Jumat, Oktober 1

MENGEMBANGKA KREATIVITAS DALAM ENTREPRENEURSHIP

 MENGEMBANGKA KREATIVITAS DALAM ENTREPRENEURSHIP

 

Oleh : Mia Lestari (@S01-Mia)

 

Pendahuluan

            Seorang entrepreneur selalu dianjurkan untuk memiliki pola pikir yang diluar kebiasaan orang pada umumnya. Entrepreneur akan lebih sering menggunakan otak kanan untuk menghasilkan kreativitas-kreativitas baru. Seorang entrepreneur akan selalu memacu semangat dalam memotivasi diri. Seorang entrepreneur berpikir tentang hal-hal yang produktif, memikirkan masa depan dan kesejahteraan masyarakat, dan menciptakan cara untuk membantu mereka yang membutuhkan. Mindset atau pola pikir yang dimiliki oleh seorang entrepreneur yang kina kenal sebagai entrepreneurship.

            Oleh karna itu mengantisipasi era persaingan perdagangan bebas, banyak perusahaan di indonesia baik yang berskala besar, menengah maupun yang berskala kecil mulai menata ulang strategi persaingannya dengan melakukan kajian terhadap tujuan strategik perusahaan yang didasarkan atas kebutuhan pasar baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional, dan juga melakukan evaluasi yang intens terhadap kualitas produk, termasuk melakukan penilaian kinerja pemasaran.

Pembahasan

            Kreativitas merupakan daya menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatana perhatian, kemauan, kerja keras dan ketekunan. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang dalam menuangkan ide atau gagasan melalui proses berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu yang menuntut permusatan, perhatian, kemauan, kerja keras dan ketekunan. Sedangkan yang dimaksud dengan wirausaha adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha dalah wirausaha. Wirausaha adalah pioner dalam bisnis, inovator, penanggung resiko yang mempunyai penglihatan visi ke depan dan memiliki keunggulan dalam berprestasi di bidang usaha.

Proses inovasi di mulai dengan analisis sumberdaya kesempatan yang menjadi obyek. Inovasi bersifat konseptual dan perseptual, dapat dipahami dan dilihat inovator harus melihat bertanya dan mendengarkan orang lain dalam mancari inovasi. Mereka berfikir keras dengan segenap kamampuan otaknya, mereka melakukan perhitungan dengan cermat dan mendengarkan penapat orang lain.

 

 

Inovasi terdiri dari 4 jenis, diantaranya :

1.      Penentuan

Kreasi suatu produk, jasa atau proses baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Konsep ini cenderung disebut revolisioner.

2.      Pengembangan

Pengembangan suatu produk, jasa, atau proses yang sudah ada. Konsep seperti ini menjadi aplikasi ide yang telah ada berbeda.

3.      Duplikasi

Peniuan suatu produk, jasa, atau proses yang telah ada. Meskipun demikian duplikasi bukan semata mata meniru melainkan menambah sentuhan kreatif untuk memperbaiki konsep agar lebih mampu memenangkan persaingan.

4.      Sintesis

Perpaduan konsep dan faktor-faktor yang sudah ada manjadi formulasi baru. Proses ini meliputi pengambilan sejumlah ide atau produk yang sudah ditentukan dan dibantuk sehingga menjadi produk yang dapat diaplikasikan degan cara baru.

 

Cara mengembangkan kreativitas dan inovasi diantaranya :

1.      Mengenali hubungan

2.      Mengembangkan perspetif fungsional

3.      Gunakan akal

4.      Hapus perasaan ragu-ragu

 

Kesimpulan

Aktivitas bisnis memerlukan orang-orang yang inovatif, kreatif dan cepat tanggap terhadap setiap perubahan. Para paneliti mengatakan bahwa kreativitas menyangkut keputusan-keputusan tentang yang diinginkan dan bagaimana anda melakukannya dengan lebih baik. Tuntutan konsumen akan mutu produk dan jasa semakin tinggi, oleh sebab itu bagi wirausahawan sangat penting memperhatikan masalah mutu dalam proses produksi, pelayanan dan managemant.

 

Referensi

https://pdfcoffee.com/makalah-kreatifitas-dan-inovasi-pdf-free.html

http://bayrudin.blogspot.com/2018/04/makalah-kreativitas-dan-inovasi-dalam.html

https://journal.unindra.ac.id/index.php/usaha/article/view/503#:~:text=Kreativitas%20selalu%20dikaitkan%20dengan%20mengeluarkan,akan%20diterima%20oleh%20masyarakat%20luas.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.