Senin, November 22

Menjaga Hubungan Dengan Pembeli

 

Oleh: Muhammad Angga Rizki Ade Pratama (@S24-Pratama)


Pendahuluan

Sebuah bisnis pastinya menginginkan kegiatan serta aktivitas yang berjalan diperusahaan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan tidak mengalami hambatan. Dengan itu semua maka biasanya perusahaan menginginkan sebuah sistem yang akan berjalan siperusahaan tersebut bisa menggunakan sistem yang terbaik sehingga perusahaan tersebut bisa mencapai tujuannya dengan cukup mudah, tidak hanya sistem saya yang perusahaan inginkan melainkan perusahaan juga ingin memiliki perencanaan yang sangat teratur, terstruktur dan saling berkaitan sehingga nantinya aktivitas atau kegiatan yang berjalan diperusahaan tersebut bisa berjalan mengikuti rencana yang telah dibuat, tidak hanya itu saja dengan adanya perencanaan yang matang ini maka perusahaan bisa meminimalisir kesalahan atau hambatan yang akan timbul ketika aktivitas perusahaan tersebut berjalan. Dengan menerapkan sistem yang baik dan perencanaan baik maka perusahaan tersebut nantinya akan siap dengan aktivitas dan hambatan yang hadir tetapi tidak hanya itu saja ada juga faktor penting yang harus ada dalam sebuah perusahaan yaitu adalah tenaga kerja atau SDM yang memiliki kemampuan dan berkompeten pada bidang yang diberikan kepada tenaga kerja tersebut didalam perusahaan. Karena dengan adanya SDM yang berkompeten pada bidangnya maka perusahaan akan terbantu dan bisa menjalankan kegiatan perusahaan dengan baik dan benar.


Pembahasan

Pada semua perusahaan pasti menginginkan bisnis yang mereka sedang jalankan bisa melakukan atau menjalankan kegiatan yang terencana dan tertata dan pastinya perusahaan menginginkan bisnis yang mereka jalankan bisa mengalami perkembangan setiap harinya sehingga perusahaan tersebut bisa mendapatkan profit yang selalu meningkat sesuai dengan berkembangnya pelanggan atau pembeli yang datang untuk membeli produk yang sudah dibuat oleh perusahaan tersebut. Maka biasanya perusahaan tersebut melakukan segala cara untuk bisa mendapatkan hati para pelanggan baru, biasanya para perusahaan melakukan kegiatan promosi yang tujuannya nantinya menarik pelanggan baru untuk bisa mengenal tetang keunggulan yang ada pada produk perusahaan tersebut. biasanya kegiatan promosi ini perusahaan berusaha untuk bisa mengenalkan kelebihan, ciri khas, dan pembeda dari produk lain sehingga para pelanggan baru biasanya akan tertarik dengan adanya kelebihan lain dari produk tersebut.

Setelah para pelanggan baru tersebut mengenal dan mengetahui ciri khas yang ditawarkan oleh produk tersebut maka biasanya para calon pelanggan tersebut pola pikir atau mindset tersendiri untuk terus membeli produk tersebut, contohnya adalah produk dari Aqua pasti masyarakat yang ingin membeli air mineral bilang "saya ingin beli aqua" padahal aqua tersebut meruakan merek dari perusahaan yang menediakan produk air mineral tetapi masyarakat kita memiliki pikiran atau sudah tertanam diotak mereka bahwa aqua ini adalah air mineral bukan dari merek salah satu perusahaan, hal ini disebabkan karena aqua ini memiliki ciri khas dan sudah sangat dikenal oleh banyak konsumen di indonesia sehingga produk aqua ini sangat laku dan dikenal dibandingkan dengan produk lain yang ada dipasaran.

Dengan itu juga maka kita juga harus menjaga hubungan dengan para pelanggan sehingga produk yang telah kita buat memiliki citra yang baik dimata pelanggan atau konsumen kita yang sudah mengenal produk kita. Dengan kita menjaga hubungan dengan para konsumen juga maka nantinya para pelanggan tersebut biasanya akan merekomendasikan keteman, dan keluarga mereka karena mereka percaya dengan kualitas produk yang telah kita tawarkan pada produk yang telah kita buat. Sangalah penting untuk perusahaan menjaga hubungan baik dengan konsumen atau pelanggan karena biasanya nanti pelanggan akan memeberikan masukan serta saran untuk produk kita dan nanti sara serta masukan tersebut bisa kita jadikan untuk evaluasi serta saran terbut nanti membuat kita bisa meningkatkan kualitas produk kita agar semaik lebih baik lagi manfaat lain dari saran ini juga membuat perusahaan kita melakukan perkembangan dengan adanya evaluasi yang terjadi juga. Ada beberapa cara agar kita bisa menjaga hubungan dengan para pelanggan kita yaitu adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pemenuhan harapan pelanggan
  • Komunikasi yang intens kepada pelanggan contohnya aalah menyediakan Customer service
  • Minta pelanggan untuk memberikan umpan balik atau sara dan kritik
  • Tunjukkan penghargaan atau loyalitas kepada pelanggan
  • Aktif di media sosial
  • Dapat memecahkan masalah dalam perusahaan
  • Cobalah untuk tidak menolak atau berbohong kepada pelanggan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.