Senin, Desember 13

MEMULAI BISNIS BRONKUS SEHAT (BROWNIS KENTANG KUKUS SEHAT )

 Di review Oleh Siti Masitoh (@S19-SITI) 


1.              PENDAHULUAN

 

Pada jaman sekarang ini banyak makanan-makanan yang lezat namun memiliki gizi yang rendah bahkan mungkin memiliki zat pengawet yang berbahaya bagi tubuh kita. Seperti brownis pada umumnya yang menggunakan coklat sebagai bahan utamanya. Kelompok kami berinisiatif untuk membuat brownis kentang kukus. Alasan kami memilih bahan dasar kentang karena merupakan sumber alam serat larut dan serat tidak larut yang baik. Serat makanan yang terdapat pada kentang, membantu mencegah sembelit, mengurangi penyerapan kolesterol makanan dan menurunkan kolesterol jahat LDL . Selain itu, serat juga akan membantu melindungi dari penyakit polip usus dan kanker. Disamping kentang yang memiliki gizi yang tinggi , brownis yang di kukus dapat mengurangi kalori yang muncul pada brownis tersebut. Akhirnya brownis tersebut menjadi rendah kalori dan bagus untuk diet . Alasan memilih brownis kentang kukus karena brownis ini dapat dijadikan makanan diet khususnya bagi wanita .

2.  GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

 

A.              Ide Usaha

 




 

Mind Map Ide Usaha

 

Kentang biasanya hanya dikonsumsi masyarakat dalam bentuk kentang goreng atau kentang rebus, yang tentu saja masih sangat sederhana terutama dalam penyajian dan kemasan, di daerah Jember masih minim masyarakat yang mengolah kentang sebagai bentuk olahan yang





lain seperti brownis. Kentang yang telah diketahui mengandung berbagai zat gizi dan serat yang sangat bermanfaat ketika diolah menjadi produk olahan, seperti halnya brownis kentang kukus. Brownis merupakan salah satu dari sekian banyak makanan yang disukai setiap lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua,brownis yang biasanya ada dipasaran merupakan brownis coklat dan masih jarang yang mengombinasikan dengan bahan lain, produk ini cukup unik karena mengkombinasikan antara bahan baku coklat dengan kentang, produk ini juga mengandung gizi, vitamin serta serat yang tidak dapat ditemukan di produk brownis lainnya, hal ini menjadi keunggulan tersendiri bagi produk ini. Di sisi lain kentang yang cukup murah merupakan peluang untuk mendapat profit yang tinggi cukup terbuka dari usaha brownis kentang kukus ini.

Brownies Kentang Kukus

 

B.              Deskripsi Usaha

 

Gambaran produk Brownis Kentang Kukus ini adalah hasil inovasi dari ide-ide yang kami tuangkan dalam produk, pada umumnya hanya ada brownis coklat namun disini kami menggunakan Brownis Kentang Kukus karena bahan mudah didapat dan murah sehingga memudahkan bagi kelompok kami dalam proses produksi, dan juga dalam kemasan yang seharusnya menggunakan mika kecil kami ganti dengan menggunakan mika besar, dari bahan- bahan tersebut kami meminimalisir pengeluaran itu sendiri dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

3.  METODE PELAKSANAAN

Ø  Proses Produksi

 

Proses pembuatan Brownis Kentang Kukus ini dilakukan ada sore hari sebelum dipasarkan karena harus didiamkan terlebih dahulu. Adapun bahan-bahan dan pralatan yang dibutuhkan untuk membuat Brownis Kentang Kukus adalah sebagai berikut

a.       Bahan-bahan

 

-  Telur

 

-  Tepung terigu

 

-  Gula


-  Susu bubuk

 

-  Susu coklat

 

-  Vanilla

 

-  Kentang

 

-  Coklat blok tim

 

-  Margarine

 

-  Mentega

 

-  SP

 

-    Oreo

 

-  Backing powder

 

-  Garam

 

-  Label

 

b.      Peralatan

 

-  Kulkas

 

-  Tepung terigu

 

-  Loyang

 

-  Kertas Roti

 

-  Panci Pengukus

 

-  Pisau

 

-  Kompor

 

-  Gas LPG

 

-  Mika

 

-  Staples

 

-  Isi Staples

 

c.       Tahap Penjualan

 

Biasanya pemasaran berorientasi pada produk, harga dan pasar. Dalam memasarkan kami menggunakan beberapa strategi yaitu strategi produk harga dan pemasaran.

·         Strategi produk Produk diproses secara manual dan diproduksi mengikuti tingkat daya beli kosumen. Produksi akan tetap dilakukan setiap harinya


walaupun belum ada pesanan untuk menjaga sewaktu-waktu ada pesanan karena produk kami terjangkau bagi semua kalangan

·         Strategi harga yaitu Harga yang kami patok yakni Rp 35.000,- ( Tiga Puluh Lima ribu rupiah). Harga telah kami pertimbangkan secara matang dengan melihat harga bahan produksi yang cenderung stabil.

d.      Pemasaran

 

Dalam upaya memasarkan produk kami akan mamakai beberapa Cara:

 

·         Melakukan kerjasama dengan beberapa toko yang ada di daerah kampus khususnya yang mempunyai pendingin kulkas.

·         Menggunakan media sosial seperti BBM, TWITTER, FB

 

·         Melakukan penawaran secara langsung dalam even.

 

e.       Sumber Pendanaan

 

Modal adalah dana yang dibutuhkan untuk membiayai pengadaan aktiva dan operasi sebuah usaha. Dalam menjalankan sebuah usaha, modal adalah faktor penting begitu juga dengan  BrowniesKentang Neng Ayu. Sumber permodalan Brownies Kentang Kukus Sehat dari tabungan sendiri yaitu sebesar Rp15.000.000,-

f.       Kebutuhan Pembiayaan / Modal Investasi

 

Modal merupakan segala bentuk kekayaan yang digunakan untuk memproduksi kekayaan yang lebih banyak lagi untuk perusahaan (W. Zimmerer 2008, h.217). Modal Investasi Brownies Kentang kukus sebesar Rp7.660.000,-Pengeluaran kerja Brownies Kentang Kukus satu kali produksi sebesar Rp1.843.000,-, gaji Brownies Kentang Kukus sebesar Rp 5.000.000,- dan biaya lain-lain sebesar Rp372.000,-.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.