Senin, November 22

Cara Mendapatkan Buyer Internasional

 

Oleh : Alwan Nurfadli @S13-ALWAN



 Buyer artinya adalah Pembeli, Langganan. Karena kadang mereka memakai bahasa Indonesia campur Inggris sehingga kata yang bisa diterjemahkan dikira tidak atau itu dikira kata baru dalam sebuah jual beli online.

Sebagai seorang produsen, untuk menjaring para konsumen adalah sebuah tantangan tersendiri. Hal ini terlebih apabila anda adalah seorang pemula di dunia bisnis.

Kegiatan mengirim barang dari dalam negeri ke luar negeri atau istilahnya adalah ekspor pada suatu perusahaan memiliki manfaat tersendiri. Manfaat dari kegiatan ekspor antara lain:

·         Memperluas jangkauan pasar dari perusahaan

·         Meningkatkan besaran/skala produksi perusahaan

·         Meningkatkan daya saing dengan kompetitor

·         Meningkatkan pendapatan perusahaan

Apabila produk anda telah menjangkau luar negeri, tentu saja anda senang bukan? melihat produk anda berjajar rapih di rak supermarket mancanegara?

Itu mengindikasikan bahwa produk kita telah mampu bersaing di dengan produk global. Memang, menjual produk ke mancanegara bukanlah pekara yang mudah dikarenakan produk anda harus menyesuaikan terkait masalah bahasa, budaya, atau dalam hal hambatan pengiriman.

Tetapi, meskipun begitu bukan berarti hal ini tidak dapat diatasi samasekali.

Cara mencari pembeli dan pelanggan dari mancanegara (Luar Negeri)

Untuk sebagian UKM atau pebisnis baru, untuk menembus pasar internasional terlihat sulit. Tetapi meskipun begitu bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dicapai.

Apabila anda memperhatikan dan menerapkan cara-cara berikut, maka mengekspor produk anda keluar negeri bukan hanya menjadi angan-angan saja.

Berikut adalah cara untuk mencari pembeli dari luar negeri yang perlu anda pahami!

1 Pengetahuan yang memadai tentang pasar

Supaya produk anda dapat menembus pasar mancanegara, informasi serta pengetahuan terkait pasar yang ingin dituju atau dengan kata lain market intelligence butuh anda gali dan perdalam.

Cara yang dapat anda lakukan guna memperoleh informasi ini yakni survei pasar. Survei pasar dilakukan guna mendapatkan data terkait:

·         Kondisi pasar

·         Produk serupa yang ada dipasaran

·         Harga pesaing

·         Kualitas dan mutu barang

·         Dan lain-lain

Pengetahuan tentang pasar juga dapat dilakukan dengan cara mengikuti pameran internasional di mancanegara.

Saat anda datang pada pameran tersebut, anda akan mengetahui ciri dari pembeli yang berpotensi yang mana ditandai dengan keaktifannya dalam bertanya dan juga responsif saat pameran tersebut berlangsung.

Dengan ikut pada pameran internasional, anda dapat mengamati dan mempelajari terkait selera konsumen, sehingga modal yang anda miliki dapat meningkat  guna menembus pasar internasional.

2 Memperhatikan kualitas dari produk

Untuk melancarkan ekspor produk anda ke luar negri, tentu saja kualitas barang menjadi poin yang vital untuk diperhatikan. Sebelum melakukan kegiatan ekspor, anda perlu memastikan bahwa produk anda tersebut telah lolos standar internasional. Standar internsional tersebut telah dicapai kesepakatan bersama terkait dengan kemasan, mutu, serta kualitas barang yang akan dijual.

Adanya standarisasi internasional ini dapat menjadi cara guna produk anda beradaptasi dengan situasi dan kondisi negara yang anda tuju untuk ekspor.Sebagai contoh apabila anda ingin melakukan ekspor ke negara yang beriklim subtropis, maka anda harus memastikan bahwa produk anda akan tahan dengan kondisi cuaca dingin.

Apabila anda ingin melakukan ekspor produk yang terbuat dari kayu ke sebuah kawasan di Eropa, maka anda harus memastikan bahwa produk anda tersebut tidak akan mudah untuk mengalami pengeroposan saat musim dingin yang fluktuasinya cenderung ekstrem.

 

3 Mencari tahu database dari BPEN (Badan Pengembangan Export Nasional)

BPEN ialah lembaga pengelola kegiatan ekspor yang memiliki tugas untuk melakukan koordinasi serta pembinaan terkait pengembangan ekspor. Lembaga inilah yang melakukan pameran dan juga mengikuti pameran dagang yang diselenggarakan. Lembaga ini juga melakukan siaran pers apabila ada pameran dagang yang dilaksanakan pada suatu negara.

Apa tujuannya? tujuannya adalah supaya para produsen Indonesia berpartisipasi dalam pameran yang diadakan dan harapannya adalah mampu untuk mempertinggi kontak dagang antara produsen Indonesia dengan pembeli mancanegara.

4 Mencari informasi tentang database Kedutaan besar negara asing di Indonesia

Anda dapat mengetahui tentang pasar luar negeri yang akan anda tuju melalui kedutaan besar suatu negara asing yang berada di Indonesia.Kedutaan besar asing yang anda datangi dapat juga menjadi wadah untuk anda mulai menjaring pembeli secara spesifik.

Umumnya pada kedutaan besar terdapat perwakilan dari negara asing yang dapat membantu anda agar menemukan orang yang dapat anda hubungi untuk melakukan pengeksporan.

5 Memasarkan produk secara online

Ditengah pesatnya teknologi, mungkin anda sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk memanfaatkannya demi kepentingan produk dan perusahaan.Internet dapat anda manfaatkan untuk menjaring pasar luar negeri. Bukan hanya dengan mengikuti pameran, anda dapat menunjangnya dengan mulai membangun relasi pada dunia maya dengan memanfaatkan medium website.

Dengan adanya website yang sesuai dengan pasar, maka calon pembeli akan mendapatkan informasi secara rinci tentang siapakah kita, barang apakah yang kita hasilkan, bagaimanakah kualitas barang, dan lain-lain.

Satu yang perlu anda ketahui adalah, meskipun anda telah memiliki website itu tidak serta merta anda telah dapat menjaring pasaran dengan gampang.Mengapa demikian? karena dalam mengolah website dibutuhkan kemampuan lainnya sebagai pendukung semisalkan SEO atau Search Engine Optimization dan juga menentukan kata kunci atau keyword yang tepat.

Dengan demikian, anda akan semakin mudah serta semakin cepat untuk di index oleh mesin pencari seperti mesin pencari google, yahoo, dan lain sebagainya.Hal yang paling penting lainnya adalah anda harus memahami tentang sejarah dan seluk beluk dari ekspor.

Anda harus memahami terkait produk ekspor seperti mengerti tentang cara pembayaran antar negara yang biasa disebut dengan LC. LC atau Letter of Credit Ialah sebuah cara pembayaran internasional sehingga anda sebagai seorang pengekspor (eksportir) dapat menerima pembayaran tanpa harus repot untuk menunggu berita dari mancanegara setelah barang dan juga berkas dokumen dikirim pada pembeli yang berasal dari luar negeri.

Referensi:

v  https://centrausaha.com/mencari-buyer-pelanggan-luar-negeri/Henry Simamora, Manajemen Pemasaran..., hal. 411

v  https://www.menitinfo.com/2016/12/arti-kata-buyer-yang-sering-digunakan.htm

v  https://bukuwarung.com/letter-of-credit/

                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.