Senin, September 20

Enterepreneur/Technopreneur/Sociopreneur

Nama : Alfian Adhar

Kode Pebisnis : @S22-ALFIAN


Perbedaan Entrepreneurship, Teknopreneurship dan Sosiopreneurship

              Sejatinya, ketiganya merupakan istilah dari kata yang sama yaitu Entrepreneur yang berarti Wirausaha. Namun, seiring perkembangan dan bermunculannya banyak wiraswasta baru, maka terciptalah istilah turunannya, yaitu Teknopreneur dan Sosiopreneur, yang membedakan hanya konsep yang dijalankan. Berikut adalah penjelasannya masing-masing;

 

1.      Entrepreneurship

Istilah entrepreneurship sendiri apabila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah wirausaha. Yaitu, usaha yang dimiliki dan dikelola sendiri dengan ide atau konsep yang baru. Sehingga entrepreneurship memiliki kebebasan dalam budaya kerja, jadwal, bahkan seragam yang digunakan. Karena memiliki kebebasan tersebut maka risiko pun ditanggung sepenuhnya sendiri.

 

2.      Teknopreneurship

Techopreneurship sendiri adalah sebuah konsep kewirausahaan dengan menggunakan teknologi sebagai kunci utama dalam mengolah produk dan layananya. Biasanya seorang technopreneur memperkenalkan teknologi baru dan membuat teknologi lama menjadi tergantikan.

 

3.      Sosiopreneurship

Sociopreneurship adalah jenis usaha yang tidak hanya fokus terhadap profit yang dihasilkan, tapi juga fokus pada aspek sosial. Oleh karena nya sociopreneur dapat melihat peluang usaha yang ada di sekitarnya tersebut yang dapat menghasilkan keuntungan dan memiliki fungsi untuk meningkatkan kesejahteraan sosial.

 

 

 

 

 

 

Referensi

Medium.com/@nandaazman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.