Jumat, Oktober 15

Proses Pengelolaan Keuangan

 Nama              : Alfian

Kode Pebisnis  : @S22-ALFIAN

 


 

Sebagai organisasi/perusahaan, keuangan atau permodalan sangatlah krusial sehingga pengelolaannya perlu dilakukan dengan ketat, karena keuangan dalam sebuah organisasi/perusahaan akan terus berputar sebagai modal di masa mendatang.

Untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu;

 

1.   Pisahkan antara rekening pribadi dengan rekening bisnis.

Untuk memudahkan mengelola bisnis, keuangan bisnis harus dipisahkan dengan keuangan pribadi, meskipun bisnis yang dijalankan masih berada dalam kategori kecil dan laba yang dihasilkan masih relative kecil, laba tersebut harus tetap diberikan penyimpanan sendiri. Karena jika tercampur dengan keuangan pribadi, laba dari usaha tersebut tidak akan terlihat perkembangannya.

 

2.   Pembukuan.

Setiap transaksi pengeluaran harus tercatat dalam pembukuan yang dikontrol secara rutin, dan dalam pencatatannya juga harus ada bukti dan keterangan yang jelas, hal ini bertujuan agar kelak dikemudian hari terjadi masalah keuangan, pencatatan beserta bukti dapat menjadi bukti dan acuan yang kongkrit.

 

3.   Hindari berhutang

Membuka catatan hutang sama dengan membuka pintu masalah, jika tidak dalam kondisi mendesak, sebisa mungkin hindari membuka hutang.

 

4.   Memonitor Cash-Flow

Dalam berbisnis di sebuah perusahaan akan terjadi transaksi keluar-masuk, termasuk di bidang keuangan pasti aka nada pemasukkan dan pengeluaran, hal ini yang harus di control secara periodic untuk memastikan setiap transaksi keluar dan masuk sesuai dengan catatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.