Senin, September 6

Memanfaatkan Waktu Untuk Kegiatan Yang Berguna Di Era Pandemi

Oleh: Muhammad Angga Rizki Ade Pratama (@S24-PRATAMA)

Abstrak

Di tengah pandemi ini, semua orang dianjurkan untuk di rumah saja, yang bertujuan untuk memutus rantai penularan covid. Semua ini dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga masyarakatnya dari berbagai hal yang tidak diinginkan dari adanya virus yang tengah menyebar luas. Yang penyebarannya bukan hanya di Indonesia tetapi juga menyebar ke seluruh belahan dunia. Semua orang juga turut merasakan dampak dari adanya pandemi Covid ini. Terlebih lagi pemerintah telah menerapkan program pshysical distancing yang dibuat agar masyarakat tidak membuat kerumunan. Pemerintah pun menghimbau masyarakatnya untuk melakukan semua kesibukannya di rumah saja, seperti halnya bekerja, belajar dan beribadah.

Pada masa pandemi covid ini tentunya setiap orang mengalami berbagai perubahan aktivitas, yang tadinya kuliah ke kampus, sekarang semua kegiatan berlangsung online dan dirumah aja. yang tadinya tiap weekend main sama temen, sekarang gabisa kemana-mana kalau tidak penting-penting banget. Selama pandemik ini ada yang makin sibuk contohnya seperti tenaga kesehatan, ada yang tetep sibuk contohnya anak kuliah yang punya segudang tugas, namun ada juga yang gabut karena punya lebih banyak waktu luang sampai bingung mau ngapain lagi dirumah saking bosennya. Nah berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan supaya waktu luang yang kita punya lebih berguna. 

Latar Belakang


Kita semua sekarang berada di era dimana kita harus berada di rumah untuk membantu memutus mata rantai dan mencegah supaya terhindar dari paparan covid, tetapi walaupun kita harus berada di rumah tetapi itu bukan alasan supaya kita bermalas-malasan dan tidak menghasilkan sesuatu yang berguna untuk diri kita sendiri bahkan orang lain. kita bisa memanfaatkan waktu luang kita untuk menghasilkan kegiatan yang berfaedah atau berguna untuk diri kita di masa sulit ini.

Kita harus sangat memanfaatkan waktu yang kita punya untuk bisa berguna, apalagi pada masa sekarang ini kita pastinya mempunyai waktu luang yang cukup banyak untuk bisa dirumah aja, tidak hanya itu pada zaman sekarang ini media sudah begitu pesat, informasi apa saja bisa diakses oleh seseorang dan teknologi sekarang juga sudah begitu maju, sayang kalau kita tidak bisa memanfaatkan momen ini untuk kita bisa produktif dan maju untuk mengubah hidup kta lebih baik dari pada sebelumnya.

Sebenarnya ada banyak sekali hal atau kegiatan yang bisa kita lakukan pada saat pada masa pandemi ini, karena teknologi sekarang sudah sangat membantu sekali untuk kita melakukan sesuatu hal dengan mudah atau dipermudah dengan adanya teknologi pada saat ini. Kita sekarang jika kita tidak tahu tentang sesuatu hal bisa dengan sangat gampangnya bisa tau karena adanya perkembangan teknologi sekarang ini, kita bisa mudah mencari tahunya dengan google atau youtube untuk membantu kita.

Dan sekarang juga ada banyak aplikasi yang disediakan untuk membantu atau mempermudah kita, seperti contohnya aplikasi toko online sekarang sudah ada banyak sekali untuk kita bisa berjualan di aplikasi tersebut, bisa dibilang sekarang kita tidak usah untuk mempunyai atau membuka toko offline kita sekarang dengan sangat gampangnya untuk bisa berjualan secara online. Kita bisa memanfaatkan peluang ini untuk kita jadikan kegiatan yang bisa menhasilkan dan juga supaya ketika kita berada dirumah saja tetapi masih memiliki kegiatan yang sangat berguna, tidak hanya itu kita juga dengan adanya kegiatan ini secara langsung kita membantu untuk memutus mata rantai penulan covid.

Kegiatan yang bisa kita lakukan dikala pandemi ini adalah contohnya seperti membaca buku, belajar masak, olahraga dan banyak kegiatan lainnya lagi yang sangat bermanfaat untuk kita, daan ada kegiatan yang sangat saya sukai untuk mengisi waktu luang kita yang kosong ini, kegiatan itu adalah mendesain dan desain tersebut diasangkan atau disablon kedalam produk seperti baju, totebag dan nantinya produk itu saya jual di toko online yang sekarang tersedia dan sangat mudah untuk diakses orang.

Dibawah ini adalah beberapa contoh dari produk yang telah kami buat: 

Kebutuhan akan sandang merupakan kebutuhan primer setiap orang. Dari tahun ke tahun peningkatan dari produk ini sangatlah pesat. Untuk memenuhi tren saat ini diperlukannya unit usaha yang dapat menyediakan produk tersebut. Tetapi penyediaan produk yang berkualitas hanya sedikit yang kita jumpai di Pasaran karena kualitas dari pakaian yang dijual di Pasaran rata-rata adalah kualitas biasa.

Melihat peluang usaha yang tinggi dan semakin berkembangnya serta semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha baju yang dimana produknya berdasarkan update fashion masa kini dan kami juga akan menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen (order) sehingga konsumen bisa menikmati hasil pesanannya sesuai keinginan. 

Faktor Produk

Target yang dituju dalam usaha ini adalah pria dan wanita dengan kisaran usia 12-40 tahun, maka produk yang dihasilkan akan didesain dengan gambar dan bentuk yang unik, warna yang tidak norak, serta dapat mengikuti selera dan keinginan konsumen. 

Faktor Promosi
Untuk memudahkan pelaksanaan penjualan, dilakukan usaha promosi. Upaya yang telah dilakukan untuk strategi pengiklanan baru terbatas pada pembuatan brosur dan pamflet yang kami sebarkan ke sekolah-sekolah, dan tempat-tempat bimbingan belajar dan juga via internet. Strategi publisitas dan public relation penting untuk meningkatkan ketertarikan konsumen, apabila dilakukan dengan baik strategi ini dapat menunjang strategi-strategi promosi lainnya yang akan dilakukan. Kegiatan yang berhubungan dengan publisitas dan publik relation ini adalah keikutsertaan dalam even-even lokal seperti pameran kebudayaan dan festival-festival. Berikut program periklanan yang direncanakan secara terperinci 

Mind Maping

Kesimpulan

Kita harus sangat memanfaatkan waktu yang kita punya untuk bisa berguna, apalagi pada masa sekarang ini kita pastinya mempunyai waktu luang yang cukup banyak untuk bisa dirumah aja, tidak hanya itu pada zaman sekarang ini media sudah begitu pesat, informasi apa saja bisa diakses oleh seseorang dan teknologi sekarang juga sudah begitu maju, sayang kalau kita tidak bisa memanfaatkan momen ini untuk kita bisa produktif dan maju untuk mengubah hidup kta lebih baik dari pada sebelumnya. semua orang dianjurkan untuk di rumah saja, yang bertujuan untuk memutus rantai penularan covid. Semua ini dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga masyarakatnya dari berbagai hal yang tidak diinginkan dari adanya virus yang tengah menyebar luas. Yang penyebarannya bukan hanya di Indonesia tetapi juga menyebar ke seluruh belahan dunia. Semua orang juga turut merasakan dampak dari adanya pandemi Covid ini. Terlebih lagi pemerintah telah menerapkan program pshysical distancing yang dibuat agar masyarakat tidak membuat kerumunan. Pemerintah pun menghimbau masyarakatnya untuk melakukan semua kesibukannya di rumah saja, seperti halnya bekerja, belajar dan beribadah.


Daftar Pustaka
https://www.unpaders.id/read/2020/05/11/41/tips-memanfaatkan-waktu-luang-di-masa-pandemik-covid-19
https://kumparan.com/tugumalang/pemanfaatan-waktu-luang-untuk-produktivitas-diri-saat-pandemi-covid-19-1tgIJvklNcN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.