Senin, November 29

TOKO BUSANA GRIYA KLAMBIE BERPOTENSI MENGEMBANGKAN BISNISNYA MENGEKPOR KE LUAR NEGERI

 OLEH

DIRAN (S06-DIRAN)


Abstrak

Ekspor merupakan salah satu kegiatan perdagangan internasional yang memiliki peranan penting bagi perekonomian dari sebuah negara. Pakaian merupkan salah satu sekian banyak produk buatan Indonesia yang menjadi salah satu komoditas utama dalam perdagangan yang di pasarkan di luar negeri,  dan ditunjukkan oleh tingginya permintaan untuk komoditas pakaian jadi. Hal tersebut menjadi peluang bagi pertumbuhan industri pakaian jadi dalam negeri, tidak hanya untuk memenuhi konsumsi domestik tetapi juga untuk memperluas pasar luar negeri.

Kata kunci: ekspor pakaian jadi, Griya Klambie, Mengembangkan Bisnis


 PENDAHULUAN

Bisnis Pakain merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan karena, pakaian merupakan kebutuhan semua orang. Seperti yang kita ketahui pakaian digunakan manusia sehari-hari untuk melindungi tubuhnya dari berbagai macam gangguan yang tidak nyaman dan berbahaya. Pakaian dapat melindungi tubuh dari gesekan kulit dengan benda lain, cuaca dingin, hujan, terik matahari, gangguan serangga, kotoran dan debu serta hal-hal lainnya. Maka dari itu untuk melebarkan sayapnya agar bisa berkembang melayani konsumen lebih luas Griya klambie menjalankan bisnis ekpor ke berbagai Negara di luar negeri. Toko Busana Griya Kalmbie menawarkan berbagai macam pakaian pada konsumennya, seperti pakain Pria / Wanita Dewasa, Remaja dan anak-anak.

Berbagai macam jenis pakain seperti T-shirt, Shirt, Suit, Blouse, Pijamas,  Trousers, Shorts, Jeans, Tights, Cuff, Sleeves, Swimsuit, Jacket dan lain sebagianya, jenis ini  dipilih sebagai produk yang ditawarkan pada konsumen karena adanya kebutuhan masyarakat akan produk tersebut. Terutama pada kelompok kelas upper-middle, yang memiliki kebutuhan akan produk pakaian yang berkualitas. Kelompok kelas upper middle memiliki kebutuhan untuk tampil dengan fashion busana yang terlihat berkelas yang menunjang profesinya. Hal demikian dikarenakan penampilan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam kegiatan sehari-hari serta saat menghadiri acara-acara tertentu yang menuntutnya untuk berbusana dengan style/mode yang berkelas. Toko Busana Griya Klambie dalam hal ini hadir untuk melayani para pelanggan kelas upper-middle dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan busana yang berkualitas yang mengikuti trend terkini dan mudah dijangkau lokasinya oleh kalangan upper-middle di manapun berada beradan baik local maupun luar negeri.


 PEMBAHASAN




Griya Klambie merupakan jaringan bisnis pakaian yang berpusat di Jakarta timur dan memiliki berbagai chanel toko dan agen / distributor di berbagai wilayah di Indonesia, Dalam menjalankan bisnisnya Griya Klambie bekerja sama dengan pabrik /Konveksi dan berbagia orang yang terdiri dari pemodal, penyalur/pemasaran, distribusi,  agen maupun penjualan melalui toko ofline. Griya Klambie sudah mempunyai pelanggan baik dari dalam maupun luar negeri, di sinilah awal mula Griya Klambie memperdagangkan pakaiannya hingga keluar negeri. 

Awal mulanya bayer yang datang ke Griya Klambie dari berbagai Negara Luar seperti Negeria, Kanada, Singapura, Malaysia, Eropa datang melihat-lihat dan memilih jenis dan desain yang di ada, dan jika tidak ada bisa request desain yang di inginkan dan nantinya Griya Klambie akan membuat gambar 2D MAPUN 3D dan akan bekerja sama dengan pabrik/Konfeksi untuk dibuatkan bergai sample pilihan pakaian custom yang di minta oleh bayer tersebut.

Saat ini Griya Klambie sudah mempunyai bayer tetap dan menjalin kerja sama dari berbagai negara tersebut sehingga jika bayer mengingkan produk yang akan di order cukup mudah, apalagi pada zaman modern seperti saat ini semua bisa di lakukan secara online baik pemesanan, diskusi maupun sistem ordernya. Untuk pengajuan sample fisik memang masih di kirim langsung ke negara tujuan, ada juga dari bayer yang memang mempunyai perwakilan kantor yang berada di Indonesia sehingga sangat mudah dan cepat dalam mengambil keputusan dan tindakan.

Dalam meng-ekpor pakaian, saat ini Griya Klambie masih bekerja sama dengan agen yang mempunyai dokumen persyaratan ekpor dan bahkan dalam besar kami masih minta tolong pabrik yang kirim langsung, maka dari itu dengan adanya peluang ini Griya Klambie akan mencoba memulai ekpor sendiri dan mencoba mengurus persyarata-peesyaratan yang telah di tetapkan oleh pemerintah. Untu syarat utama yaitu modal sudah bekerja sama dengan rekan-rekannya, dan persyaratan ekpor yang belum lengkap akan segera di penuhi.

Dari buku-buku panduan dan bimbingan para ahli untuk memenuhi persyaratan menjadi importer yang harus di lakukan Griya Klambie di antaranya adalah:

  • Memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Memiliki Tanda Daftar Perusahaan  (TDP
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Memiliki Surat Keterangan Asal Barang (SKAB)
  • Proforma Invoice, Invoice
  • Certificate of Orign (COO)
  • Shipping Instuction
  • Packing List
  • Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)
  • Dan dokumen-dokumen lain sesuai peraturan pemerintah

Untuk kriteria persayaratan di atas sudah punya, begitu juga dengan kriteria persyaratan ekpor pakain jadi maupun Negara yang di tuju juga sudah ada.

Bagi yang belu tahu SKA,  ini  adalah sebuah dokumen yang disusun berdasarkan ketentuan-ketentuan yang diatur dalam perjanjian bilateral, regional dan multilateral, serta ketentuan sepihak dari suatu negara tertentu yang akan menyertai barang ekspor dari Indonesia saat memasuki wilayah negara tertentu. Surat ini membuktikan bahwa barang tersebut sepenuhnya dibuat dan/atau diolah di Indonesia.

Terdapat 2 jenis SKA dalam perdagangan internasional, yaitu:

  1. SKA Preferensi SKA yang berlaku sebagai syarat untuk mendapatkan preferensi untuk barang ekspor tertentu, sehingga barang tersebut akan mendapatkan pengurangan atau pemotongan tarif yang diberikan oleh negara yang memberikan hak istimewa tersebut.
  2. SKA Nonpreferensi SKA ini berlaku sebagai dokumen pengendali atau dokumen asal barang yang disertakan dalam barang ekspor agar dapat memasuki suatu negara asing.

Dengan kata lain dokumen keterangan asal merupakan dokumen pelengkap barang ekspor dan impor yang menunjukan asal barang sesuai dengan ketentuna Rules Of Origin (ROO). Manfaat dokumen keterangan asal barang sebagai eksportir yaitu, pengurangan dan penghapusan bea masuk, mencegah free rider dalam komoditi ekspor, mentapkan negara asal barang, persyaratan pencairan L/C, pelaksanaan pengamanan perdagangan dan data statistic dan repeat order.

 

 

Dalam mengembangkan bisnisnya melalui ekport ini bertujuan:

  • Meningkatnya penjualan dan pendapatan, karena dengan mengekspor merupakan salah satu  cara memperluas pasar dan penjualan.
  • Peningkatan daya saing.
  • Mengurangi kerentanan maka dengan cara berekspansi ke pasar luar negeri, bisa mencapai kesuksesan semata pada pasar domestik. 
  • Mendapatkan Keuntungan yang lebih besar
  • Meningkatkan skala ekonomi agar lebih tinggi karena semakin tinggi penjualan maka akan semakin rendah biaya produksinya.
  • Meningkatan nama Bnagsa di mata dunia internasional bisa membantu mempertahankan daya saing di pasar global.
  • Meningkatnya pembangunan ekonomi di tingkat nasional dan daerah.

Untuk pengiriman Griya Klambie masih bekerja sama dengan perusahaan Cargo.

 

KESIMPULAN

Untuk mengembangkan bisnis pakaian, Griya Klambie mencoba mengekspor pakaian yang di sediakan melalui kerjasama dari berbagai rekan dari mulai pemodal, penjual, maupun pihak pengiriman termasuk expedisi dan cargo. Dan untuk meningkatkan kelancaran dan kepuasan pelanggan Griya Klambie tidak lupa akan selalu menjaga kualitas produknya, selain itu dengan menjaga kualitas produk tentunya akan memiliki daya saing dengan negara-negara lain dan semoga bisa membantu meningkatkan perekonomian bangsa.


 

REFERENSI:

Fitinline, 25 Agustus 2021. “ 7 Tips Mengembangkan Bisnsis Fashion Untuk Keperluan Ekpor” Diakses dari https://fitinline.com/article/read/7-tips-mengembangkan-bisnis-fashion-untuk-keperluan-ekspor/

TPSA, April 2017. “Panduan Langkah demi Langkah bagi UKM Pakaian Jadi Indonesia untuk Mengekspor ke Kanada” Diakses dari http://www.tpsaproject.com/wp-content/uploads/2017-05-02-Manual-IDN-1121.01.2e.pdf

https://www.prima-logistic.com/begini-cara-menjadi-eksportir-pakaian-jadi-yang-harus-kita-ketahui/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.