Kamis, Juli 1

Furnitur Minimalis dan Unik

 

Oleh : Beni Iskandar Email:Beniikandar@gmail.com)

Abstrak

Mebel atau furnitur adalah perlengkapan rumah yang mencakup semua barang seperti kursimeja, dan lemari.  Fourniture mempunyai asal kata fournir yang artinya furnish atau perabot rumah atau ruangan. Walaupun mebel dan furniture punya arti yang beda, tetapi yang ditunjuk sama yaitu meja, kursi, lemari, dan seterusnya.

Furnitur pun mengikuti perkembangan jaman tentunya furniture jaman dulu berbeda dengan jaman sekarang dimana furniture sekarang lebih simple dan minimalis dan juga lebih menonjolkan dari segi fungsi

Furnitur modern mengacu pada furnitur yang diproduksi dari akhir abad ke-19 hingga saat ini yang dipengaruhi oleh modernisme. Cita-cita pasca-Perang Dunia II untuk memotong kelebihan, komodifikasi, dan kepraktisan bahan dalam desain sangat mempengaruhi estetika furnitur. Itu adalah penyimpangan yang luar biasa dari semua desain furnitur yang telah ada sebelumnya. Ada oposisi terhadap seni dekoratif, yang mencakup gaya Art Nouveau, Neoklasik, dan Victoria. Kayu berukir gelap atau disepuh emas dan kain bermotif kaya memberi jalan pada kesederhanaan dan geometri berkilauan dari logam yang dipoles. Bentuk furnitur berevolusi dari berat secara visual menjadi ringan secara visual. Pergeseran dari prinsip-prinsip desain dekoratif ke minimalis dapat dikaitkan dengan pengenalan teknologi baru, perubahan filosofi, dan pengaruh prinsip-prinsip arsitektur.

Kata kunci : furniture minimalis/furniture unik/furniture moderen

 

Pendahuluan

Di era sekarang dimana ketersediyaan lahan untuk hunian semakin sempit dan harga lahan yang semakin mahal tentunya membuat masyarakat lebih memilih membuat bangunan yang minimalis dan praktis,hal ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi dari hunian tersebut.selain itu dengan rumah yang minimalis bisa menekan biaya pembuatan rumah tinggal. Selain bangunan rumah itu sendiri tentunya rumah tersebut harus berisi perabot dan furniture yang akan menunjang fungsi dari rumah tinggal tersebut agar penghuni bisa nyaman untuk tinggal di rumah tersebut. Rumah yang minimalis dengan lahan yang sempit tentunya di butuhkan furnitu atau perabot yang dapat mendukung fungsi dari rumah tersebut maka dari itu perabot rumah tinggal tersebut harus semaksimal mungkin menempati lahan yang terbatas dari lahan rumah tinggal, sehingga di butuhkan perabot yang minimalis dan bisa memaksimalkan fungsi dari parabot tersebut untuk mendukung fungsi dari rumah tinggal. Selain itu di perlukan juga sisi unik dari perabot rumah tinggal agar memiliki nilai arsitektur dalam desain ruangnya.

Permasalahan

Di era modern sekarang dengan keterbatasan lahan maka rumah tinggal lebih menonjolkan fungsi dengan keterbatasannya lahan sehingga di perlukan juga furniture yang minimalis untuk mengisi rumah tinggal tersebut

Pembahasan




Di jaman sekarang di tuntut untuk bekerja lebih cepat simple dan mementingkan hasil hal ini tidak jauh berbeda dengan furniture dimana di era modern sekarang sangat di butuhkan furniture yang simpel,praktis dan memiliki fungsi yang optimal. Sehingga bisnis furniture di era sekarang di perlukan ide-ide yang segar agar furniture lebih simpel tetapi juga memiliki fungsi yang optimal. Kita bisa ambil contoh seperti produk-produk IKEA,dimana mereka membuat furniture yang minimalis tetapi memiliki fungsi yang optimal sehingga memberikan kesan desain ruang yang sangat bagus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                    


 

 


Ganbar-gambar di atas merupakan sebagian dari produk Ikea dimana mereka menjolkan ide yang fres dan enak untuk di lihat.Produk-produk ikea tersebut biasanya hanya di konsumsi oleh kalangan atas untuk kalangan menengah kebawah merasakan harga dari produk tersebuat sangat mahal sehingga meraka tidak sanggup untuk membelinya. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus dengan pangsa pasar kalangan menengah kebawah bahkan mungkin bisa unruk kalangan menengah ke atas bila produk yang kita jual memiliki kualifikasi yang cukup bagus.

Untuk memulai bisnis ini tentunya memerlukan persiapan yang matang tetapi yang paling utama tentu ide-ide desain dari furniture tersebut karena bisa dikatakan hal utama yang di jual dari furniture ini adalah dari desainnya,kalau hanya furniture biasa tentu di pasaran sudah banyak furniture biasa.

Tahap pertama

Tahap awal untuk memulai bisnis ini tentunya kita harus melakukan pengamatan terhadap pasar dari furniture ini sendiri, kemana produk ini akan di pasarkan dan bagaimana cara pemasarannya. Tentunya untuk cara pemasaran sekarang jauh lebih mudah jika di bandingkan dengan dulu, dimana dengan kemajuan teknologi memudahkan kita dari segi pemasaran baik melalui media sosial maupun melalui platform penjualan seperti shoppi,tokped dan lazada

Tahap kedua (membuat desain)

Dalam tahap kedua ini di perlukan ide-ide yang segar dan perlunya referensi yang cukup banyak agar desain furniture yang kita buat bisa cukup menarik pangsa pasar yang menjadi target dari produk kita.Tahap kedua ini bisa di katakana nyawa dari bisnis ini, apabila desain furniture dari produk ini mengalami kemacetan tentunya produk ini tidak akan berkembang sehingga di perlukan desain-desain produk baru secara berkala sesuai perkembangan jaman.

Tahap ketiga(Produksi)

Dalam tahap ini tentunya di perlukan modal awal untuk membeli alat produksi dan bahan-bahan dasar seperti kayu,triplek,besi dan bahan lainnya tergantung desain dari furniture itu sendiri. Dalam tahap ini di perlukan manajemen modal yang bagus agar bisa memperhitungkan tentang harga jual yang sesuai pasar yang menjadi target produksi serta keuntungan yang ingin di capai.

Tahap keempat(Pemasaran)

Seperti di tahap awal dimana target dari produksi ini adalah berbagai kalangan sehingga di perlukan  proses pemasarn yang bisa mencapai beberapa kalangan tersebut contohnya lewat media sosial maupun platform took online selain itu kita bisa memanfaatkan akun-akun media sosial yang memiliki pengikut yang banyak untuk memasarkan produk kita

Dari beberapa tahap tersebut menurut saya tahap awal cukup penting di mana dalam tahap ini kita menentukan tentang kelayakan tentang bisnis yang ingin di jalankan, sehingga bisa meminimalisir kegagalan saat proses menjalankan sebuah bisnis. Selain itu di era modern sekarang di perlukan ide bisnis yang dapat berkembang mengikuti jaman seperti ide furniture ini dimana di perlukan ide-ide desain furnitur secara berkala sehingga memberikan desain furniture yang segar sesuai perkembangan jaman dan tren yang lagi di inginkan pasar.

Kesimpulan dan Saran

Di era sekarang di perlukan adanya inovasi dalam berbagai sekmen mengikuti perkembangan jaman,begitu juga dengan perabot atau furniture, perlu juga adanya inovasi yang bisa memberikan desain-desain prabot yang bagus sesuai yang dibutuhkan masyarakat, dimana di era sekarang dimana rumah tinggal banyak yang memiliki konsep minimalis di perlukan juga perabot yang bisa mendukung fungsi dari rumah tersebut sehingga dapat memberikan kenyamanan dan fungsi yang optimal bagi penghuni rumah tersebut.

Di jaman modern sekarang, dimana mencari sebuah pekerjaan semakin sulit maka di perlukan tekat dan kemauan untuk menjadi seorang pebisnis.saya akui membangun sebuah usaha tidak mudah apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki dukungan finansial yang cukup maka dari itu saat kita memiliki ide bisnis sebaiknya mencoba memulai dari hal kecil dan melakukan pengamatan apakah produk tersebut bisa di terima oleh pasar. Karena suatu bisnis yang besar selalu dimulai dari yang kecil yang terpenting kita harus berani memulainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.