Senin, November 22

UNTUK MENINGKATKAN DAYA BELI MELALUI TOKO BUSANA GRIYA KLAMBIE MEREVIEW LOKASI, SUASANA TOKO, DAN KEBERAGAMAN PRODUK YANG DI JUAL

 Oleh Diran (S06-DIRAN)


Abstrak

Dimasa pamdemic ini penjualan toko busana saat ini semakin lesu. Banyak para pelaku usaha ini berusaha bertahan dengan persaingan bisnis yang semakin juga semakin ketat. Seperti yang di alami oleh Toko Busana Griya Klambie di daerah Sawangan Depok. Toko Busana Griya Klambie mengalami penurunan daya beli yang sangat signifikkan. Daya beli konsumen menurun ini di sebabkan dengan adanya penurunan sektor ekonomi di tanah air di masa pandemic covid 19. Dengan penentuan lokasi, suasana toko, dan keberagaman barang yang dijual tentunya akan membuat daya beli pada Griya Klambie mengalami peningkatan.

 Kata Kunci: Daya beli, Toko busana, Lokasi toko


PENDAHULUAN

        Pakaian merupakan kebutuhan primer manusia yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman ketika manusia memakainya, seperti yang di ungkapkan oleh pepatah Jawa “ajining raga gumantung saka busana”  yang berarti  ( berharganya raga seseorang bergantung pada busana atau pakaian) “Busana tidak hanya makin menambah bobot dan nilai raga, tapi juga sekaligus lewat upaya untuk mengkreasi busana, kreativitas dalam bingkai kebudayaan itu telah diupayakan,” kata Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo.

      Di era new normal ini perkembangan bisnis toko busana di Indonesia saat ini mengalami kondisi yang lesu. Salah satu penyebab dari menurunnya pertumbuhan ekonomi masyarakat,  selain itu persaingan antar pusat perbelanjaan yang semakin ketat. Maka dari itu, para pemilik usaha toko busana dituntut untuk mampu memenuhi dan memuaskan kebutuhan serta keinginan konsumen agar dapat mempertahankan bisnis toko busananya. Salah satu toko Busana yang mencoba untuk bertahan dan meningkatkan daya beli konsumen adalah Toko Busana Griya Klambie yang terletak di Ruko Widia Residence, Jl H. Sulaiman, Bedahan, Kecamatan Sawanagan, Kota Depok.

        Griya Klambie menjual busana untuk para konsumen dan pelanggannya seperti segala berbagai macam pakaian Pria / Wanita dewasa, Remaja dan anak-anak. Di masa era new normal ini dan juga dalam menghadapi persaingan bisnis penjualan toko busana yang semakin ketat, Griya Klambie tetap harus berusaha untuk tetap bisa menarik minat beli konsumennya melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumennya.


PEMBAHASAN

Dalam meningkatkan daya beli konsumen Griya Klambie melakukan berbagai cara di antaranya adalah:

        1. Mencari lokasi yang strategis

Lokasi merupakan tempat dimana ritel tersebut berdiri. Menurut Menurut Lupiyoadi (2013:96), lokasi berarti berhubungan dengan dimana perusahaan harus bermarkas dan melakukan operasi atau kegiatannya. Lokasi yang tepat dan strategis akan dapat menarik minat konsumen untuk mengunjungi toko dan melakukan pembelian pada toko tersebut. . Lokasi yang strategis akan turut menentukan tercapainya tujuan perusahaan. Dengan lokasi yang tepat, sebuah toko atau gerai kemungkinan bisa lebih sukses daripada toko lainnya yang memiliki lokasi kurang strategis. Meskipun keduanya menjual produk yang sama, memiliki jumlah pramuniaga yang terampil dan sama banyak, tetap saja lokasi menentukan prestasi sebuah toko retail.

Dalam penentuan lokasi tersebut, diperlukan pengetahuan yang baik dari pemilik usaha untuk menganalisa area perdagangan di sekitar. Bagaimana jarak dengan pemukiman penduduk, apakah ada pesaing di dekat lokasi, dan sebagainya. Lalu beberapa faktor yang harus di pertimbangkan oleh Griya Klambie yaitu menganalisa akses. Aksesnya harus mudah dapat di capai oleh pelanggan, jalan tidak satu arah, konsumen tidak jauh muter balik, bukan wilayah macet karena griya klambie berada pada ruko-ruko. Lokasi juga harus strategis dan mudah terlihat dan terlihat menarik perhatian konsumen, dan perlu di analisa pangsa pasar sekitar.

2. Suasana Toko

Faktor lain yang dilakukan oleh Griya Kalmbie adalah mempercantik suasana toko agar terlihat menyenangkan sehingga konsumen merasa nyaman dan aman dalam berbelanja. Langkah perbaikan yang di lakukan oleh Griya Klambie meliputi interior, exterior, tata letak, dan tampilan interior. Sebagaimana kita tahu bahwa Penampilan toko yang menarik membantu menentukan citra toko dan memposisikan eceran toko dalam benak konsumen.. Tata letak toko yang efektif dan strategis tidak hanya akan memberikan kenyamanan dan kemudahan, melainkan juga mempunyai pengaruh yang besar pada pola lalu lintas pelanggan dan perilaku berbelanja. Selain itu perlu jug adi perhatikan juga agar toko terlihat menarik adalah : Penampilan Spg atau karyawan harus menarik, sopan, menguasai produk yang di jual, Interior toko juga menjadikan suasana bisa lebih menarik di antaranya adalah Design  lantai, Lampu penerangan juga lampu warna pencahayaan yang cukup, Penyusunan pajangan, dan Suhu Udara yang nyaman / tidak panas. Eksterior juga harus di perhatikan dari tampilan atau desain muka toko, parkiran yang cukup, Logo yang menarik perhatian.

 

            3. Keberagaman Produk Yang Di Jual

        Faktor selanjutnya di lakukan oleh Griya Klambie adalah menyediakan keragaman produk yang dijual itu lengkap/ komplit menyangkut model, ukuran, warna dan kualitas barang yang ditawarkan serta setiap saat tersedia di pasar. Dengan demikian konsumen akan lebih senang memilih toko yang menawarkan barang secara lengkap dan banyak pilihannya baik merk, type and size, kemasannya, dan lain-lain. Griya Klambie menyiadakan keragaman agar dapat menarik pelanggan, meskipun harganya lebih tinggi dari pasar pesaing, tetapi karena komplitnya produk yang dijual, maka pasar ini lebih banyak menarik para pelanggan. Keragaman produk yang baik akan berpengaruh terhadap promosi dan akan berdampak pada keputusan pembelian serta akan menimbulkan keputusan pembelian dan mendapatkan laba yang maksimal. Maka untuk mencapai hal tersebut diperlukan pehamaman yang baik tentang pemasaran, dan pemahaman tentang strategi-strategi pemasaran. Sehubungan dengan hal tersebut, terlebih dahu dahulu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran.

 

KESIMPULAN

Bebeberapa faktor yang di lakukan oleh Griya Klambie melalui Penetuan lokasi, Tata letak suasana toko, serta kelengkapan produk yang berkualitas. Bisa membuat toko ini bisa efektif membuat Griya Klambie bisa meningkatkan daya beli konsumen dan memiliki banyak pelanggan. Tidak lupa Griya klambie juga memberikan jurus-jurus promosi untuk para pelanggannya. Dengan demikian daya beli bisa meningkat. Apabila daya beli masyarakat meningkat, kegiatan ekonomi pun akan berlangsung lancar. Karena perputaran ekonomi dipengaruhi oleh transaksi jual beli yang dilakukan masyarakat.

 

Referensi

http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/14.1.02.02.0025.pdf

http://eprints.umm.ac.id/33537/2/jiptummpp-gdl-muhammadgi-43124-2-babi.pdf

http://repository.unpas.ac.id/40724/6/BAB%202%20Skripsi.pdf

https://unnes.ac.id/berita/ajining-raga-gumantung-saka-busana.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.