September 06, 2021

KEMASAN MINUMAN INSTAN BERBAHAN DASAR PLASTIK BIODEGRADEBEL

Oleh: Yosef Mariawan

josephmariawan99@gmail.com (@S05-YOSEF)

Plastik, adalah material yang sehari-hari kita gunakan dan temukan di sekitar kita. Material plastik dipilih karena dianggap sebagai material yang relatif kuat, ringan, tahan air, mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang murah. Lalu apalagi yang kurang dari plastik? Satu hal yang kurang dari plastiik, yaitu sulit terurai di alam sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan karena menurunnya kualitas air dan tanah.

Plastik sendiri merupakan material yang terhitung baru, mulai digunakan pada tahun 1930-an. Namun penggunaan material plastik sendiri terus meningkat tajam pada tahun 90-an dan terus meningkat hingga ratusan juta ton per tahun. Dan saat ini hampir semua produk yang beredar di pasaran dijual menggunakan material plastik.

Berbeda dengan plastik pada umumnya yang dibuat dari bahan dasar minyak bumi seperti petroleum, gas alam dan batu bara. Plastik biodegradable ini terbuat dari selulosa, kolagen, protein, lipid, ataupun chitosan yang diambil dari ekstraksi tanaman dan hewan. Plastik biodegradable ini berbahan dasar tepung, seperti tepung singkong, kentang, dan beras, yang dapat diurai oleh alam menjadi CO2 dan biomassa lainnya dengan bantuan mikroorganisme.

Penggunaan limbah plastik pada kehidupan sehari-hari telah mencemari lingkungan kita dan merusak ekosistem darat maupun laut. Indonesia sebagai negara terbesar ke-2 penghasil limbah plastik diseluruh dunia wajib berperan aktif penggunaan limbah plastik melibatkan masyarakat dan industri dalam mengurangi daur ulang plastik.

Dengan bertambahnya populasi penduduk dan pertumbuhan ekonomi maka diperlukan sistem pengelolaan material hasil konsumsi yang mengedepankan unsur penggunaan kembali dan daur ulang yang ramah lingkungan agar sumber daya alam dalam jumlah terbatas yang kita miliki dapat dimanfaatkan dengan baik guna mewujudkan hari esok yang berkelanjutan.

Disini saya mengambil salah satu ide bisnis yaitu kemasan kopi celup berbahan dasar plastic biodegredebel

Adapun beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh kemasan dari gelatin  dan juga kulit singkong(pati) antara lain adalah sebagai berikut : 

a.      Bisa dimakan

Jenis kemasan ini menggunakan bahan organik dari gelatin dan juga singkong. karenanya, kemasan satu ini sangat unik dan bisa langsung dimakan setelah digunakan. Penggunaan jenis kemasan yang satu ini juga dianggap lebih baik dari dari kemasan plastic yang sering digunakan. Sehingga proses penyeduhan kopi pun menjadi lebih praktis karena kemasanya bisa larut dan juga aman di konsumsi.

b.      Tidak mencemari lingkungan

Dikarenakan kemasan dapat dikomsumsi dan mudah terurai, harapannya dapat mengurangi limbah plastic yang dapat membahayakan ekosistem.

Sebagai perbandingan, plastik biasa membutuhkan waktu sekitar 50-100 tahun untuk terurai oleh alam. Sementara plastik biodegradable ini dapat terurai lebih cepat. Untuk sebuah kantong plastik misalnya, dapet terurai dalam hitungan bulan, tergantung dari material dasar yang digunakan. Namun penggunaan plastik biodegradable masih sangat jarang menyebabkan harganya relatif mahal dibanding plastik konvensional. Memang membutuhkan kerja sama dengan banyak pihak, termasuk kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dnegan mengurangi penggunaan plastik konvensional.


Berikut ilustrasi desain kemasan minuman seduh yang terbuat dari plastic biodegredebel.

Berikut saya lampirkan beberapa proses pembuatan plastic dari bahan gelatin dan singkong:

a.       Proses pembuatan plastic gelatin secara sederhana:

Yang kita butuhkan:

·                      3 bungkus gelatin polos

·                      9 sendok makan atau 75 ml air

·                      3-5 tetes pewarna makanan

·                      Tutup plastik dengan pelek

·                      Panci

·                      Kertas tisu

·                      pemotong kue

·                      Sedotan

·                      Gunting

Proses pembuatan:

  1. Campur air dan pewarna makanan di dalam panci dengan api kecil.
  2. Masukkan 3 amplop gelatin tanpa rasa hingga larut. Masak dan aduk selama 30 detik atau hingga mengental.
  3. Tuang campuran ke dalam tutup plastik dengan pelek, dorong keluar gelembung udara dengan sendok atau perkakas lainnya, dan biarkan gelatin mendingin di atas meja selama 45 menit.
  4. Lepaskan cakram gelatin dari tutupnya. Ini harus fleksibel dan lentur.
  5. Gunakan pemotong untuk membuat bentuk yang menarik. Gunting dapat digunakan untuk membuat spiral atau desain lainnya. Gunakan sedotan plastik untuk membuat lubang untuk potongan gantung.
  6. Bentuk dapat dikeringkan rata di atas loyang atau rak pendingin. Spiral mungkin digantung dengan penjepit pakaian. Bentuk berlubang dapat dirangkai dengan tali hingga kering. Gelatin akan menjadi keras seperti plastik dalam 2-3 hari.
  7. Setelah jadi rekatkan dan bentuk sesuai ukuran kemasan

b.      Proses pembuatan plastic kulit singkong(plastic biodegrable) secara sederhana:



Rancangan Model Bisnis:

Peluang yang bisa di dapat dari usaha ini:

Dikalangan industry makanan saat ini banyak sekali yang menggunakan bahan dasar plastic untuk kemasan makanan yang mereka ini, oleh karena itu jika kita dapat mempormosikan inovasi ini dengan baik, kita dapat berkerja sama dengan industry makanan/minuman instan seperti kopi celup dll

Konsumen dari produk ini:

Yang menjadi sasaran utama pada inovasi atau ide bisnis adalah produsen makanan atau minuman instan yang masih menggunakan kemasan berbahan dasar plastic dan selain itu ide bisnis ini juga sangat rekomendasi bagi pengusaha yang sedang ingin memulai bisnisnya.

Estimasi harga dari produk ini:

Jika dihitung dari biaya operasional produksi dan juga harga dari bahan baku yang di dapat, harga dari produk ini adalah 70000 an / meternya. Dan 20000 an untuk produk sebelum jadinya(masih bentuk bubuk plastic siap cetak).

Penentuan lokasi usaha:

·      Memilih lokasi yang strategis, menyesuaikan dengan bisnis ini tempat yang saya pilih adalah lokasi yang tidak terlalu ramai namun memiliki  titik yang mudah dan aman dimana nantinya akan membutuhkan tempat yang cukup luas dan stabil.

·         Akses yang mudah di jangkau, hal ini sangat penting demi kelancaran proses produksi untuk distributor konsumen dan juga suplyer.

·       Harga lokasi yang terjangkau, mungkin kita akan cenderung membeli suatu lokasi jika tidak memiliki modal tanah dan bangunan , oleh karena itu saya anjurkan memilih lokasi yang murah namun berkualitas

·     Memiliki izin, jangan sekali-sekali mendirikan usaha anda di tempat yang tidak memiliki izin, atau hanya memiliki izin illegal.

Mind Mapping bisnis ini:


Referensi:

https://www.ruparupa.com/blog/apa-sih-plastik-biodegradable/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar