Rabu, Maret 25

my bisnis


minicreep handycraft

Sektor industri rumah tangga kerajinan tangan di zaman sekarang masih sedikit peminat dan jarang ditemui suatu daerah ataupun kota, banyak hal yang terjadi kurangnya para peminat dibidang ini, kesulitan untuk memasarkan, kurangnya ide produk yang akan dibuat, kurangnya modal, waktu dan laba yang dihasilkan kurang atau bisa dibilang sedikit. Hal itu menjadi kendala bagi para pembisnis disektor tersebut. Kerajinan tangan memang cocok diaplikasikan untuk ibu rumah tangga sebagai penghasilan tambahan atau freelance dan juga untuk menambah aktifitas.

Kami membuat bisnis usaha disektor tersebut sebagai bahan belajar dan pengalaman dan juga untuk menumbuh kembangkan peminat disektor tersebut. Terlepas dari itu kami juga berencana memasarkannya secara online. Nama bisnis kami MINICREEP HANDYCRAFTS, ide nama yang muncul dari salah satu teman kami yang seorang gamer untuk membuat produk kerajinan tangan bergambar hero dalam beberapa game dan tokoh anime seperti Naruto, one piece dan film anime sebagainya. Hal itu juga memberikan daya tarik sendiri untuk menarik konsumen terutama anak kecil dan para fans kartun tersebut. Tokoh dari game seperti dalam permainan mobile legend yang sudah booming dari tahun kemarin sampai sekarang,hal itu kami manfaat kan sebaik-baiknya dalam menarik minat pelanggan. Tidak hanya desain yang kami terus pikiran kan melainkan tentang bahan,kualitas produk tersebut. Memang produk yang kami buat hanya sebagai penghias rumah tapi kami juga ingin membuat produk dari lebih dari hanya sebagai penghias rumah saja melainkan sesuatu yang memiliki manfaat atau berguna dalam kehidupan sehari-hari itu hanya baru sebagai rencana setelah tahap selanjutnya dari ide ini, karena ide adalah sesuatu yang terus bisa dikembangkan.
Untuk bahan yang digunakan kami berencana menggunakan bahan-bahan dengan nominal harga yang murah dan bahan-bahan yang tidak terpakai misal kardus bekas. Untuk desain produk kami mencari cara pembuatan dari sumber referensi seperti youtube. Dalam pemasaran via online menggunakan Instagram,facebook,whatsapp dan lain sebagainya. Yang menjadi permasalahan/problem kami saat ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan tersebut, melihat seluruh anggota sibuk dengan pekerjaan masing-masing dan problem ke dua kami adalah pada tahap finishing produk atau tahap pengemasan tentang bagaimana cara membuat kemasan yang bagus untuk menbungkus produks tersebut.
Dalam perancangan produk ini ada beberpa hal yang harus kami perhatikan antara lain 3 hal yg harus diperhatikan adalah :

1) Bentuk fisik produk harus memiliki nilai keindahan agar menarik konsumen

2) Merancang produk juga harus memperhatikan fungsi dari produknya , jika produknya tdk memiliki nilai fungsi maka konsumen jg akan pikir" untuk mengkonsumsinya

3) Merancang produk juga harus memiliki pengetahuan , pemahaman dan penguasaan terhadap bahan yg akan digunakannya
Konsep dasar pada pembuatan juga harus diperhatikan, hal ini bertujuan untuk dasar dasar benda apa yang hendak dibuat.Bahan yang diperlukan, sudah pasti bahan merupakan komponen utaman dalam membuat kerajinan,Teknik pembuatan, hal ini diperlukan sebagai cara pembuatan kerajinan.
Dalam hal pemasaran Penting untuk diingat, meski sudah ada banyak sumber referensi online yang bisa membantu dalam menentukan jumlah bujet marketing, namun jangan pernah mengindahkan untuk menyusun rencana terlebih dahulu.
Bujet marketing memang bisa berubah seiring berjalannya bisnis dalam setahun, sebaiknya saat merancangnya perlu disesuaikan dengan rencana bisnis, bagaimana target yang akan dicapai dalam harian, mingguan, atau bulanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar