Senin, November 1

STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI TOKO BUSANA GRIYA KLAMBIE DEPOK

 Oleh Diran (@S06-DIRAN)

Dengan banyaknya toko busana yang menyebar di berbagai tempat meyebabkan ketatnya perasaingan dalam usaha tersebut. Persaingan ini membuat Griya Kalmbie harus mmebuat strategi pemasaran agar bisa meningkatkan omset penjualan dari hari ke hari. Selain itu strategi yang di susun bertujuan untuk mendapat gambara meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang sudah dilakukan. Hasil dari analisis efektifitas strategi pemasaran menunjukkan adanya peningkatan total penjualan setiap bulannya dan ini juga  sebagai acuan efektifitas strategi pemasaran dalam persaingan antara toko pakaian  yang lain.

Kata Kunci :  Strategi, Pemasaran, Meningkatkan Omset

 

PENDAHULUAN

Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. Dipandang dari luasnya permasalahan yang ada dalam perusahaan, maka diperlukan adanya perencanaan yang menyeluruh untuk dijadikan pedoman bagi segmen perusahaan dalam menjalankan kegiatannya, alasan lain yang menunjukkan pentingnya strategi pemasaran adalah semakin kerasnya persaingan perusahaan pada umumnya.

Menurut Assauri (2013), setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk mengembangkan usahanya. Tujuan tersebut dapat dicapai melalui usaha mempertahankan dan meningkatkan laba perusahaan dengan cara meningkatkan penjualan produknya. Pemasaran merupakan konsep kunci keberhasilan suatu bisnis dimana pemasaran dengan memperhatikan keinginan dan kebutuhan pemenuhan pelanggan untuk tercapainya kepuasan yang memberi dampak positif bagi perusahaan. Pemasaran juga merupakan salah satu bidang fungsional yang sangat penting dalam suatu organisasi bisnis sebagai penunjang bagi kelangsungan hidup suatu dunia usaha. Dalam usaha penjualan busana, pemasaran merupakan salah satu fungsi yang sangat penting, yang saat ini dipertimbangkan sebagai bagian dari manajemen karena meningkatnya persaingan usaha toko-toko baru akan mendorong berkembangnya usaha pemasaran toko pakain.

Menurut Chandra (2002:93), strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Program pemasaran meliputi tindakan-tindakan pemasaran yang dapat mempengaruhi permintaan terhadap produk, diantaranya dalam hal mengubah harga, memodifikasi kampanye iklan, merancang promosi khusus, menentukan pilihan saluran distribusi, dan sebagainya.

 

PEMBAHASAN

        Pada masa pandemic ini bisnis toko pakain masih diminati oleh banyak orang, walaupun tak jarang banyak juga dari pelaku bisnis ini terpaksa menutup usahanya dikarenakan sepinya pembeli. Salah satu penyebab toko baju  sepi pembeli adalah kurangnya strategi dalam pemasaran. Toko pakian Griya Klambie yang berada di daerah Sawanagn, Depok mempunyai strategi agar bisa bertahan dan bahkan bisa meningkatkan omset penjualannya. Griya Klambie dalam memasarkan produknya  dengan cara menggunakan perumusan strategi pemasaran yang bermula dari strategi segmentasi pasar (segmentation), strategi penentuan pasar sasaran (targeting), dan strategi posisi pasar (positioning). Selain itu juga dengan mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4 unsur yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion).

Berikut ini adalah strategi pemasaran yang di lakukan oleh Griya Klambie:

1. Strategi Segmentasi Pasar (Segmentation)

Strategi Segmentasi pasar yang di lakukan oleh Griya Klambie yaitu sebuah strategi yang dilakukan  untuk membagi kelompok konsumen ke beberapa kategori seperti kebutuhan, karakteristik maupun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu. Strategi ini juga sebagia proses identifikasi juga sebagai analisis pembeli terhadap produk dan keterkaitannya antara disparitas cirri konsumen yang ad adi pasar.

Kriteria yang dibutuhkan dalam segmentasi pasar yang di lakukan oleh Griya Kalmbie antara lain:

a.      Segmentasi geografis, secara geografis tidak ada pengkhususan

b.     Segmentasi demografis, secara demografis segmentasi pasarnya adalah konsumen yang dari segala umur, pria / wanita dewasa, remaja dan anak-anak dan juga kelompok tertentu.

c.      Segmentasi psikologis: konsumen yang dibidik yaitu konsumen yang ingin berpenampilan santai pada setiap harinya dan juga konsumen yang ingin mencari seragam olah raga maupun seragam untuk touring.

d.     Segmentasi perilaku: secara perilaku tidak ada segmentasi, namun profil resiko konsumen dalam pembelian akan ditentukan sendiri yang sesuai.


2. Strategi Penentuan Pasar Sasaran (Targeting):

Setelah melakukan segmentasi pasar, langkah selanjutnya yang di lakukan oleh Griya Kalmbie adalah menjalankan strategi penentuan pasar sasaran (Targeting).  Strategi ini di lakukan bertujuan untuk mempermudah mencapai segmen pasar yang ingin diraih tepat sasaran,dengan cara menjual pakaian yang berkualitas, harga terjangkau sehingga konsumen merasa puas dengan pelayanan Griya Klambie.

3.Strategi Posisi Pasar (Positioning):

Griya Klambie menentukan posisi pasar  berfokus pada penciptaan citra atau persepsi unik dari produk yang di jual kepada pelanggan. Beberapa hal yang di lakakuan oleh Griya Klambie dalam menjalankan strategi pasar antara lain, Berinovasi membuat design khusus yang disesuikan dengan konsep Griya Klambie, Memperbaiki produk dan juga pelayanannya . Keuntungan Griya Klambie dalam menjalankan Strategi posisi pasar antara  lain:

a.      Mendapatkan peningkatan omset

b.     Mendapatkan keunggulan yang kompetitif

c.      Mudah menjual produk-produk baru

 

4. Bauran Pemasaran Pakaian (Marketing Mix):

Marketing Mix atau bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang dapat menentukan kesuksesan perusahaan dalam mengejar profit atau keuntungan maksimal. ... Strtegi Bauran yang di jalankan oleh Griya Kalmbie terdiri dari 4 P, yaitu:

Ø  Produk (product) ,

Ø  Harga (price),

Ø  Tempat (place),

Ø  Promosi (promotion)

  • Dalam menjalankan bauran pemasaran Griya Klambie menentukan, Produk yang tepat sasaran, harga yang layak dan terjangkau, saluran distribusi yang baik, serta promosi yang efektif. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat serta promosi ditetapkan dengan cermat, agar kepuasan konsumen serta keberlanjutan usaha dapat terwujud.
  • Produk Produk pakain yang di jual oleh Griya Klambie merupakan design yang ngetrend dan di gandrungi oleh para konsumen dan sudah disesuaikan dengan melakukan survey pasar, baik dari Celana, kemeja, kaos dll. 
  • Griya Klambie menetapkan harga, penetapan harga ini merupakan salah satu elemen penting. Harga ditetapkan berdasarkan perhitungan besarnya biaya yang dibutuhkan (biaya bahan baku, harga pokok produksi, biaya promosi) ditambah dengan presentase keuntungan yang diinginkan. Harga yang ditentukan beragam sesuai dengan desain, bahan dan tingkat kesulitan produksi produk yang diinginkan konsumen.

 

KESIMPULAN

Dalam usahnya dalam meningkatkan daya saing dan meningkatkan omset penjulan,  Griya Kalmbie di Sawangan Depok melakukannya dengan menggunakan strategi pemasaran.

  1. Griya Kalmbie memiliki segmentasi secara yang luas, yaitu konsumen Pria / Wanita Dewasa, Remaja dan Anak-anak serta group/kelompok.
  2. Target pasar produk Batik Diajeng Solo adalah konsumen batik seragam dan kombinasi bagi perusahaan, event organizer, pabrik, hotel, instansi pemerintah maupun sekolah.
  3. Posisi pasar Pakain yang di jual oleh Griya Kalmbie tetap memfokuskan disesuikan dengan konsep Griya Klambie, dengan design yang elegan dan menarik konsumen, juga menyajikan pakaian seragam olagraga dan juga selalu  memperbaiki produk serta pelayanannya .
  4. Dari segi bauran pemasaran, yang di lakukan oleh Griya Kalmbie yaitu membuat produk sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen. Strategi harga yang di berikan bervariasi,artinya ada yang murah dan ada yang mahal sesusai dengan kualitas bahan yang di gunakan. Griya Klambie selalu berinovasi kreatif dalam meluncurkan produk-produk yang di jualnya.

SARAN

            Kedepannya Griya Klambie diharapkan juga menjalankan  program loyalitas pelanggan untuk menjaga membuat para pelanggan selalu puas dan selalu ingin balik lagi, selain itu juga melakukan pemasaran dengan cara selalu memperbaiki produk-produk yang inovatif dan di sesuikan dengankebutuhan konsumen dan mampu bersaing di pasar. Penjualan offline maupun online juga di sesuikan dengan trend pemasara yang ada saat ini dan di sesuiakan dengan keinginan konsumen.

Referensi:

Sunarti, Zainal Arifin dan Dimas Hendika Wibowo,2015,  “ STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo)” Dikutip dari: https://media.neliti.com/media/publications/86529-ID-analisis-strategi-pemasaran-untuk-mening.pdf

https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/30/154848969/targeting-definisi-dan-kriteria-pemilihan-target-pasar

https://pintek.id/blog/segmentasi-pasar/

https://belajarekonomi.com/posisi-pasar/

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-strategi-positioning-produk-untuk-persaingan-usaha/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.