Sabtu, Oktober 9

LANGKAH-LANGKAH MERAIH SUKSES DENGAN CARA MEREALISASIKAN IDE USAHA MENJADI KENYATAAN

 

Oleh DIRAN (@S06-DIRAN)


Abstrak

Salah satu kunci sukses adalah dengan merealisasikan, adanya kemampuan menuangkan ide-ide atau gagasan cemerlang yang kreatif dan inovatif dan mempunyai nilai ekonomi/komersial tinggi ke dalam sebuah Business Plan atau perencanaan bisnis yang matang dan realistis. Apapun jenis usaha yang akan kita jalankan. Lebih-lebih jika ditindak lanjuti dengan menuangkan langkah-langkah  sehingga dapat dikomunikasikan kepada pihak-pihak lain. Langkah-langkah perencanaan bisnis  adalah rencana-rencana tentang apa yang dikerjakan dalam suatu usaha ke depan meliputi alokasi sumberdaya, perhatian pada faktor-faktor kunci dan mengolah permasalahan-permasalahan dan peluang yang ada agar semua bisa terealisasi dengan baik.

Kata kunci : Realisasi, Usaha, Langkah perencanaan

PEMBAHASAN


          Pada dasarnya seseorang akan meraih sukses menjadi pengusaha  yang handal tidaklah mudah. Tetapi tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang, karena sebenarnya berwirausaha dapat dipelajari oleh setiap orang. Kemauan dan kemampuan untuk mengambil risiko merupakan salah satu nilai utama dalam merealisasikan ide usaha yang di buat. Merealisaikan ide usaha yang di buat tidak mau mengambil risiko akan sukar memulai atau berinisiatif, namun tidak hanya itu saja. Memulai usaha merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan usaha, oleh sebab itu memerlukan kiat yang tepat untuk memperoleh kesuksesan.

          Kata realisasi secara defenisi dapat diartikan dengan beberapa pengertian. Menurut kamus besar bahasa Indonesia di antaranya adalah; sebagai proses menjadikan, selain itu realisasi juga diartikan dengan pelaksaaan yang nyata, kemudian realisasi juga dapat diartikan cak wujud atau perwujudan.

        Usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil berupa keuntungan, upah, atau laba usaha Maka dari dua penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan realisasi usaha dalam Islam adalah proses atau pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh hasil berupa keuntungan.

           Ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan apabila seseorang ingin memulai merealisasikan ide uusaha, antara lain pilih bidang usaha yang Anda minati dan memiliki hasrat dan pengetahuan di dalamnya, perluas dan perbanyak jaringan bisnis dan pertemanan, pilihlah keunikan dan nilai unggul dalam produk/jasa anda, jaga kredibilitas dan brand image. Disamping itu dalam merealisasikan ide usaha sangat diperlukan kejujuran dalam usahanya, karena akan membawa keberhasilan dan kesuksesan dari akibat kepercayaan pelanggan.

          Secara garis besar, untuk merealisasikan ide usaha perlu adanya  perencanaan yang dapat di tulisakan dimulai dari Ringkasan, Statemen Misi, Faktor-faktor kunci, Analisis Pasar, Produksi, Manajemen dan Analisis Finansial seperti analisis Break Event dan lain-lainnya. Kebutuhan akan sebuah perencanaan ide usaha menjadi mutlak jika kita akan menjalankan suatu usaha, karena perencanaan usaha sendiri ibarat sebuah peta dan kompas untuk menjalankan bisnis. Dengan sebuah perencanaan kita dapat menetapkan tujuan utama usaha kita, skala prioritas, dan menetapkan cash flow. Sementara dengan perencanaan usaha yang baik akan menjadikan peluang sukses usaha kita semakin tinggi. Perencanaan busaha  yang baik sendiri adalah sebuah proses, bukan hanya sekedar perencanaan. Perencanaan usaha yang baik indikatornya antara lain: Sederhana (mengandung kemudahan dan kepraktisan) untuk dilaksanakan; Spesifik (konkret, terukur, spesifik dalam waktu, personalianya dan anggarannya), Realistik (realistik dalam tujuan, anggaran maupun target pencapaian waktunya) dan Komplit atau lengkap semua elemennya.

LANGKAH-LANGKAN MEREALISASIKAN IDE USAHA MENJADI  KENYATAAN


Kreativitas tentunya sangat dibutuhkan dalam menjalankan suatu usaha agar dapat memenangkan kopetisi pasar. Berfikir kreatif dengan terus menampung ide-ide yang baru dan menambah wawasan untuk mengembangkan bisnis anda.




1. Merancang Konsep

Merancang sebuah konsep adalah hal yang tak kalah penting untuk merancang bagaimana bisnis anda kedepannya. Membuat konsep yang spesifik dari ide usaha yang sudah di pikirkan, Pertimbangkan mulai dari target pasar, nilai pembeda, kelebihan produk, hingga peluang pada usaha yang kita buat.

2. Mempraktikan ide bisnis

Untuk mengetahui seberapa besar demand dari produk bisnis anda, maka anda harus melakukan uji coba pasar. Cobalah untuk mulai menawarkannya kepada teman atau keluarga anda lalu anda bisa meminta feedback berupa kritik dan saran terkait produk yang di buat.

3. Membuat catatan

Sebuah usaha hendaknya memiliki catatan untuk mencatat seluruh proses kegiatan yang ada dalm bisnis tersebut. Data dari hasil pencatatan ini akan sangat menolong anda untuk mengamati perkembangan bisnis, mengetahui jika ada kekurangan dalam bisnis, ataupun mengambil strategi untuk langkah berikutnya.

4. Deadline

Memiliki tenggat waktu atau Deadline sangat berguna untuk mendisiplinkan segala perencanaan dalam bekerja. Dengan Deadline tersebut, anda bisa menentukan pencapaian apa saja yagn telah diperoleh dari waktu-waktu yang telah anda tertapkan.

         5. Konsisten

Setelah anda melakukan beberapa hal yang ada diatas, selanjutnya anda harus mealukannya dengan konsisten, meskipun hal yang sederhana, tetapi konsistensi tersebut akan mengarahkan anda menuju kesuksesan dimasa yang akan dating.

6. Fokus

Saat anda membangun sebuah usaha, tidak selalu anda akan mendapatkan penghasilan yang besar. Ada banyak hal yang harus anda kerjakan agar usaha kita dapat tumbuh dan berkembang. Untuk itu anda membutuhkan fokus untuk pengembangan bisnis dan fokus kepada tujuan awal didirikannya usaha tersebut.

7. Evaluasi

Setelah melakukan peluncuran produk usaha yang di buat, pastinya kita memerlukan yang namanya evaluasi pada produk bisnis anda. Dengan adanya evaluasi ini, anda bisa mengetahui kekurangan dan kecacatan dari produk tersebut dan bagaimana cara untuk memperbaikinya.

Meski terdengar sederhana dan mudah, merealisasikan sebuah ide bisnis merupakan proses yang cukup panjang dan tentunya dengan tantangan-tantangan tersendiri. Proses ini akan cukup sulit, sehingga harus Rajin dan tekun dalam menjalankannya.

KESIMPULAN

Merealisasiakan ide usaha merupakan suatu hal yang penting agar bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses dalam melakukan usaha, oleh sebab itu memerlukan kiat yang tepat untuk memperoleh kesuksesan. Dengan cara menjalankan  beberapa langkah-langkah di atas tentunya seseorang yanhg ingin memulai usaha bisa meraih sukses.

 

Refensi

https://media.neliti.com/media/publications/17216-ID-business-plan-sebagai-langkah-awal-memulai-usaha.pdf

https://www.sketsaonline.com/8-langkah-pasti-dalam-merealisasikan-ide-bisnis-anda-menjadi-kenyataan/

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3326228/lakukan-7-hal-ini-untuk-merealisasikan-ide-bisnis-anda

https://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18240

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.