Rabu, Maret 25

Mind Mapping


Nama : FARIS ALDI TANDRIYAN
NIM    : 41416110089

Mind Mapping


 Produksi Panel Listrik

 

Panel listrik adalah suatu benda berbentuk kubus dengan berbagai ukuran ataupun bervariasi dengan sebelah sisi dibuat lubang selebar hampir sama dengan belakangnya, dan nantinya di baut penutup seperti daun pintu agar bisa dibuka dan ditutup, dan didalam panel tersebut terdapat papan yang dikaitkan dengan sisi belakang pintu di pakai baut yang nantinya papan tersebut dapat dilepas dan dipasang kembali.



Berikut ini adalah 5 tipe panel listrik dan fungsinya:
  1. Panel LVMDP. Merupakan singkatan dari low voltage main distribution panel, atau sering disebut panel utama tegangan rendah (PUTR). Fungsinya adalah menerima tenaga listrik langsung (incoming) dari sumbernya baik itu dari PLN, genset atau keduanya secara bersamaan atau paralel. Fungsi lainnya adalah menghemat penggunaan listrik, melindungi dari short circuit, menjaga kestabilan, membagi tenaga listrik ke beberapa circuit.
  2. Panel kontrol genset. Seperti namanya, panel ini berhubungan dengan pengaturan genset. Dibagi menjadi 3 tipe:
    • Panel ATS (Automatic Transfer Switch). Fungsinya agar penggantian arus antara dua sumber yaitu PLN dan genset dapat berlangsung dengan aman dan otomatis.
    • Panel AMF (Automatic Main Failure). Fungsinya adalah mengatur nyala atau matinya genset secara otomatis. Jika listrik dari PLN mengalami pemutusan, panel kontrol menyalakan genset secara otomatis; apabila listrik dari PLN tersambung kembali maka panel akan mematikan genset secara otomatis.
    • Panel synchronizing. Fungsinya adalah menggabungkan sumber listrik dari dua atau lebih unit generator. Juga bisa disebut juga memparalel beberapa generator. Fungsinya agar mendapat tenaga lebih di jalur yang sama.
  3. Panel kapasitor. Panel ini memperbaiki power factor agar tidak terkena denda karena kurang dari 0,85. Fungsi lainnya adalah menghindari kelebihan beban, efisiensi daya, dan memberi perlindungan pada peralatan elektronik.
  4. Panel distribusi. Panel ini mendistribusikan listrik ke sub-sub lain seperti hydrant, lampu, lift dan lainnya. Panel ini memiliki sistem pengaturan dan perlindungan saat pendistribusian.
  5. Panel pompa. Berfungsi untuk mengontrol kerja operasional pompa air. Dikombinasikan dengan water level control (WLC) untuk menarik air ke atas dan mengosongkan air.

Strategi Pasar

Kami akan memfokuskan untuk menjual produk kami di dalam negeri, dengan target konsumen perumahan dan industri kecil. Jika sudah tercapai, kami akan memperluas jaringan kami untuk pasar Indonesia karena potensi pemasaran produk di negeri ini sangat besar.

Penetapan Harga

  Panel listrik berbasis tenaga surya (matahari) memiliki 3 jenis:
Ø  Monokristal
Ø  Polikristal
Ø  Thin Film Photovoltaic

Distribusi Promosi

Kami akan mengikuti bazaar teknologi, promosi dari mulut ke mulut, serta menggunakan forum online untuk menampung testimoni para pelanggan yang telah memakai produk kami. Lalu, kami juga akan membuka cabang baru.

Target Pasar

 Lebih mengutamakan pemasaran domestik dengan target konsumen perumahan, industri kecil, para nelayan dan daerah terpencil.

Trend Pasar

Pemanasan global.Usaha untuk menghemat energy listrik dan mengurangi efek

Situasi Persaingan

 Saat ini kami mengetahui bahwa ada beberapa perusahaan pengadaan dan penjualan energi listrik yang sudah menjual produknya ke pasar, namun begitu kami tetap berkeyakinan kalau produk kami, Insya Allah masih bisa laku lantaran adanya perbedaan karakteristik dimana produk yang kami jual adalah produk yang ramah lingkungan serta mendukung program pemerintah untuk mengurangi pemanasan global. Kami yakin produk yang kami buat akan menjadi sangat dibutuhkan di masa yang akan datang.
 




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar