Senin, November 29

PERMINTAAN PASAR DI ERA PANDEMI

 Direview Oleh :

Rohmah Fitriani  @S14-ROHMAH

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Semenjak virus Covid-19 menyebar diseluruh dunia permintaan pasar mulai berubah. Banyak usaha-usaha yang terpaksa tidak dapat beroperasi seperti sedia kala bahkan sampai ada yang mengalami penurunan omset dan juga gulung tikar.

Industri pakaian merupakan salah satu contoh yang terdampak pandemi Covid-19  ini. Banyak brand terkemuka dunia yang menutup toko nya karena tidak ada pemasukan. Itu berarti permintaan pasar di era pandemi mengalami perubahan.

Pakaian bukan menjadi kebutuhan penting lagi di era pandemi Covid-19. Dengan menyebarnya virus Covid-19 ke seluruh belahan dunia dan tingginya angka penularan, maka yang paling dibutuhkan oleh masyarakat dan bahkan menjadi kebutuhan pokok adalah Hand sanitizer(pembunuh kuman), sterilizer, disinfektan, alat pembunuh kuman, dll. Permintaan pasar yang berubah di era pandemi menuntut pelaku usaha untuk dapat memenuhi permintaan yang ada.

1.2 Rumusan Masalah

a. Mengapa permintaan pasar di era pandemi berubah

b. Apa saja yang perlu dilakukan pelaku usaha dalam menangani permintaan pasar yang berubah?

c. Apa saja hal positif apa yang dapat diambil ketika permintaan pasar mengalami perubahan?

1.3 Tujuan

a. Mengetahui mengapa permintaan pasar saat pandemi berubah.

b. Mengetahui apa yang dilakukan ketika permintaan pasar mengalami perubahan.

c. Mengetahui hal positif yang dapat diambil dari perubahan pasar yang terjadi.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Perubahan Permintaan Pasar Di Era Pandemi

Pandemi COVID-19 memang menyebabkan kepanikan di pasar keuangan. Banyak industri yang merasakan dampak dari situasi ini, misalnya travel, hospitality, makanan dan minuman, otomotif, serta hiburan. Dalam situasi seperti ini, banyak perusahaan dan brand menahan aktivitas pemasarannya untuk sementara waktu. Beberapa bahkan menahan aktivitas tersebut hingga situasi mulai normal dan terkendali. Hal ini menyebabkan berkurangnya aktivitas pemasaran secara umum.

Merujuk pada crisis persona milik ADA, minat berbelanja masyarakat Indonesia tidak hilang. Terutama untuk belanja online, minat tersebut justru tumbuh pesat selama situasi krisis ini berlangsung. Dengan ditutupnya mayoritas pusat perbelanjaan, belanja online menjadi pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan, mulai dari harian hingga hobi.

Tetapi mengalami perubahan permintaan di pasar, yang paling tinggi terhadap sabun pembersih pembunuh kuman, hand sanitizer, sterilizer, masker dan alat pembunuh kuman lainnya. Tingginya jumlah kasus di Indonesia membuat masyarakat menjaga keluarga dengan membeli pembersih anti kuman dan juga masker untuk menghindari penyebaran Covid-19.

2.2  Pelaku Usaha Ketika Terjadi Perubahan Permintaan Pasar

Pentingnya pelaku usaha dalam memahami permintaan konsumen. Dalam setiap bisnis dan usaha, yang paling penting adalah konsumen. Karena konsumen ini yang akan menjadi faktor penentu apakah bisnis bisa bertahan atau tidak. Sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan permintaan konsumen agar bisnis tetap bisa diterima di kalangan masyarakat. Untuk bisa meningkatkan permintaan dari konsumen tersebut ada beberapa strategi yang bisa dilakukan yaitu:

a. Tentukan Standar yang Dibutuhkan untuk Mengelola Permintaan
Banyak diantara perusahaan yang mengelompokkan permintaan konsumen pada beberapa hal seperti jenis produk yang diinginkan, daerah geografis di sekitarnya serta tipe pelanggan yang dihadapi. Selain itu selalu bersiaplah untuk mengubah cara dalam memprediksi permintaan sesuai dengan perubahan-perubahan yang bersifat tidak terduga, maupun dari faktor “eksternal” lalu mulai membuat rencana dari hal tersebut.

b. Memastikan Semua Proses Berjalan Dengan Baik
Perencanaan yang telah dibuat sebelumnya merupakan bagian dari proses perencanaan pelaksanaan maupun penjualan. Kedua hal tersebut tidak bisa berdiri secara terpisah. Rencana bisnis yang sifatnya mengintegrasikan aktivitas lintas-perusahaan adalah hal yang penting untuk dibuat.

c. Tidak Terlalu Bergantung Kepada “Ramalan” atau Prediksi Secara Penuh
Prediksi bisa membantu dalam menentukan suatu rencana, tapi ada baiknya untuk tidak terlalu bergantung kepada hal tersebut. Karena permintaan pelanggan sifatnya unik. Sehingga alih-alih terus mengandalkan prediksi, dan mulai membuat sebuah terobosan baru dan menantang prediksi yang ada.

