Kamis, Oktober 28

Pemasaran Digital di tengah pandemi di saat ini

 

 

Disusun Oleh :

Aziz Ramadhan (41619110026)

(@S11-AZIZ)



BAB I

PENDAHULUAN

            Perkembangan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat berpengaruh bagi masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan bisnis baik pasar besar maupun pasar kecil agar dapat dikenal secara global. Dampaknya pun dapat meningkatkan volume penjualan dan profit. Digital Marketing sendiri adalah salah satu media pemasaran yang sangat memberikan pengaruh besar. Dengan menggunakan digital marketing seperti media sosial, dapat membantu meningkatkan penjualan para pebisnis atau pengusaha saat ini. Dengan adanya digital marketing masyarakat dapat mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup maupun keluarga dengan mudah. Digital marketing dipandang sebagai media yang paling baik sebagai sarana promosi yang paling efektif dan efisien serta mampu meningkatkan volume penjualan yang signifikan.

Apalagi di Era Pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat lebih memilih berbelanja online daripada offline sehingga berpeluang besar untuk menggunakan teknologi sosial media sebagai sarana penjualan. Seiring perkembangan zaman di era globalisasi saat ini teknologi dan informasi semakin berkembang pesat, terlebih lagi pada marketing yang sangat diperlukan oleh industri-industri yang bergerak pada bidang penjualan barang dan jasa. Apalagi saat ini sedang Pandemi Covid-19 berdampak hampir ke segala sektor kehidupan. Dampak pandemi virus corona (Covid-19) sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Karena Pandemi, banyak pelaku usaha terpukul, tutup dan merugi. Akan tetapi, selalu ada harapan di tengah pandemi. Sehingga, Pemasar harus putar otak untuk bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen, sebagai strategi brand bertahan di tengah pandemi virus corona. Para pelaku bisnis mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya.

Pemasaran digital adalah solusi yang berkembang dengan sangat pesat dan murah untuk menjangkau pelanggan secara maksimum tanpa batas apapun. Melalui penyesuaian digital marketing di mana Anda dapat menyampaikan pesan Anda hanya kepada pelanggan yang berpotensial dan banyak pelanggan baru dapat tertarik dengan menggunakan teknik yang berbeda. Pemasaran online memiliki banyak keuntungan bagi bisnis serta pelanggan, namun di sisi lain ada beberapa masalah yang berhubungan dengan internet marketing dan penggunaan teknologi dan popularitasnya di kalangan target pasar.

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

Apa itu Pemasaran Digital?

 

Pemasaran digital adalah pemasaran produk atau layanan dengan menggunakan teknologi digital melalui internet, media sosial, telepon seluler, atau media digital lainnya.

Ini juga merupakan istilah umum yang mencakup berbagai strategi pemasaran seperti Pemasaran Media Sosial, Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO), dan Pemasaran Email.

Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti media cetak, papan reklame, dan TV, pemasaran digital pada dasarnya didorong oleh data. Banyak platform periklanan digital populer saat ini menyediakan akses ke laporan kampanye untuk analisis data yang komprehensif.

Dengan kekuatan gabungan dari internet dan teknologi, Pemasar Digital saat ini dapat mengumpulkan dan menganalisis data dari perilaku pelanggan yang berbeda atau keterlibatan pengguna, memungkinkan mereka untuk memfasilitasi konten dan iklan yang lebih dipersonalisasi ke arah audiens yang ditentukan dengan jelas untuk keterlibatan dan hasil yang lebih baik.

Kenapa Harus Pemasaran Digital?

Tidak seperti pemasaran tradisional dan konvensional, pemasaran digital menawarkan manfaat berikut:

Dapat Dipantau dan Terukur

Kemajuan teknologi telah membuatnya cukup mudah untuk mengukur keefektifan kampanye pemasaran melalui dasbor analitik digital seperti Google Analytics, Google Data Studio, atau Adobe Analytics.

Melalui penerapan analitik digital, data yang dikumpulkan selama periode waktu tertentu berada tepat di ujung jari Anda dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Efisiensi dalam Optimasi

Munculnya platform media online telah memungkinkan pemasar untuk membeli ruang iklan di berbagai situs web dan aplikasi seluler dan meninjau laporan langsung dalam beberapa jam.

Ini memungkinkan pemasar untuk meninjau kinerja kampanye iklan dan membuat penyesuaian dengan cepat seperti mengoptimalkan materi iklan untuk meningkatkan keterlibatan audiens.

Jangkauan Luas dan Tertarget

Dengan miliaran pengguna di platform media sosial seperti Facebook, YouTube, dan LinkedIn, jangkauan Anda terutama dibatasi oleh anggaran Anda. Banyak dari platform media sosial ini juga memungkinkan Anda menargetkan iklan ke audiens tertentu, misalnya menurut demografi, dan minat, dan pola perilaku misalnya penargetan ulang.

Jenis-jenis Digital Marketing

Secara umum ada dua jenis digital marketing, yaitu:

a) Push digital marketing

Jenis digital marketing ini mengacu pada berbagai upaya mempromosikan produk atau jasa tanpa persetujuan awal dari calon konsumen.

Beberapa strategi marketing yang masuk dalam  kategori ini adalah pembuatan blog, website, beriklan di berbagai website, pengiriman email promosi ke email konsumen dan juga pengiriman SMS berisi promosi produk ke nomor ponsel orang-orang. Kelebihan dari digital marketing ini adalah menyediakan data yang lebih lengkap, mampu mentarget calon konsumen yang sesuai, bisa berlangsung secara konsisten dan juga bisa mengirim konten promosi tepat waktu. Kekurangannya meliputi biaya yang cukup tinggi, target calon konsumen yang tidak terlalu besar serta ada kemungkinan untuk sulit ditemukan.

b) Pull digital marketing

Tidak seperti jenis push digital marketing dimana calon konsumen berada pada sisi pasif atau hanya sebagai penerima, jenis ini mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan.

3 Pilar Pemasaran Digital

Ada 3 Pilar dalam Pemasaran Digital. Hal itu adalah:

  • User Journey
  • Saluran Pemasaran Digital
  • Materi Konten yang Kreatif

1. User Journey

Pilar pertama pemasaran digital adalah perjalanan pengguna atau user journey.

user journey adalah pertemuan dan interaksi pelanggan dengan merek Anda di semua saluran digital dan non-digital yang membentuk emosi dan persepsinya tentang merek Anda.

Ini biasanya dimulai dari tahap kesadaran dan berakhir pada tahap pembelian atau advokasi (loyalitas):

  • Kesadaran: Pelanggan pertama kali menyadari merek.
  • Pertimbangan (minat / evaluasi): Pelanggan perlu mengevaluasi keputusannya dan mempertimbangkan merek lain.
  • Pembelian (Keinginan / tindakan): Pelanggan siap untuk melakukan pembelian.
  • Advocacy (Loyalty): Pelanggan menyebarkan dari mulut ke mulut dan merekomendasikan merek tersebut kepada teman-temannya.

2. Saluran Pemasaran Digital

Pilar kedua dari pemasaran digital adalah saluran dimana Anda melakukan pemasaran.

Saluran pemasaran adalah media yang digunakan organisasi atau bisnis untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan pesan kepada konsumen.

Dalam digital marketing, saluran digital adalah jalan di mana pelanggan Anda mengetahui tentang bisnis Anda dan apa yang ditawarkannya. Dari sinilah lalu lintas (pengguna) Anda berasal.

Contoh saluran pemasaran digital meliputi:

  • Pencarian Organik (misalnya Google)
  • Penelusuran Berbayar
  • Display ads
  • Email
  • Media sosial
  • Refferal (mis. Lalu Lintas melalui situs web lain)

3. Materi Konten yang Kreatif

Pilar ketiga pemasaran digital adalah materi iklan dan konten.

Ini adalah konten dalam bentuk grafik visual, teks, dan video yang dibuat dan dipasarkan oleh merek Anda yang berinteraksi dan dicerna oleh pelanggan Anda, juga disebut sebagai content marketing.

Materi iklan berupa:

  • Spanduk iklan
  • Iklan video
  • Iklan teks

Sedangkan Isi berupa:

  • Artikel blog
  • Video
  • Infografis



Contoh Pemasaran Digital

Ada banyak jenis atau kategori pemasaran digital. Contoh pemasaran digital meliputi:

  • Pemasaran Media Sosial (SMM)
  • Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)
  • Pemasaran Mesin Telusur (SEM)
  • Email Marketing
  • Otomasi Pemasaran
  • Periklanan Digital
  • Pemasaran Konten

 

Strategi Digital Marketing di Era Pandemi

            Semenjak wabah Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, perilaku konsumen untuk berbelanja online mengalami kenaikan. Itulah sebabnya mengapa sebuah bisnis perlu melakukan strategi digital marketing selama pandemi. Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda dapat ditemukan oleh konsumen ketika mereka mencari sebuah jasa atau produk di internet. Pada dasarnya, digital marketing atau pemasaran digital adalah upaya pemasaran atau promosi yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau internet. Untuk melakukan jenis pemasaran ini, sebuah bisnis dapat menggunakan mesin pencari (Google), media sosial, email, atau situs web untuk menjangkau pelanggannya. Menyadari bahwa pandemi Covid-19 belum diketahui kapan akan berakhir, banyak bisnis yang menggunakan strategi digital marketing untuk bisa bertahan di masa sulit ini.

 

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

            Dalam perkembangannya, sebuah bisnis selalu mengaitkan sosial media sebagai salah satu alat yang paling efektif untuk berpromosi. Banyangkan saja jika bisnis yang kita jalankan tanpa adanya dukungan dari media sosial, pastinya marketing atau pemasaran tidak dapat berjalan dengan efektif dan sempurna.

            Sosial media marketing sangat penting bagi perkembangan bisnis terlebih lagi di era pandemi saat ini karena selain mudah digunakan, biaya yang dibutuhkan pelaku bisnis untuk menjalankan bisnis melalui sosial media juga murah. Serta digital marketing untuk bisa bertahan di masa sulit ini. Terlebih lagi karena masyarakat lebih memilih berbelanja online daripada offline atau datang ke toko terdekat. Pada masa ini, kegiatan pemasaran memerlukan kepekaan terhadap apa yang terjadi di pasar dan melakukan fleksibilitas untuk mengikuti perubahan cepat. Itulah sebabnya mengapa digital marketing kini menjadi solusi pemasaran yang pas khususnya di pandemi seperti saat ini. Setidaknya ada beberapa manfaat besar yang akan didapat apabila melakukan digital marketing di era Pandemi saat ini sehingga dapat meningkatkan penjualan dan penghasilan yang didapat.


DAFTAR PUSTAKA


https://www.dreambox.id/blog/pemasaran-digital-adalah-pengertian-dan-fungsi-dari-pemasaran-digital/

https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-pemasaran-digital-dan-strateginya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.