Senin, November 29

Siapkah mencoba Trading

 

Siapkah mencoba Trading

Disusun

Radius bagas yoga siswantoro (@S12-RADIUS)



Pendahuluan

Dimasa sekarang kita sering mendengar trading banyak juga penyedia layanan dan banyak juga mulai menggeluiti di bidang trading , bahkan para kaum mudah lebih melirik dengan trading , trading juga memiliki unsur seni mengapa demikian karena kita juga harus bisa melihat dimana membeli saham atau kapan kita menjual saham kita apabila sudah dinilai kita meliki profit

Pembahasan

Trading secara umum merupakan konsep ekonomi dasar yang meliputi kegiatan jual beli barang dan jasaTrading tidak hanya bisa dilakukan dengan orang-orang dari negeri yang sama, tetapi juga secara global yang disebut dengan perdagangan internasional, dalam kita melakukan trading khususnya bagi seorang pemula banyak hal yang yang harus diperkirakan atau dipelajari langkah – langkah tersebut adalah

1.      Trading di instrumen yang tepat

Dalam kita melakukan trading tentunya kita harus pintar untuk memilih mana yang sesuai jangan langsung menentukan tanpa pertimbangan efek buruk yang didapatkan akan gulung tikar tanpa adanya pemebakalan yang lebih lanjut

2.      Bersikap realistis
Realistis terhadap hasil trading. Jangan mikir 
trading for living dulu. Kecuali Anda luar biasa beruntung, jangan berharap mengubah modal trading $100 menjadi $ 100.000 dalam sekejap. Justru fokus trading sebenarnya adalah bertahan hidup. Kalau Anda berharap terlalu muluk, Anda hanya akan kecewa, frustrasi, nekat dan akhirnya gagal. Sejak awal memulai trading, berpikir dan bersikaplah realistis (kecuali Anda sangat-sangat beruntung). Sayangnya tidak ada orang yang sangat-sangat beruntung.

3.      Disiplin
Setelah memiliki sistem trading, trader harus disiplin menjalankannya. Sayangnya, hal ini sering tidak terjadi. Kegagalan trader umumnya terjadi karena tidak mematuhi sistem trading yang telah ditetapkan. Terutama mengenai aturan keluar pasar atau cut loss. Kebanyakan trader tidak mau cut loss, akibatnya kerugian menumpuk super bengkak. Trader tersebut akhirnya berakhir dengan margin call atau uangnya habis.

4.      Catat Keberhasilan dan Kegagalan
Catat rekam jejak trading, pelajari apa yang bisa ditingkatkan. Trader yang sukses biasanya membuat catatan, jurnal aktivitas perdagangan di mana ia dengan hati-hati mencari tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak. Dengan menggunakan jurnal, Anda akan tahu kelemahan yang perlu diperbaiki.

5.      Mulai dengan dana jumlah kecil
Salah satu tips terbaik untuk trading adalah memulai dengan jumlah dana kecil. Setelah profit konsisten baru tambah. Jumlah dana yang besar tidak menjamin trading lebih mudah. Sama saja. Jika Anda tidak bisa trading dengan baik, pakai uang sejuta, semilyar, setriliun tetap saja akan habis.

Selang berkembangnya perkembangan dan banyak yang beralih ke trading mulai muncul robot trading , apa itu robot trading


robot trading sejatinya merupakan algoritma indikator yang diprogram untuk membantu menganalisa pasar secara teknikal atau grafik. Artinya, robot trading sebatas menjadi tools yang membantu para trader.

Tentunya dengan menggunakan robot trading pasti memiliki keuntungan , keuntungan dari robot trading adalah

1.    Bekerja 24/7

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, robot trading akan bekerja setiap saat tanpa beristirahat. Mengingat robot ini akan mengawasi serta melihat pergerakan pasar setiap saat dan melakukan tindakan yang tepat. Sehingga keuntungan Anda tidak akan terlewatkan.

2.    Menangkap Peluang Lebih Cepat

Manusia memiliki keterbatasan, mempunyai rasa lelah dan perlu beristirahat sehingga sangat sulit untuk melakukan trading sendiri. Dengan menggunakan robot trading, Anda dapat memindai pasar, mendapatkan peluang berdasarkan parameter, melihat pergerakan pasar dan mengambil tindakan dengan cepat dan tepat.

3.    Menangkap Peluang Lebih Cepat

Manusia memiliki keterbatasan, mempunyai rasa lelah dan perlu beristirahat sehingga sangat sulit untuk melakukan trading sendiri. Dengan menggunakan robot trading, Anda dapat memindai pasar, mendapatkan peluang berdasarkan parameter, melihat pergerakan pasar dan


mengambil tindakan dengan cepat dan tepat.

Tentunya selain ada keuntungan pasti juga ada kekurangan dari robot trading tersebut , kekurangannya adalah

1.    Memerlukan Pemantauan

Meskipun robot trading sangat keren dan banyak membantu trader, namun tetap membutuhkan pantauan dari trader-nya. Sehingga Anda tetap harus bekerja dan memastikan robot trading melakukan tugasnya dengan baik. Semoga nantinya ada robot yang benar-benar melakukan tugasnya sendiri.

2.    Memerlukan Biaya

Tentu dalam menggunakan robot trading Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Biaya ini digunakan untuk membayar sewa server virtual pribadi. Ini bukanlah hal yang buruk dan worth it dilakukan, karena Anda akan merasakan manfaat robot trading. jadi, Anda tidak perlu takut mengeluarkan sedikit biaya untuk keuntungan besar.

Dengan pembabaran atau penjelasan mengenai trading tentunya ada segi positif dan segi negatif dalam trading tergantung bagaimana kita memanfaatkan dan pintar – pintar membaca situasi yang tepat dalam segala hal .

Refrensi

1.      Modul 13.

2.      https://investasi.kontan.co.id/news/mengenal-lebih-jauh-soal-robot-trading-beserta-keuntungan-dan-risikonya

3.      https://www.sahamok.net/robot-trading

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.