d. Kembangkan Produk Komplementer
Produk tambahan ataupun komplementer akan mengalihkan perhatian konsumen dari permintaan awalnya. Dengan begitu pengusaha memiliki waktu untuk mengevaluasi permintaan konsumen yang sebelumnya, dan berusaha untuk memenuhi permintaan tersebut dengan sebaik mungkin.

e. Membuat SOP yang Mudah Dinilai dan Diamati
Dengan meletakkan SOP utama sebagai tolak ukur, dan selalu melakukan evaluasi setiap saatnya maka tentu akan cepat diambil tindakan jika terjadi kesalahan.

f. Lakukan Proses Kolaboratif, Tidak Melulu Soal Statistik
Pembelajaran, pengalaman, dan pengetahuan lapangan juga penting dan tidak bisa didapatkan dan dikerjakan oleh suatu sistem. Karenanya penting juga untuk menggunakan feeling maupun intuisi pengusaha untuk bisa memenuhi semua dan mengelola permintaan tersebut.

g. Jadikan Kesalahan Prediksi untuk Feedback Positif
Apabila sebelumnya terjadi kesalahan dalam hal prediksi, maka jadikan itu sebagai ajang untuk mendapatkan feedback positif. Hal ini akan mengarahkan pengusaha untuk bertindak melakukan pengelolaan permintaan dengan baik dan layanan yang lebih maksimal.

h. Menghasilkan Produk yang Berkualitas
Penting untuk melakukan hal ini sebab dengan hal ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dihasilkan, juga meningkatkan permintaan masyarakat. Selain itu hal ini juga bisa membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dihasilkan. Dengan begitu akan terjadi pembelian selanjutnya yang sifatnya berkelanjutan.

i. Melakukan Riset Dengan Selalu Melihat Kebutuhan Pasar
Memanfaatkan hasil survey maupun testimonial yang pernah diberikan oleh konsumen merupakan cara jitu untuk menjaga permintaan tetap tinggi. Lakukan riset apa saja yang sedang disukai oleh masyarakat, lalu hal apa yang bisa memenuhi permintaan masyarakat tersebut.

j. Berikan Penawaran Produk Untuk Konsumen Baru
Tidak perlu memberikan yang besar, pengusaha bisa melakukan pemotongan harga ataupun memberikan produk kecil sebagai suvenir. Hal ini tentu akan memancing kepuasan konsumen, dan meningkatkan permintaan untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkan.

2.3  Fungsi Permintaan Pasar

Fungsi permintaan diidentifikasikan dengan terdapatnya jumlah barang sesuai permintaan serta sederet faktor pendukung lain seperti hukum permintaan yang berlaku pada pasar. Suatu produk yang mengalami kenaikan harga akan secara otomatis memicu penurunan permintaan terhadap produk tersebut. Demikian pula sebaliknya, bila harga barang menurun, permintaan terhadap barang juga akan meningkat drastis.

Fungsi permintaan pasar ialah munculnya hubungan antara jumlah barang dan harga yang kerap berbanding terbalik. Perbandingan itu terjadi ketika harga barang turun karena permintaan yang meningkat. Begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu, demi mewujudkan sebuah keseimbangan, terjadilah suatu kondisi kompetisi bisnis di antara kalangan produsen sehingga para konsumen pun akan berkompetisi dalam meraih barang yang diinginkan.

 

Mindmapping

 



BAB III

KESIMPULAN

 

3.1  Kesimpulan 

Permintaan adalah suatu proses dalam meminta sesuatu atau sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak terbatas. Pentingnya pelaku usaha dalam memahami permintaan konsumen. Dalam setiap bisnis dan usaha, yang paling penting adalah konsumen. Karena konsumen ini yang akan menjadi faktor penentu apakah bisnis bisa bertahan atau tidak. Sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan permintaan konsumen agar bisnis tetap bisa diterima di kalangan masyarakat. Dalam menjalankan suatu usaha, kita memang perlu mengetahui adanya tingkat penawaran serta permintaan yang tepat demi mewujudkan keseimbangan pasar. Setelah pandemi covid menyebar di seluruh penjuru dunia, perilaku dan permintaan pasar terkait suatu barang berubah. Dengan adanya perubahan ini, diharapkan sebagai pelaku usaha dapat memahami permintaan konsumen.




DAFTAR PUSAKA

Lubis, M Syahran W. 2020. Begini Perubahan Perilaku Konsumen Gara Gara Korona. Dalam:https://ekonomi.bisnis.com/read/20200414/12/1227101/begini-perubahan-perilaku-konsumen-gara-gara-corona (Diakses 15 November 2021).

Gie. 2020. Memahami Permintaan Konsumen dan 10 Strategi Untuk Meningkatkannya. Dalam:https://accurate.id/marketing-manajemen/memahami-permintaan-konsumen/ (Diakses 15 November 2021).

Ramadhani, Niko. 2021. Keseimbangan Pasar Pengertian Proses Serta Fungsinya. Dalam:https://www.akseleran.co.id/blog/keseimbangan-pasar/ (Diakses 15 November 2021). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.