Maret 07, 2022

FAKTOR PENUNJANG DALAM BERWIRAUSAHA

Oleh: Yosep Saepuloh

(@T08-Yosep)



ABSTRAK

Keberhasilan bisnis atau usaha dipengaruhi banyak aspek dalam kewirausahaan. Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usahaha adalah relatif cukup banyak.

Wirausaha yakni individu yang bisa menciptakan bisnis sendiri, menanggung sebagian besar risiko dan juga menikmati keuntungan dari usaha yang dirintisnya.

Banyak penghusaha yang gagal bahkan bangkrut karena tidak memiliki karakter kewirausahaan. Karena banyak yang berpikir, dengan modal besar, usaha akan berjalan dengan sendirinya.

PEMBAHASAN

Berwirausaha adalah suatu kegiatan usaha yang melibatkan kemampuan untuk melihat kesempatan-kesempatan usaha yang kemduian mengorganisir, mengatur, mengambil risiko, dan mengembangkan usaha yang diciptakan tersebut guna meraih keuntungan.

Schumpeter dalam Wiratmo (1996) menyatakan bawha wiraswastawan tidak membentuk suatu kelas sosial teteapi berasal dari semua kelas. Wiraswastawan umumnya mempunyai sifat yang sama. Mereka adalah orang yang mempunyai tenaga, keinginan untuk terlibat dalam petualangan inovatif, kemauan untuk menerima tanggung jawab pribadi dalam mewujudkan suatu peristiwa dengan cara yang mereka pilih, dan keinginan untuk berprestasi yang sangat tinggi.

Wirausaha yang berhasil merupakan pemimpin yang berhasil, baik yang memimpin berapa atau berates-ratus karyawan. Dari hakikat pekerjaannya mereka adalah pemimpin, karena mereka harus mencari peluang-peluang; melalui proyek-proyek mengumpulkan sumber daya manusiawi dan finansial yang diperlukan untuk melaksanakan proyek, menentukan tujuan-tujuan untuk mereka sendiri dan orang lain; dan mempimpin serta membimbing orang lain untuk mencapai tujuan. Seorang pemimpin yang efektif akan selalu mencari cara-cara yang lebih baik. Anda akan mendapat menjadi pemimpin yang efektif akan selalu mencari cara-cara yang lebih baik.

Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah sebagai berikut:

1.      Sikap

Sikap sangat berpengaruh dalam pencapaian keberlangsungan usaha seseorang. Beberapa sikap yang mencerminkan keberhasilan usaha adalah bekerja keras, ketekunan, percaya diri, rajin, etos kerja, kedisiplinan mengasah kemampuan, dan sebagainya.

2.      Keahlian

Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah salah satunya skill atau keahlian. Keahlian sendiri bisa dipelajari, sehingga bisa dimiliki siapa saja.

3.      Berani ambil risiko

Faktor keberhasilan wirausaha berikutnya adalah berani mengambil risiko. Selain Tindakan, keberanian dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk juga menjadi kunci untuk sukses menjadi pengusaha.

4.      Keterampilan wirausaha

Factor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha adalah salah satunya. Tanpa keterampilan, mungkin usahamu bakal flat, dan bisa berpotensi bangkrut dalam waktu yang singkat.

5.      Kreatif

Orang yang kreatif selalu memerlukan ide-ide baru. Sikap ini sangat dibutuhkan dalam mendukung keberhasilan usaha.

Sementara itu, berikut yang tidak termasuk factor pendukung keberhasilan usaha yaitu:

1.      Tidak jujur dalam mengelola usaha.

2.      Tidak kompeten sama sekali dalam bidang bisnisnya alias cuma modal nekat.

3.      Tidak memiliki kemampuan management keuangan yang baik.

4.      Tidak sepenuhnya bersemangat dalam mengembangkan usaha.

5.      Kurangnya keahlian manajemen sumber daya manusia yang baik.

Faktor-faktor pendorong kewirausahaan

Menurut saifudin (2002), factor pemicu kewirausahaan ditentukan oleh “property light”, competency incentives, dan environment. Sedangkan menurut kuncara (2008:1) factor pendorong kewirausahaan terdiri atas factor internal dan factor eksternal sebagai berikut:

1.      Faktor internal, yaitu kecakapan pribadi yang menyangkut soal bagaimana kita mengelola diri sendiri. Kecakapan pribadi seorang terdidi atas 3 unsur penting, yaitu:

1.1    Kesadaran diri. Ini menyangkut kemampuan mengenali emosi diri sendiri dan efeknya, mengetahui kekuatan dan batas-batas diri sendiri, dan keyakinan tentang harga diri dan kemampuan sendiri atau percaya diri.

1.2    Pengaturan diri. Ini menyangkut kemampuan mengelola emosi-emosi dan desakan-desakan yang merusak, memelihara norma kejujuran dan integritas, bertanggung jawab atas kinerja pribadi, keluwesan dalam menghadapi perubahan, dan mudah menerima atau terbuka terhadap gagasan, mendekatkan informasi-informasi baru.

1.3    Motivsi. Ini menyangkut dorongan prestasi untuk menjadi lebih baik, komitment, inisiatif, untuk memanfaatkan kesempatan, dan optimisme dalam menghadapi halangan dan kegagalan.

2.      Faktor eksternal, yaitu kecakapan sosial yang menyangkut soal bagaimana kita menangani suatu hubunga. Kecakapan sosisal seseorang terdiri atas 2 unsur terpenting yaitu:

1.1  Empati. Ini menyangkut kemampuan untuk memahami orang lain, prespektif orang lain, dan berminat terhadap kepentingan orang lain. Juga kemampuan mengantisipasi, mengenali, dan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan. Mengatasi keragaman dalam membina pergaulan, mengembangkan orang lain, dan kemampuan membaca arus-arus emosi sebuah kelompok dan hubungannya dengan kekuasaan, juga tercakup didalamnya.

1.2  Keterampilan sosial. Termasuk dalam hal ini adalah taktik-taktik untuk meyakinkan orang (persuasi) berkomunikasi secara jelas dan meyakinkan, membangkitkan inspirasi dan memandu kelompok, mamulai dan mengelola perubahan, bernegosiasi dan mengatasi silang pendapat, bekerja sama untuk tujuan Bersama, dan menciptakan sinergi kelomopok dalam memperjuangkan kepentingan Bersama.

KESIMPULAN

Kewirausahaan mempunyai peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi, karena seorang wirausaha mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, wirausaha mampu meringankan beban pemerintah dengan mampu bertahan tanpa mengandalkan pemerintah. Jumlah wirausahawan di suatu negara dapat mengidentifikasi kemajuan negara tersebut, semakin banyak wirausahawannya maka semakin maju negara tersebut.

Referensi

https://money.kompas.com/read/2021/10/17/191625826/baragam-faktor-utama-pendukung-keberhasilan-usaha

https://mahmuddin.wordpress.com/2010/12/15/faktor-faktor-pendorong-kewirausahawan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar