Maret 31, 2022

CARA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DALAM KEWIRAUSAHAAN

 

CARA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DALAM KEWIRAUSAHAAN

Oleh : BAYU SEPTIAWAN (@U44-BAYU)

Pendahuluan

Seorang wirausaha dalam mendirikan perusahaan tidak untuk satu atau dua tahun saja, tetapi kelangsungan usaha tersebut harus berlangsung terus, kalua bisa sampai ke anak cucu dapat menikmati hasil usahanya tersebut. Untuk mewujudkan hal itu salah satu caranya adalah selalu membuat kreativitas dan inovasi.

Hal ini akan membuat apa yang dihasilkannya selalu serasi dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Sehingga produk atau jasa yang dihasilkan laku di pasaran dan akan menghasilkan laba bagi perusahaan, dan kelangsungan perusahaan dapat menjadi stabil dan panjang. Oleh karena itu dapat dilakukan pembahasan sebagai berikut:

Dalam perkembangan situasi serta kondisi saat ini, seorang wirausaha atau pengusaha dituntut lebih baik lagi untuk melihat peluang bisnis yang ada dengan memperkecil risiko yang ada. Hal ini dapat dicapai oleh mereka sebagai pelaku bisnis bila mereka selalu berpikir kreatif dan bertidak inovatif, sehingga bisnis mereka dapat bertahan dan bahkan berkembang di dalam keadaan yang serba sulit pada pandemi Covid 19.

 

Pengertian Kreativitas

 

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Bukan berarti harus sama sekali baru, tetapi dapat juga sebagai kombinasi dari unsur-unsur yang telah ada sebelumnya. Kreativitas dapat dikembangkan dan ditingkatkan sesuai kemampuan masing-masing individu.

Kreativitas berarti berani untuk mengambil risiko, yaitu berani untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan dan hasilnya belum jelas. Ini berarti harus lebih berani melakukan kekeliruan secara berlebihan. Dari itu kreativitas harus mempertimbangkan segala risiko dan konsekuensi dengan cermat terlebih dahulu.

 Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kreativitas:

1.      Amatilah sesuatu yang dikenal. Tujuannya adalah untuk melatih dan mempertajam ingatan Anda.

2.      Membangun kreatifitas berarti mempertajam pikiran, dan itu berarti juga meningkatkan kepekaan pengindraan pada diri kita.

3.      Jangan menunda pekerjaan. Dengan adanya persiapan waktu yang baik selama bekerja maka otak akan menghasilkan pekerjaan yang optimal.

4.      Ambil sudut pandang orang lain. Coba untuk menempatkan diri Anda pada posisi orang lain untuk mengetahui reaksi seseorang atas tindakan yang Anda ambil.

5.      Melakukan brainstorming. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan banyak gagasan dengan cepat melalui diskusi team.

6.      Belajar menjadi seorang inovator yang baik. Anda harus selalu mencari, menyesuaikan dan mengimplementasikan ide-ide, baik yang baru maupun yang lama.

7.      Ubahlah kebiasaan dan citra diri. Jadilah orang yang progresif, kembangkanlah atribut-atribut dan motivasi yang di butuhkan.

Orang yang kreatif dapat melakukan pendekatan secara bervariasi dan memiliki bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu persoalan. Dari potensi kreatifnya, seseorang dapat menunjukkan hasil perbuatan, kinerja/karya, baik dalam bentuk barang maupun gagasan secara bermakna dan berkualitas. 


Ciri-ciri Pemikiran Kreatif

 

Sifat-sifat pemikir kreatif adalah(Rusdiana, 2014):

·         Sensitif terhadap masalah

·         Mampu menghasilkan sejumlah sejumlah ide besar.

·         Fleksibel

·         Keaslian

·         Mau mengikuti perasaan

·         Bisa melihat pikiran bawah sadar

·         Mempunyai motivasi

·         Tidak ada rasa takut gagal

·         Mampu berkonsentrasi

·         Mempunyai kemampuan memilih Seorang wirausaha yang memiliki selera kreativitas yang memiliki selera kreativitas yang tinggi akan memberikan manfaat

 

 

Hambatan Berpikir Kreatif

 

Ada beberapa macam yang menjadi kendala atau menghambat pemikiran kreativitas yang dapat dilihat dari perilaku seorang wirausaha(Rusdiana, 2014) :

 

·         Menjunjung tinggi tradisi dan budaya yang telah dibuat

·         Meminimalkan ketersediaan sumber-sumber daya yang dibutuhkan

·         Lebih menekankan pada perilaku struktur birokrasi

·         Menekankan pada nilai yang menghambat pengambilan risiko

·         Lebih menyukai spesialisasi

·         Komunikasi yang lemah

·         Mematikan suatu contoh

·         Sitem pengendalian yang kuat dan tidak lentur

·         Menekankan punishment atau hukuman atas kegagalan

·         Mengawasi aktivitas kreativitas,

·         Menekankan batas waktu

 

Usaha Meningkatkan Kreativitas

 

Menejemen harus dapat membuat suasana dalam perusahaan agar kreativitas dapat berkembang diantara para karyawan. Tindakan yang harus dilakukan oleh para wirausahawan adalah :

 

·         Memberi izin kepada seluruh karyawan untuk membangkitkan kreativitasnya

·         Toleransi pada kegagalan

·         Ungkapkan rasa penasaran

·         Memandang masalah sebagai suatu tantangan

·         Adakan pelatihan kreativitas

·         Memberi fasilitas-fasilitas berupa peralatan

·         Toleransi terhadap waktu

·         Beri penghargaan

 

Kesimpulan

 

Kreativitas menurut (Rusdiana, 2014) adalah sebagai keahlian untuk membuat ide-ide baru dan menemukan metode-metode baru dalam melihat suatu masalah dan peluang. Jadi kreativitas merupakan keahlian seseorang dalam membuat ide-ide atau gagasan-gagasan dengan berpikir kreatif untuk membuatsesuatu yang baru. Sehingga ide yang ditemukan tersebut dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada dalam masyarakat dan menciptakan peluang untuk menghasilkan laba dari usahanya tersebut. Wirausaha yang kreatif akan dapat membuat peluang menjadi sesuatau yang menghasilkan dan juga akan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.


Daftar Pustaka 

Modul 4

https://www.gramedia.com/best-seller/berpikir-kreatif-dan-inovatif/

http://alchemy.co.id/pr-agency/cara-mengembangkan-kreativitas-diri/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.