Senin, September 27

“KURANGNYA PERCAYA DIRI UNTUK MENJADI SEORANG PENGUSAHA.KENAPA BEGITU? YUK KITA CARI TANDA BAHWA ANDA SEBENERNYA TIDAK SIAP MENJADI SEORANG PENGUSAHA”


Oleh: Ahmad apip (@S21-AHMAD)


ABSTRAK

Dalam menjadi bisnismen Seorang pengusaha biasanya akan menjalankan bisnis untuk mendapatkan keuntungan, keuangan yang lebih stabil, dan menjadi sukses. Sedangkan entrepreneur lebih peduli pada perubahan di sekitar dan mengejar passion untuk mencapai tujuan akhir yang memberikan kesenangan dan kepuasan. Entrepreneur kurang tertarik pada keuntungan secara finansial, tapi mereka fokus dalam mengembangkan produk/jasa yang akan mereka tawarkan. Menjadi pengusaha merupakan impian banyak orang saat ini. Bukan hanya kalangan orang biasa, atau karyawan, para artis juga banyak yang akhirnya memulai sebuah bisnis untuk investasinya di masa depan nanti. Sekilas, bisnis-bisnis yang sudah berjalan dari dulu hingga saat ini terlihat baik-baik saja dan stabil.

 Pantang menyerah adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha yang menjalankan bisnisnya, baik dalam skala kecil dan besar. Jika tidak, maka bisnis anda dikhawatirkan akan menjadi beku dan tidak berjalan. Ini juga salah satu alasan untuk sebagian orang, mengapa mereka takut dan tidak siap menjadi seorang pengusaha. Berikut ini adalah 6 tanda bahwa anda sebenarnya tidak siap menjadi seorang pengusaha. Berikut ulasannya, dikutip dari Cermati.com.

 

TIDAK MEMILIKI MOTIVASI DIRI

Seorang pengusaha ini harus siap untuk melakukan segala hal secara sendiri. Para pebisnis yang saat ini sukses, juga mengawali perjuangannya dengan penuh kerja keras. Seorang pengusaha, biasanya secara umum sudah menguasai apa saja yang harus ia lakukan dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis.Apapun yang terjadi, ia akan berusaha mencari jalan keluar untuk menjamin keberlangsungan usahanya. Jika anda adalah tipe orang yang selalu membutuhkan dan bergantung pada seorang pemimpin, mungkin anda memang tidak memiliki motivasi untuk menjadi seorang pengusaha.

TIDAK MEMILIKI TABUNGAN

Untuk membangun sebuah usaha, baik skala kecil apalagi skala besar, keberadaan modal saat diperlukan. Untuk itu, anda yang ingin mulai menjalankan bisnis dan menjadi pengusaha, anda perlu memiliki tabungan yang cukup untuk memulai ini.Bisnis yang pertama kali dijalankan, bukan tidak mungkin akan mengalami kerugian, tetapi usahakan jangan sampai menghabiskan seluruh modal anda. Sebaiknya, persiapkan terlebih dahulu anggaran untuk bisnis anda, perkiraan kerugiannya, sehingga semuanya bisa diprediksikan, dan tidak akan terlalu membuat rugi.

 

MERASA TAKUT BERADA DI BAWAH TEKANAN

Menjadi seorang pengusaha, harus siap menjadi stress. Akan ada banyak hal yang perlu dipikirkan dan secepatnya anda harus mengambil keputusan. Sebuah bisnis harus mengikuti perkembangan zaman agar tetap eksis dan tidak membosankan.Untuk memikirkan hal semacam ini, perlu tekanan, deadline untuk segera menampilkan hal yang baru dan akan disukai pelanggannya. Jika tidak bisa menghadapi tekanan seperti ini, mungkin anda belum siap menjadi pengusaha.

 

RISET YANG DILAKUKAN BELUM SEMPURNA

Apa saja bisnis yang akan anda dirikan, sebaiknya anda dan tim anda melakukan penelitian terlebih dulu. Penelitian ini sangat penting, hasil penelitian ini akan menjadi dasar anda mengapa membuat sebuah produk dan kepada siapa produk itu harus dijual nantinya. Anda bisa melakukan survei langsung ke tempat yang cocok dengan ide bisnis anda. Anda juga bisa mencoba mencari tahu lewat internet.

 

TIDAK MEMILIKI SEMANGAT UNTUK MEMULAI BISNIS

Semangat itu sangat dibutuhkan dalam segala hal bentuk aktivitas. Bagi anda yang bekerja, dengan semangat, anda akan sanggup mengerjakan banyak tugas kantor anda. Dalam Bisnis pun, anda harus memiliki semangat, bahkan lebih semangat dibanding saat bekerja.

Dengan semangat kita akan terus bergerak maju. Sebaliknya, saat sama sekali tidak ada semangat dalam hal apapun, yang terjadi adalah hanya kegagalan dan kerugian besar. Untuk menjadi seorang pengusaha, anda perlu semangat, semangat dan semangat.

 

STRATEGI BISNIS KURANG TEPAT

Seorang pengusaha, perlu memiliki strategi bisnis yang baik. Dengan begitu, usahanya akan berjalan lancar, tanpa hambatan. Namun, harus diperhatikan juga bahwa sebuah strategi yang ada ini, harus cocok dengan orang yang menjalankannya.Sebagai contoh untuk bidang marketing Usaha anda, anda perlu orang yang ahli bernegosiasi dan baik dalam kemampuan komunikasinya, jika anda menempatkan orang yang hanya ahli di salah satu bidang tersebut, mungkin pemasaran usaha anda akan kurang maksimal. Sebaiknya, perhatikan hal ini dengan baik, jika anda sering salah menempatkan orang yang sesuai dengan bidang pekerjaannya.

 

BELAJARLAH DARI PARA PEBISNIS YANG SUDAH SUKSES

Menjadi pengusaha tidak hanya seputar menjual dan mendapat keuntungan. Masih banyak hal yang perlu dipikirkan oleh seorang pengusaha agar usahanya bisa berjalan dalam waktu yang lama. Dengan banyak belajar dari para mentor sukses dalam dunia usaha. Dengan semangat dan pantang menyerah, usaha Anda mungkin akan berjalan. Sebaliknya, jika anda selalu berpikir tidak sanggup menerima resikonya, anda kurang cocok menjadi pengusaha. Semoga bermanfaat.



 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.