Senin, November 1

seberapa pentingnya digital marketing

 

Seberapa pentingnya digital marketing

Disusun

Radius bagas yoga (@S12-RADIUS)

 





 

Pendahuluan

Marketing adalah upaya untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan. Upaya tersebut dilakukan dengan beberapa aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan hingga strategi pengembangan produk. 

Marketing berperan besar bagi perkembangan sebuah bisnis. Bisa dikatakan tidak ada bisnis yang sukses tanpa upaya marketing yang baik

Digital marketing berasal dari dua kata yaitu 'digital' dan 'marketing' yang artinya pemasaran digital. Atau dapat juga diartikan sebagai sistem pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet, dalam hal ini bisa berupa website, sosial media, ataupun platform lainnya.

Pembahasan

Heidrick & Struggles (2009)

Menurut Heidrick dan Struggles, digital marketing memanfaatkan perkembangan dunia digital untuk periklanan yang tidak terlalu digembar-gemborkan namun memilki efek yang sangat besar.

Kleindl dan Burrow (2005)

Menurut Kliendl dam Burrow, arti dari digital marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi. Atau bisa juga diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

Dalam dunia bisnis, semakin banyak orang yang mengetahui tentang usahamu, maka semakin cepat pula bisnismu memperoleh transaksi. Digital marketing memiliki peranan penting dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui metode yang lebih praktis dibandingkan metode pemasaran tradisional.

Selain mempermudah perluasan pasar, digital marketing juga dapat membantu sebuah bisnis untuk selalu mendapatkan dengan sistem promosi pasif.

Manfaat dari digital marketing

1.      Mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang direncanakan



Melalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik.

Dengan digital marketing pula kamu dapat melayani semua pelanggan tanpa secara langsung sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini tentu akan membuang waktu lebih banyak. Dengan ranah digital, kamu bisa memberikan pelayanan kapanpun dan di manapun secara real-time dan jauh lebih efisien

2.      Meningkatkan profit bisnis yang dijalankan



Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat ini adalah fitur transaksi berbasis online. Karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu. Bahkan ketika bisnis yang kamu jalankan masih dalam tahap perkembangan, sangat memungkinkan digital marketing membuat produk kamu banyak dicari dan dibeli oleh konsumen. Tentu saja, itu akan membuat bisnis mu mendapatkan lebih banyak profit jika dibandingkan pemasaran offline.

3.      Menghemat Biaya Pemasaran

Manfaat yang paling dinikmati oleh para pebisnis adalah biaya jauh lebih murah dibandingkan pemasaran yang dilakukan secara konvensional atau tradisonal. Jika sebelumnya kita mengeluarkan biaya untuk brosur, baliho atau buat iklan di radio maupun televisi, digital marketing dapat menghemat biaya promosi tersebut.

4.      Sarana Penghubung yang Baik

Digital marketing telah menciptakan beragam cara untuk tetap terhubung seara langsung dengan konsumen. Walaupun belum mengenal satu sama lainnya, dengan digital marketing ini bisa melakukan engangement atau meraih konsumen dengan membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen. Oleh sebab itu, digital marketing menjadi sangat diminati karena bisa lebih dekat dengan konsumen.

Tujuan dari digital marketing adalah

1.       Engagement

Media digital saat sudah semakin canggih, kita bisa mengukur engagement audiens di semua platform media untuk mengetahui sejauh mana kegiatan promosi yang dilakukan. Platform digital marketing seperti email, media sosial, dan website semuanya bisa mengukur engagement.

2.      Awareness



Awareness merupakan salah satu kunci agar bisnis dikenal banyak orang, jika bisnis sudah dikenal oleh khalayak umum maka tak menutup kemungkinan angka penjualan akan naik. Tujuan digital marketing kali ini bisa digunakan oleh semua perusahaan, dari besar hingga skala ukm sekalipun.

3.      Publikasi Konten atau Edukasi

Kadang, perusahaan harus memastikan penyebaran informasi kepada khalayak ramai. Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab terhadap stakeholder. Tujuan publikasi konten ini untuk memastikan jumlah konten dan sebaran audiens yang menerima konten tersebut.

4.       Relasi Pelanggan

Tujuan digital marketing selanjutnya yaitu menawarkan cara yang efisien agar selalu bisa hadir untuk konsumen. Banyak perusahaan sudah mencoba relasi pelanggan, contohnya seperti membalas pertanyaan umum, komplain, dan lain sebagainya.

5.       Penjualan

Tujuan utama dari digital marketing tak lain adalah untuk meningkatkan penjualan, dengan promosi yang dilakukan, harapannya banyak audiens yang tertarik dan beralih menjadi pembeli, dan pembeli beralih menjadi konsumen tetap.

Refrensi

1.      https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-marketing/

2.      https://www.dewaweb.com/blog/digital-marketing-lengkap/

3.      https://dosenekonomi.com/bisnis/

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.