Senin, September 20

Memahami Perbedaan, Serta Contoh dari Entrepreneur, Teknopreneur dan Sosiopreneur

 Oleh: Muhammad Angga Rizki Ade Pratama (@S24-PRATAMA)

Abstrak

Kita sangat sering sekali mendengar tentang Enterpreneur. Kata Enterpreneur ini sering sekali kita dengar di seminar, kuliah, pelajaran serta sering sekali kita menemui kata enterpreneur ini ketika kita sedang membaca di sebuah buku. Memang kata enterpreneur ini adalah kata yang sangat sering kita temui tetapi terkadang beberapa orang tidak tahu definisi atau pengertian dari kata enterpreneur ini, dan tidak hanya kata enterpreneur itu, ada beberapa kata lainnya juga yang hampir sama maknanya dengan kata enterpreneur yaitu adalah Teknopreneur, dan Sosiopreneur.

tetapi dua kata ini jarang sekali orang untuk menggunakan atau memakainya, dan jarang sekali juga kita untuk mendengar dan membaca 2 kata itu. Maka dari itu saya hari ini akan membuat penjelasan serta contoh dari ketiga kata tersebut yaitu enterpreneur, teknopreneur, dan sosiopreneur untuk bisa dipahami oleh kita semua yang baru mendengar kata-kata ini, atau penjelasan di dalam artikel yang saya buat ini tujuannya untuk kita bisa sama-sama belajar.

Dengan adanya artikel yang saya buat ini, saya akan membantu anda memahami tentang berbagai macam hal yang sering kita dengar, lihat atau baca tetapi kita tidak tahu tentang definisi dari kata atau hal yang sering kita baca itu. maka dengan itu kita juga harus sama-sama mempunyai minat untuk membaca atau minat untuk mengetahui sesuatu yang belum kita ketahui. karena yang sudah kita ketahui bahwa minat baca orang indonesia sangat rendah dibandingkan negara lain. kita harus berubah dari zona nyaman kita menjadi seseorang atau SDM yang bisa berguna untuk bangsa dan negara kita, dan kita juga sebagai SDM harus bisa unggul dibadingkan negar-negara lain yang memiliki SDM yang lebih sedikit dari pada negara kita.


Pembahasan

Dalam dunia bisnis kita sering sekali mendengar atau membaca tentang enterpreneur atau kita sering sekali melihat sosok orang yang dikatakan sebagai enterpreneur. Tetapi sering sekali kita tidak mengetahui definisi atau contoh dari enterpreneur ini. Maka dari itu pada kesempatan hari ini saya akan membahas dan menjelaskan tentang enterpreneur, teknopreneur, dan sosiopreneur untuk bisa lebih mudah dipahami oleh kita semua. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa enterpreneur ini adalah sekelompok orang, sekumpulan orang, atau organisasi yang didalamnya adalh kumpulan orang sukses, sedangkan kata enterpreneur ini definisinya bukan begitu, kebanyakan orang-orang tidak tahu bahwa enterpreneur ini ada definisinya dan serta ada beberapa kata yang maknanya serupa dengan enterpreneur ini yaitu adalah teknopreneur dan sosiopreneur maka dari itu berdasarkan kata-kata tersebut saya akan menjelaskan pengertiannya terlebih dahulu kepada anda tentang enterpreneur, teknopreneur, dan sosiopreneur ini sebagai berukut:





  • Enterpreneur
Enterpreneur ini merupakan seseorang pengusaha atau wiraswasta. Yaitu, orang yang memiliki usaha sendiri dan mengelola usahanya sendiri dengan ideatau konsep yang baru. Sehingga entrepreneur memiliki kebebasan dalam menentukan budaya kerja, jadwal, bahkan seragam yang digunakan. Karena memiliki kebebasan tersebut maka risiko pun ditanggung sepenuhnya sendiri. Seorang entrepreneur atau wirausahawan dilihat dari risiko pribadi yang mereka ambil dalam mengejar bisnis baru, inovasi, atau bentuk usaha lain. Sebagai gantinya untuk mengambil risiko itu, mereka sering mendapat untung paling signifikan dari kesuksesan perusahaan mereka. Entrepreneur adalah aspek penting dari ekonomi. Mereka membantu memacu pertumbuhan dengan mengambil risiko pada ide-ide inovatif. Peluang keberhasilan mungkin tidak terlalu menjanjikan, tetapi jika berhasil, banyak upaya kewirausahaan mendorong industri maju secara dramatis.




  • Teknopreneur

Teknopreneur ini merupakan sekelompok orang atau seseorang yang bekajanya atau kejanya memanfaatkan teknologi yang ada sekarang untuk mecapai tujuan utamanya sehingga mereka para teknopreneur ini bisa menghasilkan usaha yang memiliki atau berkonsep digital modern yang mempunyai kefektifan dan efisien mulai dari segi waktu dan biaya dan teknopreneur ini biasanya bisa menggantikan teknologi lama untuk mendapatkan inovasi baru dalam usahanya bahkan membuat inovasi baru dalam sejarah seperti contohnya adalah seperti teknologi toko online, dan beberapa contoh lain dari teknopreneur ini adalah seperti saat ini usaha ojek sudah tidak lagi kuno seperti dulu, saat ini usaha ini memenfaatkan teknologi untyk membuat aplikasi online sehingga usaha 100% lebih maju dan dapat berkembang dibandingkan dengan sistem ojek sebelumnya.




  • Sosiopreneur

Sosiopreneur ini merupakan seseorang yang mempunyai bisnis wirausaha yang berupa kepedulian sosial. Usaha sosial ini tidak hanya berfokus pada profit, tetapi juga pada aspek kemanusiaan atau sosial. Usaha  sosial ini juga mereka bekerja secara melihat peluang bisnis apa yang mereka dapat kembangkan di daerah sekitar mereka atau lingkungan mereka. Dalam lingkungan tersebut, fungsi dari sosiopreneur ini adalah untuk bisa memberdayakan masyarakat sekitar untuk meningkatkan kesejahtraan hidup secara sosial. contoh perusahaan yang berperan seagai sosiopreneur atau usaha secara sosial ini adalah seperti perusahan yang mengajak konsumennya untuk melihat dan memahami kondisi sosial yang terjadi di lingkungan sekitar kita, seperti tour ke desa-desa dimana kesenjangan sosialnya itu sang terasa sekali dengan kita yang tinggal dikota. dan dana dari perjalanan ini biasanya sebagian akan disumbangkan untuk kegiatan sosial di desa tersebut. 

Setelah kita tadi membahas tentang definisi dari enterpreneur, teknopreneur, dan sosiopreneur, sekarang kita akan membahas tentang apa saja contoh keberhasilan dari teknopreneur, ini sebagai berikut:

Technopreneur dapat berhasil dengan mengagumkan. Contohnya, para pendiri Uber yang memiliki ide tentang cara berbeda untuk memanggil taksi. Menggunakan kekuatan teknologi (membangun aplikasi yang terintegrasi GPS), keberadaan Uber benar-benar mengubah ekonomi industri taksi. Sebagai generasi baru entrepreneurshiptechnopreneurship melibatkan kebersamaan orang-orang yang cerdas, bersemangat, kreatif, penuh semangat, dan mengerti teknologi. Tidak seperti entrepreneurshiptechnopreneurship jarang merupakan pertunjukan tunggal. Keberhasilannya bergantung pada seberapa baik tim bekerjasama.

Beberapa contoh tokoh dari enterpreneur, teknopreneur dan sosioreneur ialah sebagai berikut: 

Tokoh Enterpreneur


Sandiaga uno adalah salah satu contoh tokoh dari enterpreneur. dia adalah pengusaha muda dari indonesia yang sekarang salah satu tokoh yang cukup dikenal oleh masyarakat indonesia sebagai tokoh enterprenur yang sangat berhasil, bisnis yang dia jalankan semunya mengalami kemajuan dan keberhasilan yang sangat bagus. Hal itu juga yang membuat sandiaga uno ini bisa dikenal sebagai salah satu contoh enterpreneur atau wirausaha yang berhasil di indonesia.


Tokoh Teknopreneur


Nadiem Makarim adalah salah satu contoh tokoh yang memegang peranan penting dibalik kesuksesan usaha teknopreneur yang orang sudah pasti tau usaha yang di jalankan yang dia namakan dengan Gojek online. Nadiem makarim ini merupakan salah satu tokoh yang memanfaatkan perkembangan zaman untuk bisa sukses dalam usaha yang dia buat. Dia adalah salah satu tokoh yang berhasil membuat sejarah kecil yang tadinya kita ketika ingin memesan ojek harus susah-susah untuk mencari pangkalan, sekarang ojek tersebut yang menyampiri kita, tidak hanya itu Gojek ini juga adalah salah satu perusahaan yang tadinya sangat di tentang oleh masyarakat yang belum menerima akan perkembangan zaman, dan sekarang Nadiem Makariem menjadi salah satu tokoh teknopreneur yang sangat sukses di indonesia.


Tokoh Sosiopreneur 


Muhammad Abdul Karim Pemuda asal Tasikmalaya ini saat kuliah pun sudah memikirkan bagaimana caranya untuk menjadi pengusaha. Usaha bisnisnya dimulai dari berjualan donat dan nasi kuning, tapi tak setiap hari barang dagangannya selalu laris. Ia selalu memberikan sisa donat tersebut ke panti asuhan. Dari situlah ia merasakan ada kepuasan tersendiri berjualan sekaligus berbagi dengan yang membutuhkan. Karim kini aktif sebagai Direktur Eksekutif Sahabat Pulau yaitu komunitas yang dibentuknya yang bergerak di bidang volunteering dan community development. Aktivitas Sahabat Pulau ini sudah tersebar di 28 titik di Indonesia. Misinya adalah menyelesaikan problem pendidikan pemuda dan anak-anak Indonesia juga pemberdayaan wanita pesisir.


Demikian adalah pembahasan dari enterpreneur, teknopreneur dan sosiopreneur, semoga artikel yang telah saya buat ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan semoga artikel yang saya buat ini bisa dengan sangat mudah dipahami oleh para pembaca, kalian bisa memberikan kritik atau saran kepada saya di kolom komentar, kritik dan saran itu nantinya saya gunakan untuk saya bisa lebih baik lagi dalam menulis artikel selanjutnya, 

Mungkin segitu saja yang saya bisa berikan, Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.