Senin, September 6

BISNIS MENJANJIKAN DENGAN BACKDROP


 Oleh : Rohmah Fitriani (@S14-ROHMAH)


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Di era yang semakin maju ini banyak sekali bisnis yang menawarkan dekorasi  suata acara yang dapat menghias suatu ruangan dengan cantik. Dekorasi ruangan dibutuhkan dalam berbagai acara atau event yang dibuat untuk kebutuhan hiburan, seminar, iklan atau acara pribadi seperti ulang tahun, kelulusan, atau bahkan pernikahan. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju banyak sekali jenis dan bentuk dekorasi yang dapat ditawarkan dengan ide-ide yang brilian.

Dengan berbagai bentuk dan juga modifikasi yang bisa di request oleh pemesannya, maka dari itu backdrop hadir sebagai jawaban. Backdrop merupakan bisnis yang dapat menguntungkan bagi pelaku usaha karena tidak memerlukan banyak modal namun keuntungannya dapat dengan cepat dirasakan.

1.2 Rumusan Masalah
a. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menghias ruangan?
b. Bagaimana cara membuat backdrop untuk menghias ruangan agar lebih cantik?
c. Mengapa bisnis backdrop memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi?

1.3 Tujuan

Mengetahui bagaimana cara untuk mempercantik suatu ruangan dengan menuangkan ide kreatif dan inovatif dengan menggunakan backdrop. Mengetahui bahwa Backdrop dapat dijadikan sebagi bisnis yang menjanjikan di era ini.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Backdrop

Dekorasi dalam suatu acara sangat diperlukan untuk menunjang tampilan dari keseluruhan acara yang sedang diadakan. Untuk mempercantik suatu ruangan salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan memasang backdrop sebagai hiasan. Backdrop adalah latar belakang atau background yang ada di dalam sebuah studio foto untuk mempermanis orang yang dipotret di depan latar belakang yang sudah disediakan.

Backdrop bisa digunakan pada acara seminar, pameran, event, pernikahan, dll. Selain berfungsi untuk mempercantik ruangan, dan memberikan nuansa yang pas tentang acara yang sedang dilangsungkan, backdrop juga berfungsi sebagai elemen penting dalam dokumentasi. Desainer biasanya akan mengikuti preferensi panitia, mengenai ukuran dan warna dominan dari acara yang sedang diadakan.

Backdrop mampu membangun suasana yang relevan dan sesuai dengan acara yang sedang dilangsungkan. Selain itu backdrop juga bisa digunakan sebagai interior rumah. Dan ini sekarang banyak digunakan oleh pemilik rumah minimalis untuk meningkatkan nilai desain interior rumahnya. Beberapa ruangan yang biasanya memanfaatkan peran backdrop ini termasuk ruang tidur, ruang keluarga, ruang TV, dapur dan jenis ruangan lainnya.

2.2  Alasan Mengapa Harus Menggunakan Backdrop

Penggunaan backdrop dalam suatu acara memang bukan merupakan hal yang asing lagi, hanya saja mungkin sebagian orang masih bingung kenapa perlu menggunakan backdrop dalam acaranya. Pemakaian backdrop sangat penting untuk menyempurnakan suatu acara, baik itu acara hiburan seperti konser, acara musik, pesta, ataupun juga acara resmi seperti seminar dan workshop. Berikut alasan mengapa harus menggunakan Backdrop :

a. Backdrop sebagai identitas acara

b. Backdrop bisa membangun suasana dan kesan acara

c. Backdrop juga bisa digunakan sebagai media promosi atau iklan

d. Backdrop dapat memperindah dekorasi acara

e. Backdrop merupakan Elemen penting untuk dokumentasi

f. Backdrop sebagai tempat berfoto

g. Backdrop bisa juga untuk menutupi space ruang yang dirasa jelek

2.3  Cara Membuat Backdrop

Untuk membuat DIY backdrop, kamu bisa menyiapkan bahan-bahan yang tentu mudah kamu dapatkan baik secara offline maupun secara online. Adapun alat dan bahanyang dipakai untuk membuat backdrop pada umumnya sebagai berikut :

a. Kain Filamen

b. Kawat

c. Hiasan Bunga

d. Lampu Tumblr

e. Jarum pentul/ peniti

f.  Paku dan Palu

g. Karpet

Langkah-langkah membuat backdrop :

a. Mengaitkan Kain Filamen pada Dinding
Pilihlah warna putih agar tetap terkesan elegan, namun kamu punbisa menambahkan kain filamen warna lain untuk memberikan kesan yang berbeda.Kamu bisa mengaitkannya pada kawat seperti jemuran dan memanfaatkan jarum agar kain tetap terjaga dengan baik. Jangan lupa untuk mengaitkan kawat dengan paku pada dinding rumahmu.

b. Menghias Kain Filamen degan Bunga Hias Gantung
jika kain filamenmu sudah berdiri dengan baik dan rapi, selanjutnya tambahkan bunga hias gantung pada backdrop lamaranmu. Memang pada umumnya bakdrop identik dengan hiasan bunga. Bisa juga menggunakan paperflower. Jika memungkinkan, kamu bisa menambah beberapa bunga hias di bagian di samping kanan dan kiri agar backdropmu lamaranmu semakin indah.

c. Menambahkan Lampu Tumblr
tambahkanlah lampu tumblr. Pilihlah lampu tumblr yang sudah terangkai berbentuk jaring. Hal ini bertujuan agar hiasan lampu tumblrmu merata pada semua bagian.

d.   Menambahkan Karpet sebagai Alas
Sebagai finishing, tambahkanlah karpet di depan backdrop lamaranmu. Hal ini akan membuatnya semakin rapi dan terkesan indah. Kamu bisa memakai karpet berwarna polos ataupun karpet bermotif.


 


 



2.4  Backdrop Sebagai Tren

Untuk saat ini trend backdrop banyak digunakan untuk desain interior pada ruangan. Misalnya Ruang keluarga, ruang TV, ruang tidur, ruang dapur bahkan untuk ruang usaha. Banyak tempat usaha minimalis yang mendesain interiornya di bagian dinding dengan menggunakan backdrop. Jadi mereka bisa mengganti-ganti tema tiap bulannya untuk membuat suasana menjadi lebih dinamis dan tidak membosankan serta tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak

 

2.5  Bisnis Menjanjikan Melalui Backdrop

Bisnis backdrop merupakan bisnis yang menjanjikan karena dapat dimulai dengan modal yang tidak terlalu banyak. Bisnis sewa backdrop selain melatih kreativitas pemiliknya juga dapat menjadikan usaha yang memiliki peluang keberhasilan yang cukup tinggi saat ini. Backdrop saaat ini sedang menjadi trend terlebih setelah banyak sekali anak milenial yang menyukai dekorasi yang kekinian. Dengan paduan warna dan dekorasi yang match dengan suasana menjadikan backdrop dipilih sebagai hiasan dalam sebuah acara. Backdrop dapat disesuaikan dengan permintaan pemesan mulai dari segi bentuk, tema, bahan backdrop bahkan sampai warna yang akan dipilih. Selain itu semua bahan bisa dicari secara offline ataupun online. Oleh karena itu backdrop dapat dijadikan pilihan terbaik bila dijadikan usaha terutama di era pandemi seperti ini. Segala kegiatan bersifat private dan memudahkan kita dalam mencari dekorasi yang sesuai dengan budget namun tetap bagus untuk menghias sebuah ruangan.

 


Mindmapping

 

2.6 Target Pasar

Target pasar dalam berbisnis backdrop adalah lembaga resmi yang mengadakan seminar, pameran, event, acara kelulusan sekolah dan anak muda untuk mengadakan acara ulang tahun, lamaran atau pernikahan.. Produk ini akan dijual melalui website online agar dapat menjangkau khalayak ramai dan mudah untuk dicari. Saya memilih lembaga resmi dan anak muda sebagai target pasar saya karena daya tarik dari backdrop itu sendiri mewakili era saat ini yaitu inovatif dan kreatif. Seiring majunya teknologi variasi dan bentuk dari hiasan yang menarik sering digunakan dalam pemotretan, dekorasi, wisuda bahkan apresiasi acara tertentu. Yang kemudian momen tersebut akan di upload di sosial media yang orang lain dapat melihatnya. Itulah sebabnya strategi pemasaran melalui sosial media akan sangat cocok untuk bisnis backdrop ini.

BAB III

KESIMPULAN

 

3.1 Kesimpulan

Untuk mempercantik suatu ruangan salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan memasang backdrop sebagai hiasan.  Dekorasi dalam suatu acara sangat diperlukan untuk menunjang tampilan dari keseluruhan acara yang sedang diadakan. Backdrop bisa digunakan pada acara seminar, pameran, event, pernikahan, dll. ackdrop juga berfungsi sebagai elemen penting dalam dokumentasi. Backdrop mampu membangun suasana yang relevan dan sesuai dengan acara yang sedang dilangsungkan. Saat ini trend backdrop banyak digunakan untuk desain interior pada ruangan. Misalnya Ruang keluarga, ruang TV, ruang tidur, ruang dapur bahkan untuk ruang usaha. Selain itu backdrop dapat dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan  karena dapat dimulai dengan modal yang tidak terlalu banyak. Bisnis sewa backdrop selain melatih kreativitas pemiliknya juga dapat menjadikan usaha yang memiliki peluang keberhasilan yang cukup tinggi saat ini terlebih setelah banyak sekali anak milenial yang menyukai dekorasi yang kekinian.

DAFTAR PUSAKA

https://bisnismuda.id/read/1751-don-cuan/usaha-backdrop-murah-dan-bikin-langsung-balik-modal

https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jukomika/article/viewFile/119/pdf

https://www.frideas.co.id/apa-itu-backdrop-dan-apa-fungsinya/

https://www.uc.ac.id/library/bisnis-di-dua-kota/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.