Rabu, April 1

Emphaty Ide Bisnis





Emphaty dalam menemukan ide bisnis

Memulai suatu bisnis tidak hanya membutuhkan modal saja, hal mendasar yang dibutuhkan adalah sebuah ide kreatif supaya bisnis yang di jalani bisa berkembang untuk mencapai kesuksesan. tanpa memiliki ide kreatif bisnis yang dijalani terancam gagal karena terkesan tidak terencana dengan matang. Sebuah ide usaha kreatif sangat dibutuhkan agar membawa bisnis mencapai kesuksesan. Memang tidak mudah untuk menemukan ide bisnis yang berbeda dari yang lain, perlu strategi dan persiapan yang matang untuk memulai semuanya. sebenarnya ada banyak sekali cara menemukan ide bisnis yang bisa di terapkan dengan lebih kreatif dan berpikir lebih jauh lagi tentang suatu ide bisnis. Berikut ini adalah beberapa cara mengenai emphaty dalam menentukan ide bisnis.

1. Lakukan Riset sebagai Langkah Awal dalam Menemukan Ide Bisnis
Dengan mengamati permasalahan yang ada di masyarakat akan menemukan produk yang akan menjadi kebutuhan masyarakat. Metode ini adalah metode terukur, di mana ide bisnis yang dicari dapat diperoleh melalui riset dan persentase yang dilakukan untuk memastikan jenis bisnis dan produk yang banyak diterima pasar. Riset bisnis ini bisa dilakukan dengan bantuan teknologi digital. Misalnya dengan mencari kata kunci melalui Google Trend untuk mengetahui tren bisnis pada suatu lokasi melalui persentase dan angka pencarian informasi tertinggi.

2. Temukan Permasalahan yang Dihadapi Masyarakat

Ada banyak sekali permasalahan di dalam masyarakat yang belum terpecahkan dan membutuhkan solusi kreatif. mulai lah mengamati permasalahan apa yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Kita perlu mengidentifikasi masalah dari sudut pandang pelanggan, perlu mencari tahu masalah yang sebenarnya terjadi. Setelah itu, dapat menemukan solusi yang tepat. Kunci menemukan suatu permasalahan yang ada di masyarakat adalah dengan melihat apa yang dibutuhkan oleh banyak orang tapi belum ada yang memberikan solusinya.
Apa yang Dikeluhkan Orang Lain ?
Permasalahan bisa juga kalian temukan dengan mengetahui apa yang sedang dikeluhkan oleh banyak orang. Keluhan inilah yang harus kalian temukan solusinya dan jadikan ide bisnis kreatif yang bisa kalian jalankan. Sebagai contohnya kita bisa belajar dari pendiri Go Jek, Nadiem Makarim, yang peka dengan apa yang sedang dikeluhkan oleh banyak orang.Nadiem Makarim mengamati bahwa sulitnya para penumpang menemukan tukang ojek untuk mengantarkan mereka ke tempat tujuan dengan segera. Para penumpang pun harus terlebih dahulu pergi ke pangkalan ojek untuk sekedar menggunakan jasa mereka. Lalu muncul lah ide brilliant dari Nadiem Makarim dengan menciptakan bisnis Gojek dimana sangat simple dan praktis untuk di jaman sekarang yang serba digital.

     3.    Amati Orang yang Lebih Dahulu Sukses
a.    Konsep Mengamati Haruslah Detail
Cara menemukan ide bisnis lewat metode mengamati orang yang lebih dahulu sukses harus dilakukan dengan cermat dan detail. Amatilah kesuksesan orang lain mulai dari sikap kerja yang mereka terapkan, proses bisnis yang mereka lakukan, dan cara mereka melakukan promosi perlu diperhatikan. Setelah mengamati dengan detail barulah ide tersebut bisa di tiru dan buat modifikasi yang murni dari pemikiran anda sendiri.
b.    Bertanya Kepada Orang Terdekat
Jika masih sulit menentukan minat yang menjadi kesukaan, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mulai bertanya dengan orang terdekat. Bertanyalah kepada kedua orang tua, saudara, atau teman yang mengenal dengan baik diri anda. Orang-orang terdekat sering kali mengetahui apa yang menjadi minat anda dan apa yang kalian sukai.

     4.    Lakukan Apa yang Menjadi Minat Anda
Dengan mencari tau apa saja yang menjadi minat anda adalah hal paling mudah untuk menemukan ide bisnis. Minat sebenarnya sangat mirip dengan passion yang dimiliki oleh seseorang. Saat seseorang melakukan apa yang menjadi minat mereka, tidak peduli siang atau malam mereka pasti akan sangat bergairah untuk melakukan hal yang menjadi minat tersebut. Menemukan ide bisnis yang menjadi minat anda merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan. Karena disaat anda melakukan bisnis yang sesuai dengan apa yang menjadi minat anda. Pekerjaan tersebut tidak akan terlihat seperti pekerjaan yang lain. Bisnis yang anda kerjakan lebih terlihat seperti hobi yang dibayar, tentu hal ini sangat menyenangkan bukan.

     5.    Lihatlah dan Perhatikan Trend yang Sedang Berkembang
Dengan mengetahui arah trend yang sedang berkembang. Hal ini juga sangat berpotensi untuk menemukan ide bisnis baru. Disaat memilih trend sebagai ide bisnis yang akan diterapkan, maka kita harus jeli mengamati apa yang sedang hangat dan diminati didalam masyarakat. Trend yang di amati meliputi trend sosial, politik, atau bisnis yang sedang berkembang dan diminati masyarakat. Trend yang sedang berkembang dimasyarakat memang berdampak positif dan bisa menjadi salah satu ide bisnis yang bisa diterapkan. Namun, meskipun demikian anda selaku pengusaha harus tetap berhati-hati dalam menerapkan trend. Hal ini dikarenakan trend memiliki sifat yang sementara dan mudah sekali redup dimakan tren-tren yang lain. Jadi, jika berpikir untuk mengaplikasikan ide bisnis lewat trend yang sedang berkembang, kalian harus tahu cara agar bisnis tersebut bisa terus berjalan dan berkembang di masa depan.

     6.    Memperluas Networking
Dengan banyak berkomunikasi dengan orang lain,  maka kita mendapatkan cerita – cerita baru setiap harinya. . Lakukan percakapan dengan sikap yang empatis Bertemu dengan orang baru sangat menyenangkan Apalagi mereka adalah orang – orang yang berpengalaman dalam membangun dan mengembangkan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar