankan berumur panjang. (Fitriana, 2019)
Setelah ide usaha ditentukan, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai bisnis kecil :

1. Produk punya nilai jual
Produk yang akan dijual harus lebih dulu dikenal banyak orang dan berdaya jual, sehingga orang mau membeli. Misalnya, sembako, makanan, fashion. Intinya produk harus unggul baik dari kemasan, desain, dan logo. Produk juga harus sesuai dengan target market.

2. Modal
Salah satu hal yang sering mengganjal saat ingin membuat usaha adalah modal. Sahabat Nova bisa menggunakan tabungan pribadi atau mencari pinjaman kepada kenalan, keluarga, saudara, atau lembaga keuangan.

3. Kemasan
Kemasan menentukan pembelian. Tidak hanya bagus, cocok, menarik, eye catching, tapi juga harus baik dari sisi kesehatan, terutama pada makanan. Pilih bentuk kemasan yang fungsional, serta warna dan logo yang sesuai. Sementara, berjualan busana lebih mementingkan desainnya seperti apa. Secara online dilihat dari foto-foto produknya. Jadi harus membuat foto yang menarik agar konsumen mau membeli.

4. Harga
Harga harus sesuai dengan barangnya. Jangan sampai terlalu murah karena bisa saja orang jadi curiga. Tapi juga jangan terlalu mahal karena akan membuat orang malas membeli. Sehingga, sebelum menentukan harga, ada baiknya riset ke berbagai toko yang menjual item serupa. Harga yang bersaing dan terbaik pasti banyak mengundang pembeli.

5. Lokasi
Jika menyewa di mal akan lebih mahal karena butuh perlengkapan untuk memajang, misalnya etalase. Berbeda ketika akan memilih berjualan lewat online yang tidak butuh tempat dan mengurangi biaya sewa.

Kali ini saya memiliki ide bisnis yaitu Kerajinan tangan dari bahan flanel. Kain flanel atau kain felt mempunyai tekstur yang lembut dan memiliki warna yang menarik. Selain itu kelebihan dari kain felt atau kain flanel ini adalah mudah dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi pilihan untuk dibuat berbagai macam kerajinan seperti produk hiasan, mainan anak, aksesoris dan souvenir.

Menurut Satria (2015), Dengan alat dan bahan yang sederhana, seperti kain flanel, dakron (sejenis kapas untuk mengisi), benang, dan jarum saja Anda telah bisa memulainya. Namun kesederhanaan inilah yang menjadi kelebihan dari usaha rumahan hiasan flannel. Sehingga tidak direpotkan dengan menyiapkan berbagai macam perlengkapan untuk mulai menekuni usaha ini. Aksesoris mulai gantungan kunci, hiasan pita, hiasan mobil, dompet handphone, tempat tissue, motif baju, dan banyak lagi lainnya bisa dibuat dari kain flanel ini. Gunakan warna kain flanel yang beragam agar membuatnya terlihat lebih menarik. Untuk pemasarannya, teman dan kerabat adalah pilihan yang tepat.

Berikut ini lima manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bisnis Flanel :

1. Bahan baku murah
Seperti yang kita tahu. Untuk memulai bisnis kita harus sangat memperhitungkan modal yang kita butuhkan. Kain Flanel memiliki harga yang sangat terjangkau. Hanya berkisar Rp 15.000,- / per meter atau Rp 10.000 sampai Rp 12.000/ per meter jika Anda membelinya dalam jumlah yang banyak.

2. Bahan baku mudah di dapat
Langkah kedua dalam memulai bisnis, adalah memikirkan bagaimana cara mendapatkan bahan baku. Flanel ini bisa kita dapatkan dimana pun. Baik di toko alat tulis, toko kain dan alat jahit, atau bahkan di grosir koin yang stok nya bisa sangat banyak. Keunggulan lainnya adalah pesaing untuk bisnis ini masih sangat minim di Indonesia.

3. Alat pendukung
Selain bahan baku, untuk menjalankan bisnis Flanel ini Anda juga harus memperhitungkan alat pendukung yang digunakan untuk kerajinan tangan yang satu ini. Dan alat – alat tersebut adalah :
Gunting, Benang, Jarum, Lem, Lem tembak dan Dakron
berbagai alat diatas juga memiliki keunggulan yaitu harga yang efisien dan sangat mudah didapatkan. Jadi bisa dipastikan alat pendukung yang dibutuhkan ini sangat efektif untuk mendukung pencapaian profit yang maksimal dari kerajinan Flanel yang sederhana ini.

4. Peminat
Jika Anda sudah siap dengan bahan baku dan alat pendukungnya Anda harus mulai memikirkan target pasar. Target pasar dari kerajinan Flanel ini sangat Universal. Bisa dari kalangan manapun, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa.

5. Macam bentuk kerajinan
Seperti yang kami ungkapkan diatas jika Anda bisa memanfaatkan peluang yang ada maka kerajinan tangan dari kain Flanel ini bisa di target pasarkan ke berbagai kalangan. Anda bisa membuat berbagai jenis kerajinan tangan hanya dari kain Flanel ini. Sehingga Anda bisa mendapatkan banyak peluang dalam bisnis yang akan Anda mulai.

Dan berikut ini peluang bisnis yang di janjian oleh kerajinan tangan dari kain Flanel :
  •          Perabotan rumah tangga.
  •           Hadiah di hari special
  •           Alat tulis
  •           Souvenir


Daftar Pustaka

Andriani, Fitriana. 2019. Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Memulai Bisnis. https://www.tribunnews.com/bisnis/2019/07/02/catat-7-hal-yang-harus-diperhatikan-untuk-memulai-bisnis-agar-tak-bangkrut-di-tengah-jalan (Diakses pada tanggal 24 Maret 2020)

Anon. 2019. Bisnis Flanel Yang Menjanjikan. https://ukmberdaya.com/bisnis-flanel-yang-menjanjikan/ (Diakses pada tanggal 24 Maret 2020)

Dwi, Satria. 2015. Flanel Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan. https://www.kompasiana.com/satriaku/551af1848133116d7d9de399/flanel-bisnis-rumahan-yang-menguntungkan (Diakses pada tanggal 24 Maret 2020)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar