Rabu, April 1

Empathy Dalam Kehidupan dan Bisnis

Nama: Rinaldi Hidayat 
Kode Bisnis: @R34-RINALDI
Nim: 44216110200

Sebelum kita lebih jauh membahas apa itu Empathy dalam bisnis, di awal paragraf ini akan membahas tentang apa itu empathy. Empathy adalah Kemampuan untuk melihat dunia dari sisi orang lain, yang dapat kita dapatkan dari cara melihat :
ü  Apa yang orang lain dari sudut pandang individu tersebut
ü  Merasakan perasaan orang lain (kesulitan, permasalahan dan kebutuhan)
ü  Pengalaman yang sama dari orang lain Cara yang digunakan adalah mendekatkan diri dengan subyek .

Empati  berarti "ketertarikan fisik’ didefinisikan sebagai respons afektif dan kognitif yang kompleks pada distres emosional orang lain. Empati termasuk kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah, dan mengambil perspektif orang lain. Kata empati dalam bahasa inggris (Empathy) ditemukan pada tahun 1909 oleh E.B. Titchener sebagai usaha dari menerjemahkan kata bahasa Jerman "Einfühlungsvermögen", fenomena baru yang dieksplorasi pada akhir abad 19. Setelah itu, diterjemahkan kembali ke dalam Bahasa Jerman sebagai "Empathie" dan digunakan di sana.

Empathy adalah sebuah kebaikan yang harus di tanamkan dalam tiap individu karena ini akan menentukan pada bagaimana kita memandang sesuatu, bersikap dan  menentukan keputusan dalam kehidupan. akan tetapi empathy bukan hanya baik untuk kehidupan, empathy juga sangat baik untuk bisnis, karena empathy adalah salah satu faktor penentu bagaimana kita bisa mengungguli kompetitor dan produk bisa di terima di pasar.

Keuntungan jika kita mempunya empathy yang baik dalam bisnis:

1. Meningkatkan penjualan
Setiap tenaga penjualan terampil tahu bahwa kunci untuk menutup penjualan adalah mengantisipasi kebutuhan pelanggan Anda dan menunjukkan bagaimana produk atau jasa Anda akan paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Benar-benar memahami kebutuhan pelanggan Anda berarti merefleksikan ketakutan, keinginan, rasa sakit, dan apa pun yang membuat mereka terjaga di malam hari. Jika tim penjualan Anda tidak memahami kehidupan pelanggan Anda dengan baik, bagaimana Anda mengharapkan mereka menjelaskan bagaimana produk atau jasa Anda sesuai dengan kehidupan mereka? Ini adalah kekuatan empati dalam bisnis.

2. Produk dan perusahaan diterima di hati masyarakat
Mungkin memang terlihat agak sedikit melankolis, tapi hal ini memang benar karena ketika kita bisa merasakan kesulitan serta permasalahan user dan kita bisa menghadirkan sebuah solusi dengan tepat dan cepat tentu hal ini akan membangun reputasi baik perusahaan di mata publik atau khalayak.

3. Mengungguli kompetitor
Jika kompetitor memiliki produk yang sama bagusnya dengan produk kita, maka kita bisa tumbuhkan lebih besar lagi rasa empathy kita kepada publik.
4. Memberikan pelayanan terbaik
Dengan empathy yang tertanam dengan baik tentu akan berpengaruh pada pelayanan, jika pelayanan sudah maksimal tentu saja hal ini berdampak kepada perusahaan, reputasi, citra sebuah produk.

5. Mudah diterima ketika menghadirkan produk baru
Ternyata empathy dampaknya begitu besar terhadap sebuah perusahaan, perusahaan yang sudah mendapatkan hati di masyarakat, citra serta kepercayaan akan mudah diterima kembali jika menghadirkan sebuah perusahaan

Jadi kesimpulan nya adalah, empathy adalah sebuah keharusan yang dimiliki oleh seorang pemimpin perusahaan, pengusaha, karyawan dan individu umum lain nya, karena banyak dampak positif yang di hadirkan jika menanamkan dengan baik sebuah empathy dalam tiap individu.

Pemimpin negeri yang memiliki empathy akan di cintai rakyat, Pengusaha yang memiliki empathy akan terus melakukan inovasi dan kreasi, Manajer yang memiliki empathy akan lebih di hargai bawahan nya dan begitu seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar