Senin, November 1

Melakukan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Oleh: Muhammad Angga Rizki Ade Pratama (@s24-PRATAMA)


Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh semua perusahaan yang tujuannya adalah untuk bisa mengenalkan produk yang telah dibuat atau diproduksi oleh perusahaaan tersebut. Pemasaran ini juga dilakukan oleh perusahaan supaya kegiatan yang berjalan didalam perusahaan tersebut berjalan dengan lancar karena pemasaran manfaatnya supaya bisa memasarkan produk kepada masyarakat atau calon konsumen produk tersebut. 
Menurut Stanton definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dan berpengaruh terehadap suatu bisnis atau usaha. Maka tidak heran jika setiap perusahaan melakukan berbagai macam strategi pemasaran agar dapat meningkatkatkan volume penjualannya. Dengan meningkatnya volume penjualan tersebut, maka perusahaan juga akan mendapat laba yang diinginkan. Semakin baik strategi pemasaran yang digunakan perusahaan tersebut maka akan semakin besar peluang perusahaan tersebut untuk memperluas pangsa pasar. Perkembangan dunia usaha pada saat ini menunjukkan adanya gejala persaingan yang semakin meningkat ke arah penguasaan pasar secara luas. Perusahaan besar maupun kecil, saling bersaing dan berpacu untuk merebut tempat pemasaran dengan berbagai macam cara dan usaha supaya perusahaan dapat menjual produk sebanyak-banyaknya pada konsumen yang membutuhkan. Untuk itu perusahaan harus mendapat pasar yang luas dengan metode strategi pemasaran yang telah di kuasai dengan baik. 

Strategi merupakan tindakan yang bersifat senantiasa meningkat dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan dimasa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inivasi pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetisi inti. Perusahaan perlu mencari kompetensi inti dalam bisnis yang dilakukan. Pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial, budaya, politik, ekonomi dan menejerial. Akibat dari pengaruh bebrbagai faktor tersebut adalah masing-masing individu maupun kelompok mendapat kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang memiliki nilai komoditas.

Untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dari melakukan promosi maka ada beberapa cara untuk melakukan promosi antara lain: melalui e-mail, melalui sms, melalui pembicaraan, melalui iklan, dan masih banyak media yang dapat digunakan. Dari semua media yang dapat digunakan, penelitian ini akan membahas pada promosi yang dilakukan oleh perusahaan melalui iklan. Terdapat bermacam-macam perusahaan yang memasang iklan baris di surat kabar untuk memberi informasi kepada konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh produsen. Iklan merupakan sarana yang digunakan untuk menginformasikan barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen. Dengan iklan produsen juga dapat menunjukan keunggulankeunggulan dari produk atau jasa yang ditawarkan sehingga memberi pengaruh kepada konsumen dalam keputusan pembelian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.