Kamis, November 25

ANALISIS PENGARUH EKSPOR & IMPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI

 ANALISIS PENGARUH EKSPOR & IMPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI

 

Oleh : Mia Lestari (S01-Mia)




Pendahuluan

1.       Pengertian Ekspor & Impor

·         Ekspor merupakan kegiatan atau aktivitas mengeluarkan produk dan barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan mengikuti standar peraturan beserta ketentuan yang berlaku. Kegiatan ekspor umumnya dilakukan oleh suatu negara yang mampu menghasilkan produk barang dalam jumlah besar dan jumlah tersebut sudah terpenuhi di dalam negeri.

·         Impor ialah suatu aktivitas atau kegiatan memasarkan produk barang dari daerah pabean atau membeli suatu produk barang dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam negeri.

 

1.       Analisa Pengaruh Ekspor & impor

 

                Ekspor merupakan salah satu faktor di balik pertumbuhan ekonomi yang sejalan dengan export-led growth hypotesis (ELG). Penelitian ini menganalisis hubungan antara pertumbuhan ekonomi dan ekspor Indonesia selama pertama kuartal dari 2001 sampai keempat kuartal dari 2015 . Ini mempekerjakan deskriptif analisis untuk menggambarkan gerakan ekspor dan pertumbuhan ekonomi selama periode penelitian dan model ECM untuk menganalisis jangka panjang dan jangka pendek efek dari ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi. Informasi yang tersedia menunjukkan d bahwa, selama masa studi, b lembaga lainnya ekspor dan pertumbuhan ekonomi menunjukkan sejenis kecenderungan meningkat .Hasil Model ECM mengungkapkan ekspor yang memiliki relatio positif dan signifikan secara statistik n kapal dengan pertumbuhan ekonomi, mendukung hipotesis dari ELG di Indonesia .

                Oleh karena itu, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, upaya yang diperlukan untuk meningkatkan para eksporkinerja di Indonesia. Peningkatan kinerja ekspor dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti perbaikan sistem administrasi ekspor, peningkatan penelitian dan pengembangan produk Indonesia, peningkatan sarana dan prasarana, stabilitas nilai tukar dan perluasan pasar non-tradisional, termasuk peningkatan ekspor.

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan ekspor & impor, diantaranya :

                  ·         Selera konsumen untuk barang barang yang diproduksi di dalam dan di luar negeri.

·         Harga barang-barang di dalam dan di luar negeri.

·         Nilai tukar (kurs) yang menentukan jumlah mata uang domestik yang diperlukan untuk membeli sejumlah mata uang asing.

·         Pendapatan konsumen di dalam dan di luar negeri.

·         Biaya membawa barang dari suatu negara ke negara lain.

·         Kebijakan pemerintah terhadap perdagangan internasional.


Kesimpulan

       Dapat disimpulkan bahwa jumlah ekpor dan impor sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal ini berkaitan dengan teori perdagangan internasional, apabila jumlah ekspor meningkat dapat diartikan permintaan barang atau jasa dari negara lain mengalami peningkatan maka di dalam negeri harus memproduksi barang dan jasa lebih banyak juga. Kenaikan barang impor akan menaikkan barang produksi yang diimpor dari luar negeri sehingga produktivitas dalam negeri semakin menurun yang akan menurunkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Referensi

https://www.gramedia.com/literasi/ekspor-impor/#:~:text=Mengenal%20Ekspor%20Impor%3A%20Pengertian%2C%20Tujuan%2C%20Manfaat%20dan%20Komoditasnya,-Written%20by%20Farah&text=Secara%20sederhana%2C%20suatu%20kegiatan%20menjual,dari%20luar%20negeri%20disebut%20impor.

http://jurnal.kemendag.go.id/bilp/article/view/185


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.