Sabtu, April 4

Define Rencana Bisnis

Nama: Febe Putrianne
NIM: 41819010057

Nama Usaha: JASTIP BY FE.
Jenis Usaha: Jasa Titip

Tips Membuat Business Plan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM ...
Bagi para pebisnis atau wirausaha, merupakan suatu kewajiban untuk memproyeksikan usaha yang dimiliki dengan merencanakannya dengan baik. Maju atau tidaknya suatu usaha, ditentukan dari perencanaan tersebut. Sebelum menentukan rencana, kelompok bisnis saya menganalisis situasi sebelum mensintesis wawasan baru, dan kemudian menganalisis temuan yang disintesis sekali lagi untuk membuat sintesis yang lebih rinci. Seperti halnya bisnis jasa titip kami yang berbasis online, maka akan langsung muncul pertanyaan. Apakah untuk memulai bisnis ini harus menunggu modal dari investor atau langsung “nekat” saja menangkap peluang yang ada di depan mata?
Saya sebagai ketua kelompok bisnis ini menganggap bahwa peluang adalah hal pertama yang harus di incar sejak pertama kali terpikirkan ide untuk memulai usaha online. Menurut saya,  tak harus tergesa gesa untuk membuka sebuah usaha online yang besar, dengan membuat sebuah website khusus, ataupun memamerkan setiap stok produk yang dimiliki dapat dilakukan secara terencana. Bahkan kami dapat memulai bisnis hanya menggunakan apa yang sudah ada. Diantaranya adalah teknologi marketplace yang banyak di internet seperti misalnya shopee ataupun sosial media Instagram. Lewat cara ini, kelompok binis saya tak perlu terepotkan. Kami dapat hanya menciptakan produk berdasarkan keinginan konsumen yang harus membayar terlebih dahulu. Saya menganggap peluang usaha online bisa dimulai bahkan dengan yang tanpa modal besar sekalipun.
Berikut ini saya akan menyertakan beberapa hal yang menjadi sebuah sebuah rencana bisnis atau business plan pada bisnis ini.

1.       Ringkasan Eksekutif
Ringkasan eksekutif bercerita mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan bisnis. Sederhananya bagian ini adalah bagian kesimpulan dari sebuah rencana bisnis atau business plan.
Bisnis saya ini merupakan bisnis dalam bidang jasa. Jasa yang ditawarkan yaitu jasa titipan pakaian secara online di dalam negeri. Bisnis ini memiliki visi menjadi jasa titip belanja online yang terpercaya, dan selalu menjaga kepuasan pelanggan. Sedangkan misi untuk memastikan kondisi pesanan sampai ketujuan dalam keadaan baik dan tepatwaktu untuk menjaga kepuasan pelanggan.

2.       Analisa Pasar dan pemasaran
Analisis pasar dan pemasaran bercerita mengenai strategi kita melakukan pemasaran produk. Dalam tindak lanjutan biasanya orang menggunakan rencana pemasaran (marketing plan) untuk menjelaskan detail atau strategi pemasaran.
Strategi dalam bisnis ini berfokus pada pemasaran digital melalui media social. Karena media sosial adalah cara yang sangat mudah dan hemat biaya untuk menjangkau saat ini dan pelanggan potensial.

3.       Analisis Produksi
Analisis produksi menjelaskan sistem operasi bisnis kita. Misal bisnis kita adalah jenis produksi atau manufaktur, perlu diketahui bagaimana proses dari penerimaan pesanan, produksi, distribusi barang-barang dan penagihan.
Bisnis jasa titip ini menawarkan bantuan kepada orangorang yang membutuhkan atau ingin membeli sesuatu tetapi tidak dapat pergi ke tempat yang diinginkan untuk membeli sendiri karena berbagai alasan.

4.       Analisis Sumber Daya Manusia
Analisis sumber daya manusia menceritakan orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan. Rencana pengembangan sumber daya manusia.
Orang-orang yang dibutuhkan yaitu mereka yang dapat menjaga kepercayaan pelanggan dengan menciptakan suasana dan metode pemasaran yang bisa membuat pelanggan jasa titip beli ini merasa sentuhan personal dan customized. Jika sukses membentuk suasana seperti itu, maka ada peluang mendapatkan pelanggan setia, sehingga bisnis ini berpeluang membukukan pendapatan hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

5.       Analisis Keuangan
Analisis keuangan berisi proyeksi (forecasting atau peramalan) pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break event point), pengembalian atas investasi (return on investment), perhitungan penggunaan daya ungkit (leverage) dan lainnya.
Misal, produk yang dititip:

NO.
BARANG
JUMLAH
HARGA
HARGA JASTIP
KEUNTUNGAN
WAKTU/HARI
1.
Cotton T-shirt H&M (Khaki Green/Patterned)
1
Rp. 70.000
Rp. 85.000
Rp. 15.000
-

6.       Rencana Pengembangan Usaha
Rencana pengembangan usaha adalah salah satu bagian yang dilihat penting bagi seorang investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang akan kita buat. Termasuk didalamnya adalah rencana keluar atau exit strategy dari bisnis kita.
Rencana pengembangan bisnis ini yaitu dengan memberikan pelayanan jasa yang baik. Seperti cepat dalam membelikan barang titipan dan mengetahui kualitas barang yang dibeli dengan baik. Lalu mengirimkannya secepat mungkin untuk memaksimalkan penilaian performa di mata penitip. Tidak lupa untuk tetap menjaga hubungan dan berkomunikasi dengan baik saat menawarkan jasa dan membuat banyak orang tahu kalau jasa titip ini memang terpercaya. Selain itu, kami menggunakan media sosial sebagai ajang promosi untuk mencari tahu barang apa yang tengah naik daun.

7.       Risiko Usaha
Risiko usaha adalah hal-hal yang terkait risiko atas bisnis kita, misal risiko operasional, risiko bisnis, risiko likuiditas atau risiko keuangan dan lainnya.
Resiko yang perlu diwaspadai pada bisnis ini yaitu:
·         Menjadi penalang
Ketika memilih untuk tidak meminta uang muka terlebih dulu jika ada yang ingin titip beli barang, maka harus siap mengeluarkan modal cukup banyak untuk menalangi belanjaan pelanggan. Namun jika memang modal tak banyak, tidak ada salahnya meminta uang pembayaran terlebih dahulu. Hal yang dapat dilakukan untuk menghindari  resiko ini yaitu memikirkan bagaimana sistem pembayaran yang akan di terapkan.
·         Harga naik
Kenaikan harga ini bisa jadi tidak terprediksi sebelumnya. Saat sudah terlanjur membanderol harga barang dan mencapai kesepakatan harga dengan pelanggan, lalu tiba-tiba harga naik. Hal yang dapat dilakukan yaitu menyiasatinya dengan mendiskusikannya kembali dengan pelanggan Anda.
·         Sulit mendapat pelanggan
Bisnis jastip bertumpu pada kepercayaan konsumen. Untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen juga bukan perkara yang mudah. Butuh proses panjang agar konsumen bisa percaya. Hal yang dapat dilakukan yaitu mengumpulkan testimoni dari pelanggan itu penting dan meluangkan waktu untuk melakukan pemasaran melalui Instagram maupun Whatsapp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar