Minggu, Oktober 24

Bussiness Model

 

Nama              : Alfian Adhar

Kode Pebisnis : @S22-ALFIAN

 


Bussiness Model

            Konsep model bisnis pertama kali muncul sebagai judul sebuah jurnak akademik pada tahun 1960, namun istiah model bisnis sudah muncul sejak tahun 1957. Pengertian model bisnis terbagi menjadi 3 golongan yaitu sebagai berikut;

a)     Model bisnis sebagai metode

Yang berarti sebagai suatu cara untuk menciptakan nilai dalam usaha/bisnis

b)     Model bisnis dilihat dari komponen

Terdiri dari komponen produk, manfaat, pendapatan, aset, dan pengetahuan

c)     Model bisnis sebagai strategi

Yang berarti sebagai alat untuk merumuskan strategi usaha

 

            Model bisnis memiliki beberapa manfaat, diantaranya;

1.     Unggul dalam persaingan

Meskipun banyak pebisnis yang mungkin juga mempertimbangkan model bisnis, namun perbedaan dalam prosesnya yang akan menjadi faktor pembeda antara satu perusahaan satu dengan yang lain. Perusahaan dengan proses yang lebih baik tentu berpotensi unggul dari kompetitor.

 

2.     Menarik Perhatian Investor

Model bisnis yang bagus tentu akan menjadikan suatu bisnis/usaha terlihat lebih rapih dan menjanjikan, bukan tidak mungkin hal ini akan memikat para investor untuk menanamkan modal sebagai pendanaan.

 

3.     Manajemen keuangan yang rapih

Sebuah perusahaan tentu dapat membuat anggaran yang tepat dan lebih transparan mengenai proses produksi, jumlah tenaga kerja, dll.

 

 

 

Jenis-Jenis Model Bisnis

1.     Franchise (waralaba)

Model bisnis ini memungkinan seorang pengusaha pemua tidak perlu membuat sendiri bisnisnya, cukup dengan membuka bisnis yang sama seperti yang sudah ada di lingkungan. Saat ini bukan hanya bisnis di bidang kuliner saja, tapi bisnis penyedia jasa pun menawarkan franchise.

 

2.     Marketplace

Ini adalah media yang menjadi tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi (yang biasanya secara online).

 

3.     Dropship

Dropship artinya sistem penjualan di mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu (menyetok barang). Dengan skema bisnis yang sederhana, bisnis dropship juga bisa dilakukan di mana pun asalkan memiliki koneksi jaringan internet. Saat ini, banyak orang terjun ke bisnis satu ini.

4.     Subscription

Model bisnis di mana pelanggan diharapkan untuk membayar biaya berulang agar bisa mendapatkan akses ke produk atau layanan tertentu secara berkelanjutan. Model bisnis ini dimulai sebagai cara majalah dan surat kabar untuk menarik pembaca setelah audiens mereka beralih ke media digital.

 

5.     Manufacture

bisnis apa pun yang menggunakan komponen, suku cadang, atau bahan mentah untuk membuat barang jadi. Barang jadi ini dapat dijual langsung ke konsumen atau ke bisnis manufaktur lain yang menggunakannya untuk membuat produk berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.