Senin, Desember 13

BERPENGARUHNYA JASA EKSPEDISI UNTUK E-COMMERCE


Rohmah Fitriani @S14-ROHMAH

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Ecommerce saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat di Indonesia. Dengan total penduduk Indonesia sebesar 273,5 juta jiwa membuat Indonesia menjadi target pasar yang sangat bagus jika dapat dimanfaatkan dengan baik. Perusahaan berlomba-lomba untuk dapat berjualan melalui online shopping agar dapat menjangkau seluruh khalayak.

Dengan tujuan tersebut sangat penting peran jasa pengiriman bagi e-commerce. Untuk dapat membuat produk yang dipesan sampai ke tangan pembeli dengan selamat dan dapat menjangkau seluruh kota yang ada. Jasa ekspedisi akan meng estimasi waktu pengiriman berdasarkan jarak yang ditempuh dari pusat gudang pengiriman dan juga berat produk yang akan dikirim.

 

1.2  Rumusan Masalah

a.         Apa manfaat kemitraan antara jasa ekspedisi dengan e-commerce?

b.        Apa saja faktor yang dibutuhkan dalam memilih jasa ekspedisi?

c.         Sebutkan jasa ekspedisi apa saja yang erada di Indonesia?

1.3  Tujuan

a.         Mengetahui manfaat kemitraan antara jasa ekspedisi dengan e-commerce.

b.        Mengetahui faktor yang dibutuhkan dalam memilih jasa ekspedisi.

c.         Mengetahui jasa ekspedisi yang berada di Indonesia.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Jasa Eskpedisi

Jasa ekspedisi merupakan perusahaan penyedia layanan pengiriman barang yang tarifnya ditentukan dari berat barang, jarak yang ditempuh, dan pilihan waktu pengiriman. Apabila barang yang dikirim berat dan tujuannya jauh biasanya akan dikenakan tarif cukup mahal. Sistem pengiriman barang melalui ekspedisi umumnya menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Bagi perusahaan ekspedisi profesional dan terpercaya biasanya memiliki armada sendiri atau bekerjasama dengan perusahaan penyewaan kendaraan umum. Berikut merupakan caa kerja jasa ekspedisi, yaitu:

A.    Ketentuan barang yang dikirim

Barang yang dikirim tidak boleh melanggar hukum dan sesuai peraturan perusahaan yang sudah ditetapkan.

B.     Pengemasan barang/ packing

Jenis dan kekuatan packing sangat berpengaruh terhadap barang yang akan dikirim. Barang tersebut bisa selamat tanpa kerusakan yang berarti atau tidak. Selain itu, jenis barang (pecah) yang akan dikirim harus diperhatikan.

C.     Pengurusan surat-surat

Surat-surat yang dimaksud adalah izin administrasi dari bea cukai dan pihak lain yang bersangkutan. Pihak ekspedisi yang akan mengurus surat-surat tersebut.

2.2  Faktor Yang Diperlukan Dalam Memilih Jasa Ekspedisi

Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam jualan online adalah pengiriman barang. Kamu harus bisa memastikan produkmu sampai ke tangan pembeli dengan aman, cepat, dan efisien. Maka itu, jasa pengiriman barang yang digunakan bisa sangat menentukan keberhasilan transaksi antara toko dan pembeli. Berikut beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam memilih jsa ekspedisi yang baik, yaitu:

A.    Pilih Jasa Logistik yang Terpercaya

Pastikan menggunakan jasa logistik yang terpercaya dan sudah banyak digunakan oleh bisnis lainnya. Walaupun mungkin ada jasa logistik lain yang menawarkan tarif yang lebih murah, harus memperhatikan juga apakah layanan tersebut kredibel dan memiliki layanan yang berkualitas atau tidak.

B.     Standar Tarif yang Jelas

Kamu bisa memeriksa biaya tarif berdasarkan beberapa hal seperti jarak pengiriman dan berat barang. Dengan mengetahui standar ongkos kirim, jadi lebih mudah menghitung biaya pengiriman yang perlu disiapkan.

C.     Kecepatan Pengiriman

Semakin cepat kamu bisa mengirimkan barang ke pembeli semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka. Jasa pengiriman barang yang sudah profesional pasti akan menjamin pengiriman sehingga keterlambatan pun bisa dihindari. Kamu bisa memilih jasa logistik yang menawarkan jasa pengiriman di hari yang sama (same day) sehingga pelanggan pun tidak perlu berlama-lama menunggu barang yang mereka pesan.

D.    Pilihan Pengiriman yang Beragam

Untuk menghindari tertunda atau terlambatnya pengiriman, sebaiknya kamu menggunakan jasa logistik yang menawarkan pilihan pengiriman yang beragam mulai dari pilihan waktu pengiriman hingga armadanya.

