Senin, Maret 23


Pengertian Ide Bisnis
Ide usaha (bisnis) adalah respon seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di suatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjdi peluang usaha/bisnis.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide/gagasan adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Ide/gagasan sama dengan cita-cita. Sedangkan bisnis/usaha dalam ilmu ekonomi, adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis berasal dari bahasa Inggris “business,” dari kata dasar “busy” yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Masyarakat banyak yang sering bertanya,  Bisnis online terlaris apa yang akan menguntungkan bila dilakukan. Sebenarnya semua bisnis jika dijalankan dengan sungguh-sungguh dan niat akan bisa menghasilkan keuntungan. Berbeda dengan yang tidak menjalankan bisnisnya dengan tidak sungguh-sungguh. Memang sekarang ini untuk dapat berbisnis dengan mudah dan praktis bisa menggunakan media internet atau online.
Bisnis online pada era milenium seperti saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan berkembangnya situs e-commerce yang dapat dengan mudah di jumpai dimanapun. Namun, sebelum memulai bisnis online ini perlu mengetahui bagaimana cara memulai bisnis online tersebut. Agar bisnis bisa berjalan lancar dan tidak berhenti ditengah jalan.
Cara Memulai Bisnis Online Terlaris Dan Sukses
Ada langkah yang harus dilakukan supaya bisnis online terlaris dapat dijalankan dengan mudah dan hasilnya bisa optimal. Langkah ini berguna juga untuk yang memiliki modal kecil dan belum pernah menjalankan bisnis online.
1. Temukan Apa Yang Dibutuhkan
Bisnis online terlaris, itu pasti memiliki produk  yang peka akan apa yang diinginkan atau diperlukan konsumen yang akan menjadi target pasarnya. Jika ingin dapat dengan mudah menjual produk yang dijual, pastikan dulu bisa menemukan pasar, produk yang akan dijual terlebih dahulu. Setelah itu baru sediakan produk untuk target pasar bisnis tersebut. Ini merupakan langkah pertama cara memulai bisnis online.
Kemudian pelaku bisnis online dapat mencari masalah-masalah yang paling banyak dihadapi oleh orang lain, selanjutnya carilah produk yang dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang di hadapi tersebut.
2. Buatlah Copywriting Yang Menjual
Selanjutnya, setelah berhasil menemukan masalah yang paling sering dihadapi orang beserta produk untuk mengatasi masalah tersebut, selanjutnya adalah bisa membuat sebuah copywriting.
Secara singkat, copywriting merupakan sebuah teknik menulis untuk mempengaruhi pembaca sesuai yang di inginkan. Ini adalah bagian terpenting untuk mengarahkan pengunjung supaya melakukan pembelian ketika mereka mengunjungi website bisnis online yang dijalankan.

3. Buat Website

Jika sudah mendapatkan pasar yang tepat beserta produk, kemudian buatlah sebuah website. Ini adalah termasuk cara terpenting untuk mendapatkan bisnis online terlaris. Karena website akan digunakan sebagai media menampilkan produk yang dijual melalui internet.
Di awal, hanya memerlukan sebuah website sederhana. Untuk membuat website sederhana, saat ini sudah tersedia berbagai cara mudah yang dapat di kerjakan sendiri tanpa bantuan seorang developer website.

4. Bangun Reputasi

Kemudian untuk memulai bisnis online yang sukses yaitu bangunlah reputasi pada bisnis online tersebut. Untuk meningkatkan reputasi, dapat bergabung pada berbagai forum atau grup sosial media sesuai dengan target pasar bisnis.
Pastikan selalu aktif di forum tersebut dengan menjawab pertanyaan dari para anggota, pastikan jawaban yang di berikan sifatnya memberikan solusi. Selain itu, buatlah artikel-artikel bermanfaat pada website, tentunya yang sesuai dengan target pasar bisnis yang sudah ditentukan.

5. Ubah Pengunjung Menjadi Pembeli

Dapatkan list email dari pengunjung yang potensial dengan cara menambahkan form subscribe pada website bisnis. Ini bertujuan untuk mendapatkan calon pembeli potensial yang akan di tawarkan diskon dari produk yang dijual.
Agar calon pembeli tidak merasa terganggu dengan penawaran produk, bila mengirim email penawaran jangan terlalu sering, idealnya sekitar dua minggu sekali. Inilah cara yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan bisnis online terlaris yang sukses.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar