Senin, November 1

Memahami Digital Marketing

 

Oleh : Alwan Nurfadli @S13-ALWAN

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Tentunya para ahli dalam digital marketing memiliki definisi masing-masing. Adapun pengertian digital marketing menurut para ahli adalah sebagai berikut, apa saja itu?

1. Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blogwebsitee-mailadwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

2. Kleindl dan Burrow (2005)

Pengertian digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi.

Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

3. Heidrick & Struggles (2009)

Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan

Traditional Marketing

Sebelum masuk ke dalam kelebihan digital marketing, sebenarnya apa saja medium pemasaran untuk digital marketing dan juga traditional marketing? Untuk digital marketing sendiri, ada:

·         Search Engine Optimization (SEO): memanfaatkan search engine untuk marketing dan promosi.

·         Iklan online: memasang iklan di beberapa media sosial dan platform lainnya, seperti Google, Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan lainnya.

·         Email marketing: memanfaatkan email blasting untuk melakukan promosi.

Sedangkan untuk traditional marketing, ada:

·         Memasang iklan di media cetak, seperti koran, majalah, brosur.

·         Memasang iklan di billboard.

·         Menghubungi pelanggan via telepon atau SMS.

·         Menggunakan media promosi seperti katalog dan kartu pos

Dari perbedaan di antara keduanya, sudah terlihat jelas bahwa digital marketing sudah berhasil memanfaatkan teknologi terbaru pada saat ini untuk promosi. Selain itu, masih ada lagi kelebihan digital marketing dibandingkan traditional marketing. Diantaranya adalah :

1.      Menjangkau banyak orang

Dengan menggunakan teknologi internet, digital marketing memberikan akses luas kepada perusahaanmu dalam memilih target konsumen. Tidak hanya menargetkan orang-orang lokal, namun kamu juga bisa melebarkan target konsumen kamu se-Internasional. Karena internet menghubungkan dan dapat diakses semua orang dari seluruh belahan dunia, maka pesan yang kamu sampaikan dapat menjangkau orang banyak dalam waktu yang bersamaan.

2.      Hemat biaya

Digital marketing memiliki biaya yang jauh lebih murah daripada traditional marketing. Hal ini dikarenakan kamu dapat memasarkan produk kepada orang banyak sekaligus. Kalau kamu menggunakan traditional media, untuk menjangkau orang banyak, kamu harus siap membayar mahal, seperti beriklan di tv atau memasang billboard di jalan. Sedangkan melalui digital marketing, kamu dapat menggunakan social media. Meskipun berbayar, tapi prosesnya akan lebih efektif dan efisien, dan hasilnya juga memuaskan.

3.      Adanya interaksi dengan konsumen

Masalah interaksi antar perusahaan dan konsumen ini telah dipecahkan oleh kemunculan digital marketing. Media seperti social media memungkinkan kamu untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Mereka bisa memberikan feedback terhadap informasi yang kamu sajikan, dan sebaliknya, kamu juga bisa memberikan solusi langsung terhadap masalah yang mereka ungkapkan.

4.      Branding

Dengan mengoptimalkan konten marketingmu, kamu bisa melakukan branding melalui digital marketing. Channel seperti website, social media, dan email juga Greader bisa manfaatkan untuk membangun identitas brand kamu secara personal.

5.      Biaya Pemasaran Lebih Murah

Digital marketing lebih murah ketika sudah diterapkan. Dengan pemanfaatan teknologi yang ada, sudah pasti tidak memakan biaya sebesar traditional marketing. Apalagi jangkauannya lebih besar dan lebih cepat juga. Inilah mengapa digital marketing lebih baik digunakan sejak dini. Semua perusahaan bisa menggunakan digital marketing tanpa terkecuali.

 

Strategi Digital Marketing

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian.

Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti websiteblogs dan indografis.

2. Content Marketing

Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli.

Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online.

3. Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan  media sosial.

4. Pay-Per-Klik (PPC)

PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya.

5. Native Advertising

Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

6. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah ketika Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.

7. Sosial Media Marketing

Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand.

Akan tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.

Mengapa Digital Marketing Penting Bagi Bisnis/Usaha

Di era yang serba digital sekarang ini, pemasaran digital (digital marketing) menjadi metode baru yang sangat berperan penting dalam memasarkan suatu bisnis, terutama bisnis seperti online shop.

Digital marketing dapat membangun, meningkatkan, dan mempertahankan reputasi suatu bisnis secara online di semua platform digital.

Dengan semakin mudahnya akses internet saat ini, jumlah pengguna internet pun semakin meningkat setiap harinya. Orang-orang lebih sering menghabiskan waktu di internet.

Kegiatan berbelanja pun kini lebih banyak dilakukan secara online, ini berarti pemasaran offline tidak seefektif dulu.

Digital marketing membantu suatu bisnis menjangkau lebih banyak audiens daripada melalui metode konvensional. Selain dapat menjangkau lebih banyak audiens, digital marketing juga lebih hemat biaya dan terukur.

 

 

Referensi:

·         https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

·         https://toffeedev.com/blog/kelebihan-digital-marketing-dibanding-traditional-marketing/

·         https://garudacyber.co.id/artikel/1078-5-kelebihan-digital-marketing-dibanding-traditional-marketing

·         https://www.suara.com/bisnis/2021/06/18/080228/pentingnya-peran-digital-marketing-dalam-membantu-kesuksesan-bisnis?page=all#:~:text=Digital%20marketing%20membantu%20suatu%20bisnis,lebih%20hemat%20biaya%20dan%20terukur.

 

                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.