E.     Jaminan Keamanan

Untuk menghindari barang rusak dan yang ada konsumen jadi kecewa, kamu bisa mencari jasa logistik yang menawarkan jaminan atau fitur khusus untuk menjaga barangmu. Lalamove misalnya, memiliki Lalabag yang dilengkapi dengan lapisan termal sehingga kamu bisa mengirim barang yang sensitif suhu tanpa khawatir.

F.      Kemudahan untuk Tracking

Untuk menjamin keamanan, kamu bisa memilih jasa logistik yang memungkinkan kamu untuk melacak pengiriman. Jadi kamu bisa benar-benar memastikan bahwa barang yang dikirim sudah diterima oleh pembeli atau belum.

2.3  Jasa Ekspedisi Di Indonesia

Kemajuan teknologi telah mempengaruhi banyak segmen kehidupan, termasuk pelaku bisnis yang semakin mudah menjual barang. Perusahaan ekspedisi mendapatkan keuntungan karena membantu mengirimkan paket barangnya. Semakin beragamnya perusahaan ekspedisi, melahirkan persaingan yang sehat sehingga memunculkan perusahaan yang terbaik dan termurah. Pelaku bisnis online pun cenderung banyak menggunakan beberapa ekspedisi di bawah ini, yaitu:

  1. JNE
    JNE mampu menjadi perusahaan ekspedisi yang mengalami perkembangan sangat pesat. Bahkan dalam waktu yang cukup singkat sudah memiliki banyak cabang di berbagai daerah. Di awal pendiriannya, JNE hanya memiliki 8 orang karyawan dengan modal Rp100juta. Kegiatannya juga masih terpusat untuk urusan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang dan pengirimannya dari luar ke dalam negeri (Indonesia).
  2. J&T Ekspress

Kehadiran J&T benar-benar bisa menciptakan persaingan, apalagi menggaet Deddy Corbuzier sebagai brand iklannya. J&T berhasil mendapatkan respon positif dari konsumen sehingga berkembang dan paling banyak digunakan. Sejak berdiri tahun 2015, J&T terus memperluas jaringannya agar bisa menyaingi perusahaan jasa ekspedisi yang sudah lama berdiri. J&T mampu memberikan pelayanan terbaik dan mengeksekusi pengiriman dengan sangat cepat.

C.     SiCepat
Perusahaan yang baru berdiri 2014 ini mampu menjadi perusahaan ekspedisi Indonesia yang cepat populer sebagaimana namanya. Sesuai dengan namanya SiCepat, perusahaan telah mengklaim bahwa layanannya selalu mencapai target yakni di angka 95%.

D.    TIKI

Perusahaan jasa ekspedisi tertua adalah TIKI yang namanya pernah populer. Bagaimana tidak, eksistensi TIKI sudah ada sejak 1970 dan hingga kini masih mampu bersaing dengan perusahaan ekspedisi lain. TIKI masuk ke dalam jajaran perusahaan jasa ekspedisi terbaik di Indonesia. Apalagi banyak menawarkan layanan yang menarik dengan tarif yang terjangkau, seperti same day service, overnight service hingga trucking service.



Mindmapping

 


BAB III

KESIMPULAN

 

3.1  Kesimpulan
Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam bisnis online adalah pengiriman barang. Kamu harus bisa memastikan produkmu sampai ke tangan pembeli dengan aman, cepat, dan efisien. Maka itu, jasa pengiriman barang yang kamu gunakan bisa sangat menentukan keberhasilan transaksi antara kamu dan pembeli. Dengan memperhatikan faktor-faktor dalam memilih jasa ekspedisi diharapkan barang yang telah dipesan oleh pembeli sampai dengan selamat sesuai dengan keterangan dan foto produk yang sudah dipesan sebelumnya. Hal ini bertujuan agar pembeli tidak kecewa akibat keterlambatan produk pda saat sampai, kerusakan produk pada saat proses pengiriman dan juga hilang tidak terlacak pada saat dalam pengiriman.

 

 

 

 

 DAFTAR PUSAKA

Lalamove. 2020.  6 Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Untuk Bisnis Onlinemu. Dalam: https://www.lalamove.com/indonesia/jakarta/id/blog/tips-memilih-jasa-pengiriman-barang (Diakses 22 November 2021).

Rival, Abdul. 2020. Pengertian Jasa Ekspedisi Beserta Manfaatnya. Dalam: https://www.trawlbens.id/pengertian-jasa-ekspedisi-beserta-manfaatnya/ (Diakses 22 November 2021).

Parcel, Lion. 2018. Pengertian Dan Cara Kerja Jasa Ekspedisi. Dalam: http://lionparceljakarta.id/pengertian-dan-cara-ekspedisi-detail-407253 (Diakses 22 November 2021).

Indoneisa, Shipper. 2021. 7 Perusahaan Jasa Ekspedisi Yang Paling Sering Digunakan. Dalam: https://blog.shipper.id/tips/7-perusahaan-jasa-ekspedisi-di-indonesia/ (Diakses 22 November 2021).

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.