Senin, September 6

Memanfaatkan Peluang Bisnis Online (MIA LESTARI (@S01-Mia))

Description: Identitas | Universitas Mercu Buana Jakarta 

DISUSUN OLEH :

MIA LESTARI (@S01-Mia)

ABSTRAK

 

            Karya ilmiah ini berjudul ”Bisnis Online” dimana penjualan banyak dilakukan melalui jaringan internet yang dengan mudahnya dapat dilakukan. Tujuan karya ilmiah ini memberikan gambaran tentang bagaimana berbisnis melalui internet yang kini marak digunakan khususnya para pemula yang memiliki jaringan terhubung dengan internet. Berawal dari jaringan yang sudah meluas, alangkah mudahnya kita memperkenalkan usaha melalui internet yang dapat menguntungkan kita sebagai pemula usaha. Usaha yang dilakukan bisa diiklankan melalui internet dengan sangat mudah.

            Ada beberapa cara menjalankan bisnis online. Yang pertama melalui website, kedua melalui blog, ketiga melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan instagram, keempat melalui aplikasi handphone seperti BBM (Blackberry Messenger), WhatssApp, Line, Kakaotalk, weChat.

 

 

 


 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.      Latar Belakang

            Perkembangan teknologi yang semakin canggih memicu munculnya banyak         jejaring            sosial seperti : facebook, twitter, dan instagram. Lampat laun jejaring     sesial ini tidak             hany di gunakan untuk menjalin pertemanan namun juga untuk       berbisnis. Banyak        orang memanfaatkan jejaring sosial untuk menjual produk –        produk meraka. Bak   banyak orang yang tertarik berbelanja secara online karena             tidak perlu pergi keluar          rumah, terkena macet, dan kelelahan. Hanya perlu             bertanya spesifikasi produk,      memesan, membayar, kemudian barang akan diantar        ke rumah.

            Fenomena ini merupakan sebuah peluang tersendiri untuk membuka bisnis secara          online. Saat ini banyak toko grosir yang menjual pakaian harga grosir dengan hanya         membeli secara ecer atau satuan. Kita dapat mencarinya dengan mudah di internet.          Sehingga kita hanya perlu mempromosikan produknya dan memesan ketika ada orang yang membeli produk tersebut kepada kita. Sangat mudah dan bisa dilakukan        oleh siapa saja.

            Rumusan Masalah

·         Ada 3 rumusan masalah dalam artikel ilmiah ini :

1)      Apa pengertian bisnis online?

2)      Bagaimana menjalankan bisnis online?

3)      Apa kelebihan dan kekurangan bisnis online?

 

·         Adapun tujuan penelitian dalam artikel ilmiah ini adalah :

1)      Menjelaskan pengertian bisnis online

2)      Menjelaskan proses pelaksanaan bisnis online

3)      Menjelaskan kelebihan dan kekurangan bisnis online

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

1)      Pengertian Bisnis Online

 

Bisnis berarti suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

 

Adapun bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online biasanya menggunakan jaringan internet sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website, jejaring sosial dan forum jual beli.

 

2)      Pelaksanaan Bisnis Online

Bisnis online bisa dilaksanakan dengan berbagai macam cara :

a.      Website

Website merupakan media online yang paling lama di gunakan untuk jual beli. Bagi orang awam pembuatan website biasanya di serahkan pada perusahaan atau perorangan yang menjual jasa pembuatan website. Harganya sangat variatif tergantung pada jenis website yang kita inginkan.

b.      Blog

Blog hampir mirip dengan website namun bisa kita buat secara gratis. Tampilan blog akan sangat tergantung pada kemampuan kita membuat blog. Kebanyakan toko online yang menggunakan blog tampilannya sangat sederhana, hanya berupa gambar – gambar yang disusun secara vertikal. Akan tetapi ada juga beberapa toko online yang walaupun menggunakan blog tetapi tampilannya seperti website.

 

 

c.       Jejaring social

Saat ini media yang paling populer untuk berbisnis online adalah jejaring sosial. Berikut ini adalah 3 jejaring sosial yang paling banyak digunakan untuk bisnis :

·         Facebook

Facebook adalah jejaring sosial yang paling banyak di gunakan penggunanya untuk melakukan jual beli. Jual beli di facebook dapat dilakukan melalui akun pribadi, group, maupun fasilitas fanspage (halaman) yang disediakan oleh facebook. Dari 3 artenatif tersebut yang paling cocok digunakan untuk jual beli adalah fanspage. Bisa dikatakan fanspage ini seperti sebuah toko, group seperti sebuah pasar, dan akun pribadi seperti sebuah rumah. Melihat hal ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk terlihat profesional dan mempermudah bisnis kita dapat membuat fanspage, namun untuk promosi secara gratis kita dapat mengikuti forum jual beli yang ada di group. Selain itu sebenarnya facebook juga menyedikan layanan promosi fanspage, namun tentu saja ini tidak bisa di gunakan secara gratis. Kita harus membayar jika ingin dipromosikan oleh facebook.

·         Twitter

Twitter juga jejaring sosial yang marak digunakan untuk jual beli. Namun di twitter tidak ada fasilitas khusus untuk jual beli seperti di facebook, jadi kita hanya membuat akun baik pribadi maupun bisnis kemudian menawarkan produk yang kita punya dengan menguggah fotonya.

·         Instagram

Instagram adalah jejaring sosial yang saat ini sangat diminati untuk jual beli. Hal ini dikarenakan dalam instagram sperti ada dunia tersendiri. Disini ada akun bisnis yang mereka biasanya melakukan berbagai cara untuk promosi, seperti : SFS (shout out for shout out) atau istilah indonesianya seperti barter promo, jadi kita mempromosikan akun instagram atau yang sering disebut IG milik orang lain. Selain SFS personal (antar 2 akun) ada juga SFS group, ini seperti promo berjamaah, beberapa akun membuat suatu gambar kemudian diketerangan gambar tersebut diisi identitas masing – masing akun. SFS ada yang gratis ada juga yang berbayar tergantung akun yang kita ajak SFS. Selain SFS ada juga endorse, ini merupakan jenis promosi dengan cara memberikan barang kita secara gratis kepada selebram (selebritis instagram) kemudian akun selebram akan menggunakan produk kita sambil mempromosikan. Karena di instagram hanya bisa mengunggah foto dan memberi keterangan dibawahnya maka komunikasi dilakukan menggunakan media lain, namun hampir 90% komunikasi di instagram menggunakan line.

·         Akun Mengunggah Foto

Berjualan di forum jual beli tergolong efektif karena banyak orang yang melihat. Semua tergantung pada kata kunci yang kita gunakan diketerangan foto tersebut. Semakin bagus pilihan kata, semakin banyak orang yang dapat mengakses foto kita. Diantaranya ialah : Aplikasi Handphone, BBM, WhatssApp, Line dan Kakaotalk.

 

3)      Kelebihan dan kekurangan bisnis online

Berikut ini adalah kelebihan dan juga kekurangan dalam bisnis online yang menjadi daya tarik para pencari usaha :

a.      Kelebihan

·         Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet

·         Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline. Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang dijalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis mudah ditemukan konsumen

·         Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline. Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline

b.      Kelemahan

·         Pembayaran

Bagi para orang awam, masalah pembayaran menjadi sesuatu yang membingungkan dan cukup menyulitkan. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tidak terkirim maupun barang tidak diterma. Karena bisnis online kebanyakan tidak memperketemukan kedua belah pihak dalam proses transaksi jual – beli barang. Dituntut kejujuran yang tinggi dalam proses bisnis online.

·         Barang tidak sesui keinginan kita

Karena barangyang kita lihat hanya melalui layar, kebanyakan pada saat menerima barang tidak sesuai dengan yang aslinya. Contoh dalam hal pakaian, pada bisnis online kita tidak bisa merasakan bahan pakaian dan juga kadang ukuran pakaian tidak sesuai dengan tubuh kita. Hal – hal diatas merupakan sebagian dari kelebihan & kelemahan bisnis online. Sekarang kita tinggal memilih, apakah ingin menjalankan usaha secara online maupun offline.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

KESIMPULAN

           

            Dari pembahasan dapat kita simpulkan bahwa saat ini bisnis online sedang sangat berkembang. Kita dapat ikut andil memanfaatkan bisnis online ini dengan menjual berbagai produk. Cara yang dilakukan dalam menjalankan bisnis online bisa melalui website, blog, forum jual beli, dan jejaring sosial, seperti facebook, twitter, dan instagram. Beberapa kelebihan bisnis online antara lain : memberikan keuntungan baik materi maupun non materi. Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan, juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan sedangkan kekurangan bisnis online adalah Bagi para orang awam, masalah pembayaran menjadi sesuatu yang membingungkan dan cukup menyulitkan. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tidak terkirim maupun barang tidak diterma.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.academia.edu/3832324/MENJADI_PEBISNIS_ONLINE_DI_KALANGAN_MAHASISWA

http://lppm.unpam.ac.id/2020/04/15/bisnis-online-di-tengah-polemik-pandemi-covid-19/

http://www.litaamalias.com/2015/03/karya-ilmiah-lingkungan-bisnis-bisnis.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.