Senin, November 1

TIPS JITU MENGAET KONSUMEN DENGAN STRATEGI PEMASARAN

 

OLEH :

ANNISA SUCI KURNIAWATI

(@S08-ANNISA)


ABSTRAK

              Pemasaran produk adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Ada banyak strategi pemasaran produk yang dapat diterapkan oleh para pengusaha maupun perusahaan di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Meski demikian, beda perusahaan, beda juga cara memasarkan produk yang bisa diterapkan. Untuk itu, penting untuk membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan perusahaan.

Penetapan strategi pemasaran digunakan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasaran. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.[2] Perencanaan strategi pemasaran dilakukan dengan mengembangkan keunggulan bersaing dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran

Kata kunci : Strategi pemasaran,fungsi dan tujuan

PENDAHULUAN

            Pemasaran produk merupakan kunci utama, untuk menjadi adaptasi para pelaku usaha akan persaingan yang sedang dihadapi. Dengan pemasaran produk,para pelaku usaha dapat membaca peluang usaha yang ada,cara untuk menjangkau customer , bahkan tau kekurangan dan kelebihan terhadap produk yang diciptakan dengan produk sebelumnya.

 

PEMBAHASAN


A.    PENGERTIAN STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran adalah tujuan dan sasaran pemasaran perusahaan yang digabungkan menjadi satu rencana yang komprehensif. strategi pemasaran adalah strategi yang dirancang untuk mempromosikan barang atau jasa sehingga akan menghasilkan keuntungan. Dalam konteks ini, kata 'barang' berarti sama dengan 'produk'

B.    FUNGSI STRATEGI PEMASARAN

Terdapat empat garis besar yang dapat menjelaskan tentang fungsi strategi pemasaran. Berikut ulasannya:

  1. Terdapat standar penilaian prestasi kerja anggota pada bidang usaha maupun perusahaan. Dengan standar ini, maka pengawasan kualitas dan mutu bisa menjadi semakin efektif.
  2. Sebagai alat bantu dalam meraih berbagai tujuan perusahaan dalam jangka waktu panjang dan pendek.
  3. Untuk mengatur jalannya bisnis. Sehingga, koordinasi tim pemasaran bisa berjalan secara efektif dan sesuai dengan target.
  4. Akan meningkatkan motivasi pada bisnis yang tengah dilakukan. Strategi pemasaran mengharuskan para pelaku bisnis agar bisa memperkirakan jalannya bisnis pada masa yang akan datang. Serta bisa memberi semangat usaha sehingga bisnis bisa berjalan optimal.

C.      TUJUAN STRATEGI PEMASARAN

1.      Menjadi kegiatan dalam pengembangan kemampuan bisnis agar bisa melakukan adaptasi.

2.      Untuk dasar pemikiran dalam pengambilan keputusan pemasaran.

3.      Dipakai untuk media ukur dari hasil pemasaran berdasar pada standar prestasi yang telah ditentukan.

4.      Supaya tim pemasaran bisa meningkatkan kualitas koordinasi diantara individu-individu di dalamnya.

D.     KONSEP STRATEGI PEMASARAN

Terdapat konsep khusus dalam strategi pemasaran produk atau jasa, agar saat melaksanakannya lebih terarah.

Berikut konsep khusus strategi pemasaran.

a. Segmentasi Pasar

Anda perlu melakukan klasifikasi market terlebih dahulu, karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda.

Klasifikasi yang bersifat heterogen menjadi satuan pasar yang bersifat homogen.

b. Positioning Market

Tentukan pola yang spesifik agar Anda mendapatkan konsumen yang sesuai dengan bisnis Anda.Pola ini dibuat agar mendapatkan posisi kuat dalam market yaitu segmen yang bisa menguntungkan bisnis.Hal ini dilakukan karena tidak ada perusahaan yang dapat menguasai kebutuhan pasar.

c. Market Entry Strategy

Salah satu strategi yang bisa ditempuh perusahaan jika ingin memiliki posisi yang kuat pada satu segmen saja adalah market entry strategy.Konsep strategi pemasaran ini dapat dilakukan jika perusahaan Anda ingin memasuki pada segmen pasar tertentu.

Hal-hal yang bisa Anda lakukan yaitu

·             Membeli perusahaan lain

·             Internal Development

·             Kerjasama dengan perusahaan lain

d. Marketing Mix Strategy

Strategi marketing mix yaitu kumpulan dari banyak variabel yang digunakan perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen.Berikut variabel yang terdapat pada marketing mix.

·             Product

·             Price

·             Place

·             Promotion

·             Participant

·             Process

·             People Physical Evidence

 

e. Timing Strategy

Disini perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik di bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.Ini adalah merupakan penjabaran dari timing strategy pada konsep strategi pemasaran.Dengan pemilihan waktu yang tepat, Anda dapat melakukan beberapa persiapan konsep strategi pemasaran di bidang produksi.Selain itu, Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.

Bagaimana Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Efektif?

Untuk bisa memiliki strategi pemasaran yang efektif, Anda perlu mengetahui pesaing Anda dan mengetahui bahwa apa yang Anda tawarkan kepada klien memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh pesaing (FAB ANALYSIS- fitur, keunggulan, dan manfaat).Setelah itu, tentukan target pasar Anda dengan cara menentukan demografis dan psikografis karena ini akan membantu untuk mengetahui mengapa mereka perlu membeli produk atau layanan dari Anda.

Tetapkan tujuan dan proses seperti ini:

• Analisis posisi di pasar: identifikasi target audiens, persaingan dan apa yang terjadi di perusahaan. Selain itu, tentukan aspek mana yang kuat dan mana yang harus Anda optimalkan.

• Tetapkan tujuan: buat merek dan tujuan penjualan yang dapat dicapai, kemudian tentukan jangka waktu untuk mencapainya.

• Rancang taktik: setelah Anda memeriksa lanskapnya, buat garis tindakan berdasarkan strategi yang Anda ketahui.

• Menerapkan kontrol: tentukan bagaimana Anda akan mengukur pencapaian tujuan dan bagaimana Anda mengharapkan kinerja tersebut meningkat secara bertahap.

 

MIND MAPPING

 


SUMBER REFERENSI

https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-tepat/

https://id.wikipedia.org/wiki/Strategi_pemasaran

https://accurate.id/marketing-manajemen/10-strategi-pemasaran

https://www.kuncie.com/posts/strategi-pemasaran-produk

https://www.wartaekonomi.co.id/read340149/apa-itu-strategi-pemasaran?page=2

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.