Selasa, Oktober 19

PENGELOLAAN KEUANGAN PADA BISNIS


Direview Oleh :

Rohmah Fitriani

Kode Pebisnis :

@S14-ROHMAH

 BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Di tengah pandemi bisnis memiliki banyak kemorosotan. Banyak gerai toko yang terpaksa ditutup karena Ccovid-19 yang terjadi di Indonesia. Banyak faktor yang menyebabkan ditutupnya sebuah usaha pada masa pandemi.

Salah satunya pengelolaan keuangan yang tidka tepat. Banyaknya pengeluaran yang tidak diimbangi dengan jumlah pemasukan yang didapat.

 Dalam memulai sebuah usaha, kita sebagai pengusaha tidak mungkin selalu mentargetkan bahwa usaha yang kita jalankan akan selalu sukses. Maka dari itu dalam kondisi yang serba sulit di era pandemi, pentingnya mengelola keuangan dengan benar agar tidak dapat merugikan dan membuat gulung tikar pelaku usaha.  

1.2 Rumusan Masalah

a. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan keuangan?

b. Bagaimana mengelola keuangan yang baik pada bisnis di era pandemi ?

c. Apa tujuan dari pengelolaan keuangan?


1.3 Tujuan

a. Mengetahui apa yang dimaksud dengan pengelolaan keuangan

b. Mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dalam memulai usaha

c. Mengetahui tujuan dari pengelolaan keuangan.


 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan keuangan adalah upaya yang dilakukan sebuah perusahaan dalam merancang kegiatan yang berkaitan dengan penyimpanan serta pengendalian dana dan aset. Pengelolaan keuangan adalah sebuah proses manajemen perusahaan, mulai dari perolehan dana hingga bagaimana dana itu dimanfaatkan untuk kemajuan perusahaan.Fungsi pengelolaan keuangan adalah :

1. Fungsi Planning, yakni sebuah perencanaan keuangan di perusahaan yang mencakup manajemen uang kas, perhitungan rugi laba, serta perencanaan cash flow.

2. Fungsi Budgeting merupakan kegiatan penganggaran untuk pengadaan barang/jasa. Anda harus menekan budget seminimal mungkin untuk meraih keuntungan yang lebih besar.

3. Fungsi Controlling fokus pada pengawasan dan evaluasi terhadap kondisi keuangan sehingga sistem keuangan berjalan dengan baik.

4. Fungsi Auditing mengarahkan Anda untuk memeriksa keuangan sesuai prinsip akuntansi untuk menghindari potensi penyelewengan dana.

5. Fungsi Reporting adalah kegiatan pelaporan kinerja keuangan. Prosesnya harus dilakukan secara terbuka karena laporan ini berisi informasi tentang kondisi keuangan perusahaan.

2.2  Tujuan Pengelolaan Keuangan Dalam Berbisnis

Setiap perusahaan yang ingin maju dan berkembang wajib mengelola keuangannya dengan benar. Beberapa tujuan pengelolaan keuangan antara lain:

1. Menjaga cash flow agar belanja perusahaan tetap terkendali.

2. Meningkatkan kinerja keuangan perusahaan dengan mengurangi budget yang tidak prioritas.

3. Membuat struktur modal menjadi lebih seimbang antara anggaran dengan dana yang terpinjam.

4. Pengelolaan keuangan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam kurun waktu yang panjang.

5. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, otomatis anggaran perusahaan akan semakin efisien.

6. Memaksimalkan modal perusahaan, salah satunya karena kepercayaan para investor yang semakin meningkat sehingga mereka bersedia meningkatkan investasinya.

7. Mengurangi biaya modal karena perencanaan yang tepat.

8. Mengurangi risiko kerja karena keputusan manajemen keuangan yang tepat.

 

2.3  Mengelola Keuangan Bisnis Secara Efektif

Mengelola keuangan adalah salah satu hal penting yang harus dipikirkan saat ingin memulai bisnis maupun menjalankan dan mengembangkan bisnis. Namun masih banyak pebisnis di luar sana yang mengalami kerugian hanya karena tidak mampu mengelola keuangan bisnis dengan baik. Berikut beberap acara dalam mengelola keuangan bisnis secara efektif

1. Menentukan persentase dalam pengelolaan keuangan

hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan berapa persen uang yang dialokasikan untuk operasional bisnis.Berapa persen target laba yang ingin dicapai, berapa persen uang untuk cadangan kas bisnis, serta berapa persen uang untuk pengembangan bisnis.

2. Melakukan Putaran Pada Kas

Mengelola keuangan bisnis juga meliputi bagaimana Anda mengelola utang, piutang, hingga persediaan.

3. Mengurangi Resiko Hutang

Sebisa mungkin kurangi risiko utang dalam menjalankan bisnis Anda. Mengembangkan bisnis dengan cara berutang memang diperbolehkan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dengan utang.Tambahan beban cicilan utang dalam kondisi keuangan yang kurang baik hanya akan memperburuk keadaan bisnis.

4. Merencanakan Pengembangan Bisnis
Pengembangan bisnis yang tepat menjadi salah satu bentuk investasi yang perlu dilakukan.Agar usaha semakin berkembang dan dapat menguasai pasar yang ada.

5. Membuat Pembukuan Keuangan
Bisnis tidak cukup dikelola hanya berdasarkan ingatan manusia. Perlu adanya catatan yang lengkap. Misalnya seperti membuat laporan keuangan, baik itu laporan laba-rugi maupun neraca. Cobalah dengan mencatat semua transaksi ke dalam pembukuan sederhana.

 

 

 


Mindmapping

 

 

.


BAB III

KESIMPULAN

 

3.1  Kesimpulan
Pengelolaan keuangan adalah upaya yang dilakukan sebuah perusahaan dalam merancang kegiatan yang berkaitan dengan penyimpanan serta pengendalian dana dan aset. Mengelola keuangan adalah salah satu hal penting yang harus dipikirkan saat ingin memulai bisnis maupun menjalankan dan mengembangkan bisnis. Pentingnya mengelola keuangan dengan benar salah satunya adalah menjaga cash flow agar belanja perusahaan tetap terkendali agar tidak dapat merugikan dan membuat gulung tikar pelaku usaha.

 

 

DAFTAR PUSAKA

 

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-5-cara-mengatur-keuangan-untuk-usaha-kecil/

https://bimbimo.com/keuangan/pengertian-pengelolaan-keuangan-tujuan-dan-fungsinya/

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-7-cara-mengelola-keuangan-bisnis-secara-efektif/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.