Maret 07, 2022

MANAJEMEN TIM YANG BAIK = BISNIS YANG KUAT

 



Penulis : Gian Akmal Adwitiya – 41620110065 - @T18-Gian

    Salah satu  tanggung jawab yang perlu dipenuhi dalam menjalankan bisnis adalah manajemen tim yang baik dan tujuan yang jelas. Tanpa tim yang diatur dengan baik, tujuan yang telah ditentukan tidak akan tercapai atau mungkin saja tercapai tapi tidak maksimal. Pertanyaannya adalah, bagaimana manajemen tim yang baik?

Proses untuk membangun tim yang baik tidaklah mudah, hal ini membutuhkan perhatian penuh dari seorang pimpinan dalam sebuah bisnis. Seorang pimpinan harus bisa mengatasi tantangan untuk membentuk sebuah tim yang baik karena setiap individu dalam sebuah tim pasti memiliki cara dan prinsip yang berbeda dalam menjalankan suatu pekerjaan. Terkesan berat memang, karena pasti kita akan bertemu orang dengan berbagai macam sifat dan perilaku. Seorang pimpinan harus lah bisa mengatasi segala perbedaan yang ada di dalam tim nya agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan efektif. Berikut bisa anda simak beberapa tips yang dapat diadopsi untuk meningkatkan manajemen tim bisnis anda.

Ketahui Apa Itu Kerja Sama Tim

Kerja sama tim adalah usaha gabungan dari banyak individu dengan kemampuan yang beragam dalam sebuah tim serta memiliki tujuan bersama demi mendapatkan hasil atau keuntungan yang maksimal. Setiap individu dalam tim memiliki peran nya masing-masing, pimpinan tim harus memastikan bahwa walaupun timnya beragam tetapi harus memiliki tujuan yang sama demi kepentingan bersama dan bisnis yang efektif. Segala keputusan bisnis tentu akan berpengaruh terhadap manajemen tim yang sudah ada.





Manajemen tim yang baik tidak terjadi begitu saja, tim yang baik dan kuat membutuhkan usaha dan kesadaran penuh dari tiap anggota tim termasuk pimpinan. Tim yang baik memiliki beberapa elemen yang harus ada di dalamnya :

·      Tujuan yang jelas dan realistis

Setiap anggota tim dalam sebuah bisnis harus menyadari peran mereka untuk tujuan yang lebih besar. Tujuan yang dimiliki oleh suatu usaha atau bisnis harus bisa disampaikan dengan jelas kepada anggota tim agar seluruh anggota tim dapat merasa bertanggung jawab dengan tugas dan peran nya masing-masing. Tujuan yang ditentukan juga harus realistis dengan cara berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya. Tujuan yang realistis dapat mendorong semangat seluruh tim dalam menjalankan bisnis. Tujuan yang tidak realistis akan menimbulkan pertanyaan dari anggota tim karena dapat memunculkan keraguan.

 

·      Pembagian tugas dan peran yang jelas

Anggota setiap tim harus mengerti tentang hierarki perusahaan serta divisi tempat mereka bekerja. Setiap divisi juga harus diisi oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya masing-masing. Keragaman latar belakang anggota tim memberi warna kepada tim. Semakin besar keragaman yang ada ( keahlian, pengetahuan dan pengalaman) akan semakin banyak tugas-tugas yang dapat ditangani Contohnya, apabila dalam suatu bisnis terdapat tim keuangan maka anggota di dalamnya harus individu yang kompeten dalam mengatur keuangan dan mengatur pemasukan dan pengeluaran suatu bisnis.

 

·      Komunikasi yang jelas dan terpadu

Dalam sebuah bisnis, komunikasi antar tim sangatlah penting. Komunikasi yang baik dapat memberikan hasil yang maksimal dan efektif dalam setiap keputusan bisnis. Kejelasan informasi sangat diperlukan dalam sebuah bisnis agar tim yang bekerja di dalamnya dapat bekerja dengan tertata dan efektif.

 

·      Keterbukaan informasi

Keterbukaan dan saling mempercayai antar anggota tim. Semua anggota mendapatkan informasi yang sama dari akses yang sama pula serta  dapat berkomunikasi dengan lancar dan jelas. Anggota tim bebas untuk mengeluarkan ide-idenya agar lebih banyak informasi dan pendapat yang bisa dijadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan bisnis di waktu mendatang.

 

·      Proses adalah hal penting.

Kegiatan tim tidak hanya berfokus pada hasil tetapi juga pada pada proses dan isi. Tim harus selalu mengevaluasi fungsi dan proses yang sudah dilakukan secara reguler. Jika proses tidak diperhatikan, maka akan membuat manajemen tim berantakan. Jika tidak ada kendali terhadap proses pekerjaan dalam tim, maka manajemen bisnis tidak berjalan dengan baik dan menyebabkan ketidakteraturan antar divisi.

 

Pada intinya, sebuah bisnis memerlukan manajemen tim yang baik agar menghasilkan kerja sama tim yang baik guna mencapai tujuan bersama dan memberikan keuntungan yang maksimal. Kerja sama tim yang baik dapat memberikan bisnis serta usaha yang berjalan baik.

 

Referensi            

https://www.dictio.id/t/bagaimana-cara-membangun-tim-manajemen-yang-baik-dalam-organisasi/16721

https://centrausaha.com/membangun-tim-kerja-efektif/

https://manajemen.uma.ac.id/2021/10/tips-dan-trick-membangun-team-work-kerja-sama-tim-yang-baik-dan-benar-untuk-bisnis/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar