Kamis, Juli 1

Cara Supaya Kita Nyaman di Kamar

 


Oleh : Aria Aristiabudi (41120110055)                         Aria.aristiabudi.26@gmail.com

 

PENDAHULUAN

Kamar merupakan suatu ruangan yang mempunyai banyak sekali fungsi, namun fungsi yang utama yaitu untuk istirahat setelah kita berkegiatan, istirahat adalah kebutuhan dari manusia agar bisa memperbaharui kekuatan/ stamina di dalam tubuh, jadi kita harus membuat kamar kita nyaman supaya kita mendapatkan istirahat/ tidur yang berkualitas.

Maka dari itu artikel ini akan membahas tentang bagaimana supaya kita nyaman di kamar kita dan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

PEMBAHASAN

1. Merencanakan Jenis Interior Design Kamar

                Merencanakan jenis interior design kamar sangatlah berpengaruh kepada kenyamanan diri kita terhadap kamar kita sendiri, kita akan terasa nyaman apabila kita menyukai interior design kamar kita sendiri. Jenis-jenis interior design sangatlah banyak

a. Bohemian Style

Bohemian style yaitu design yang mencerminkan individualitas dan juga design ini mewujudkan kebebasan dalam menentukan design kamar kita sendiri, dengan tampilan modern dan koleksi barang-barang warna-warni.



b. Coastal Style

Coastal style identik dengan suasana liburan di pantai yang menyenangkan, style ini juga menggunakan elemen-elemen seperti matahari, ombak, dan pasir. Style ini membuat kita nyaman sekali dan ingin berlama-lama dikamar karena sentuhan warna biru dan furniture yang nyaman.



c. Kontemporer Style

                Kontemporer Style pada dasarnya merupakan paduan konsep masa kini dan masa depan, konsep ini memberikan nuansa hangat dan dingin dalam waktu yang bersamaan. Dengan tampilan yang sangat bersih dan hamper ataupun jarang ditemukan pernak pernik dikonsep kamar ini. Ciri khususnya yaitu berwarna netral, bersih, halus dan jarang ditemukan pernak pernik yang kurang penting.



d. Eklektik Style

Eklektik syle merupakan konsep yang membebaskan penghuni berekspresi, tanpa aturan dan juga biasanya adanya elemen mix and match. Konsep ini sangat berbeda dengan konsep lainnya.



e. Industrial Style

Industrial style merupakan konsep yang menggunakan material yang masih mentah, dan juga sedikit primitive, dalam artian sepertinya tidak melakukan finishing seperti mengecat kamar dengan warna yang diinginkan tetapi lebih memilih tidak diapa-apakan atau unfinished. Konsep ini biasanya memiliki ciri khas yaitu dinding unfinished dan langit-langit tinggi. Konsep ini membuat ruangan terasa sejuk meskipun tidak menggunakan penyejuk udara.



f. Minimalis Style

                Minimalis style sering dikaitkan dengan konsep modern, konsep ini juga menggabungkan estetika dan kesederhanaan, biasanya konsep ini menggunakan perabot yang sangat usefull dalam artian satu perabotan bisa berguna untuk beberapa kebutuhan seperti ranjang kasur juga digunakan untuk lemari baju.



g. Maroko Style

                Maroko style mengadopsi dari Negara Maroko yang sangat kaya dengan sejarah, warna, dan tekstur. Pola yang ramai dan warna warni cerah menjadi komponen arsitektur yang ditampilkan dalam konsep ini.



h. Rustic Style

                Rustic style sangat kental dengan elemen yang alami, konsep ini biasanya menggunakan perabotan hand made (buatan sendiri), daur ulang, dan repurposed.



i. Skandinavia Style

Skandinavia style merupakan konsep yang berasal dari Swedia, konsep ini mewakili kehangatan dan keceriaan. Konsep ini memberi kesan kasual yang terlihat dari campuran perabot yang terlihat simpel namun menawan.



j. Vintage Style

                Vintage style memiliki ciri-ciri motif bunga yang mewakili model kuno yang tak lekang oleh waktu dan zaman. Biasanya konsep ini menggunakan perabot yang sudah berusia puluhan tahun namun masih terlihat kokoh dan menawan, biasanya konsep ini juga menambahkan ornamen seperti cangkir dan guci yang terlihat klasik.



2. Perhatikan Tata Letak Perabotan

                Tata letak furniture/ perabotan sangat berpengaruh kepada suatu ruangan dikarenakan ketika kita meletakan suatu furniture dengan terencana akan lebih baik dipandang dan juga bisa memperluas ruangan. Seperti contohnya kita meletakan barang-barang dirumah dengan asal-asalan maka akan terlihat sangat sumpek dan tidak nyaman.

3. Perhatikan Pencahayaan pada Kamar

                Pencahayaan dalam suatu ruangan sangatlah penting, dikarenakan pencahayaan dapat membuat barang-barang disekitar dapat dilihat dengan baik dan juga tidak membuat mata kita rusak ketika kita sedang melakukan kegiatan seperti membaca.

Pencahayaan pada siang hari biasanya menggunakan cahaya dari matahari, nah dari itu kita harus mempunyai jendela yang dapat memancarkan sinar matahari agar masuk ke dalam ruangan. Pencahayaan pada malam hari kita menggunakan bantuan lampu ataupun sebagainya, seperti lampu utama ruangan, lampu baca, lampu tidur, dll. Perhatikan juga tata letak pencahayaan di ruangan agar tidak mubazir listrik, dan matikan lampu ketika tidak diperlukan.

4. Perhatikan Sirkulasi Udara Ruangan

                Sirkulasi udara ruangan juga tidak kalah pentingnya dari elemen lain, dikarenakan jika suatu ruangan tidak memiliki sirkulasi udara maka ruangan tersebut bisa sangat sumpek dan tidak baik juga untuk kesehatan penghuninya, maka dari itu setiap ruangan harus memperhatikan sirkulasi udara pada ruangan tersebut. Ada banyak cara agar ruangan kita tidak sumpek yaitu :

a. Membuat Lubang Ventilasi

Lubang ventilasi pada ruangan mempunyai ukuran yang bervariasi dan juga beberapa jenis/ bentuk. Ada yang hanya kotak biasa dan ada juga yang berbentuk berbagai motiv.

 



b. Memasang Exhaust Fan

                Exhaust fan berperan penting pada suatu ruangan, dikarenakan exhaust fan sangat berguna untuk sirkulasi udara pada suatu ruangan, menjaga uadara itu sangat penting disuatu ruangan. Tentunya jika udara di kamar kita sejuk dan tidak sumpek akan membuat kita semakin nyaman berada di kamar kita sendiri bukan?. Sebenarnya ada beberapa jenis exhaust fan seperti exhaust fan langit-langit, exhaust fan dinding, exhaust fan jendela, inline exhaust fan, dll.

5. Perhatikan Kebersihan dan Kerapihan pada Kamar

                Semua elemen di atas sebenarnya penting, namun jika kamar kita tidak rapih dan bersih itu sama saja membuat kita tidak nyaman di kamar kita sendiri. Maka dari itu kita juga harus menyediakan alat-alat kebersihan di kamar kita, seperti sapu, kemoceng, vacuum cleaner, dll. Membersihkan kamar juga harus kita rutinkan karena dimulai dari keharusan yang nanti kelama-lamaan akan menjadi kebiasaan kita sendiri.

                Kita harus membersihkan kamar dengan terjadwal seperti sehari sekali, atau seminggu sekali untuk merapihkan atau membersihan kamar dengan menyeluruh supaya tidak adanya hal-hal yang tidak kita inginkan seperti :

a. Menjadi Sarang Bagi Hewan yang Hidup di Tempat Kotor

                Tempat yang kotor biasanya merupakan tempat yang disukai tikus, kecoa, nyamuk, dll dan itu sangat menggangu kita bukan? Kecoa dengan bau yang tidak sedap dan tikus yang dapat merusak barang-barang di kamar kita.

b. Mudah Terkena Penyakit Pernafasan

                Kamar yang kotor dan banyak debu mempengaruhi kesehatan kita di dalam kamar. Debu dapat masuk melalui sistem pernafasan kita dan membuat kita sesak nafas, dan akhirnya pun tidur kita tidak nyaman.

c. Adanya Kutu Kasur

                Kutu kasur yang biasanya ditemui di kasur yang tidak pernah dibersihkan biasanya berbentuk pipih dan berwarna coklat, kutu ini tidak muncul ketika kita sedang terbangun namun ketika pada malam hari/ ketika kita tidur, kutu ini berkeliaran dan dapat menyebabkan dampak negatif kepada diri kita sendiri seperti menggigit dan menghisap darah ketika kita tertidur. Dan juga dapat membuat kita gatal-gatal ketika bangun tidur karena gigitan dari kutu tersebut.

d. Tidak Berkualitasnya Tidur Kita

                Tidur merupakan istirahat terbaik setelah kita beraktifitas seharian bukan? Nah, jika tempat tidur/ kamar kita kotor dapat membuat kita sering terbangun tiba-tiba saat malam dan membuat tidur kita tidak berkualitas.

 

6. Perhatikan Suhu Ruangan

                Suhu ruangan juga dapat menentukan nyaman atau tidaknya kita ketika berada pada ruangan tersebut, jadi kita harus memperhatikan suhu di dalam kamar kita, apalagi seperti saya yang tinggal di Jakarta dan seperti kalian tahu cuacanya sangat panas ketika siang hari dan bisa menjadi dingin dimalam hari. Ada banyak cara untuk membuat suhu diruangan kita tetap stabil (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin) yaitu dengan cara memperhatikan jenis material dari atap rumah kita sendiri, memasang plafond juga dapat digunakan untuk membuat suhu di ruangan tidak terlalu panas, dan juga seperti yang kita ketahui, alat paling mujarab yaitu AC. AC dapat merubah suhu ruangan dengan signifikan namun tidak baik juga untuk lingkungan, maka dari itu matikan AC jika tidak terlalu dibutuhkan.

 

KESIMPULAN

            Berdasarkan artikel yang saya tulis diatas mengenai Cara Supaya Nyaman di Kamar dapat ditarik kesimpulan bahwa kamar yang nyaman sangatlah penting bagi penghuni kamar tersebut, selain rasa nyaman yang didapat saat berada dikamar, kamar yang nyaman juga mempengaruhi kualitas tidur penghuni kamar tersebut.

 

DAFTAR PUSTAKA

http://arsitektur-indonesia.com/arsitektur/kenali-jenis-jenis-desain-interior/

https://www.idntimes.com/health/fitness/andri-andreas-1/hal-buruk-jika-malas-membersihkan-kamar-tidur-c1c2/5

https://www.alodokter.com/bedbugs

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.