Maret 10, 2022

karakteristik yang dimiliki seorang wirausaha

 

Nama : Eggy Aditya Martasani (@U30-EGGY)

Nim : 41420010021

Mata Kuliah : Kewirausahaan 1


 

karakteristik yang dimiliki seorang wirausaha

 Abstrak

kewirausahaan bisa dibilang sesuatu yang sudah menjadi hal yang terkenal dan sudah di pelajari dan dijalankan oleh banyak orang dimana pun itu bisa dibilang di seluruh dunia sudah mempelajari dan meningkatkan ilmu atau kemampuan ini,karena iini ilmu dan kemampuan ini tidak hanya bergerak dibidang bisnis saja pasti banyak orang kalau mendengar kata kata yang ada kalimat usaha nya  pasti selalu berfikir kalau itu pasti bisnis yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai modal atau harta.

Padahal kewirausahaan sudah banyak mencakup segala hal tidak hanya dalam bidang usaha atau bisnis,kewirausahaan bisa melalui kreativitas kemampuan memberikan ide ide baru atau gagasan baru demi kemajuan seperti kemajuan teknologi dengan memberikan ide baru maka seseorang bisa membuat suatu hal yang didasari dengan nama nya ilmu kewirausahaan.maka dari itu penting untuk kita mempelajari ilmu kewirausahaan karena ilmu ini sangat akan di pakai di segala bidang.

 pembahasan



Apa itu kewiraushaan dan wirausaha?

Kewirausahaan adalah aktivitas membangun usaha untuk menciptakan produk atau jasa baru dengan cara yang kreatif dan inovatif, sehingga produk atau jasa tersebut pun menarik perhatian orang lain.kewirausahaan ini pun bisa dilakukan oleh siapapun asalkan orang tersebut ada niat dan tekat yang kuat untuk menjalani usaha nya.

Wirausaha adalah  bisa dibilang sebagai satu di antara pendorong perekonomian negara atau dengan kata lain, wirausaha memainkan peran kunci dalam perekonomian suatu negara. Satu di antara pemicu wirausaha yaitu faktor ekonomi. Dan apabila dipisah Wirausaha berasal dari dua kata, 'wira' dan 'usaha'. Wira mempunyai arti pejuang, pahlawan, berbudi luhur, manusia unggul, berwatak agung, dan gagah berani. Sedangkan, usaha merupakan perbuatan atau amalan, berbuat sesuatu dan bekerja

Kemudian menurut  Arif F. Hadipranata, wirausaha adalah sosok orang yang berani mengambil risiko dari semua kegiatan usaha yang dilakukan.

Maka dari itu siapa pun bisa menjadi seorang wirausaha asalkan dia mempunyai niat dan tekad,mempunyai segudang ide,siap menerima segala kegagalan dan menerima keberhasilan di saat ide ide yang di ciptakan nya mencapai keberhasilan.

 Macam – macam karakteristik yang dimiliki wirausaha



 

 

Memiliki Komitmen yang tingi

Karakteristik seorang wirausaha untuk sukses yang pertama adalah dia harus mempunyai komitmen yang tinggi. Karena komitmen berkaitan dengan setiap perkataan maupun tindakan yang akan kamu pertanggung jawabkan. Seperti di saat nanti akan ada masalah datang kamu tidak akan ragu dengan apa yang sudah kamu lakukan .    Dengan komitmen yang tinggi dalam membangun usaha membuat sebuah kepercayaan terhadap diri kamu ataupun perusahaan. Maka dari itu, bisa membuat langkah kamu dalam berbisnis juga lebih mudah.

Disiplin

Sebagai seorang wirausahawan kamu haru mempunya karakter disipilin dengan begitu memperlihatkan bahwa kamu berusaha keras untuk melakukan apapun dalam urusan bisnis. Disiplin disini maksudnya adalah keteraturan kamu dalam menjalankan usaha. Seperti disiplin waktu,menjadi seorang wirausaha harus bisa disiplin dalam mengatur waktu karena itu menjadikan moto semangat agar bisa membuat usaha nya maju.

Percaya diri

Percaya diri sebagai langkan awal kamu untuk bisa memulai usaha, karena kamu percaya terhadap kemampuan dirimu bahwa dapat membangun dan menjalankan bisnis.percaya diri sangat penting bisa dibilang sebagai pondasi awal bagi seorang wirausaha karena seorang wirausaha akan menemui banyak pertanyaan akan keberhasilan nya nanti dan wirausaha harus bisa menjelaskan tentang proses nya dengan kalimat yang tertata dengan di dorong kepercayaan diri yang ada pada dalam diri nya.

Pantang Menyerah

Membangun dan mengembangkan sebuah usaha tentu tidak mudah, makanya dibutuhkan sifat pantang menyerah bagi seorang wirausaha dalam membuat bisnis.jatuh bangun dalam membangun suatu usaha bagi wirausaha adalah sesuatu yang bisa dibilang harus dirasakan oleh setiap wirausaha karena jika seorang wirausaha belum merasakan kegagalan maka dia belum bisa merasakan kesuksesan .

Tentu saja, membuat usaha dari awal itu pasti ada tantangannya atau kegagalan selama berjalannya usaha. Sifat pantang menyerah wajib dimiliki oleh wirausahawan agar kita tidak mudah menyerah jika mengalami suatu kegagalan.  Dan dari kegagalan tersebut dapat dijadikan motivasi untuk kamu kedepannya agar meminimalisir gagal dalam berwirausaha.

 Manfaat Karakteristik  wirausaha




1. Memiliki keterampilan untuk membuat keputusan dengan melakukan analisis disetiap pilihan, menimbangnya, dan menentukan alternatif solusi jika ada masalah dikemudian hari.keterampilan ini pun berguna di saat usaha yang sudah dibangun ada kendala  wirausaha jadi bisa mengambil keputusan dengan bijaksana karena sudah memiliki keterampilan karateristik sebagai wirausaha.

2. Menumbuhkan keahlian untuk memimpin bisnis dengan menentukan serta berkembangnya keterampilan dibidang kepemimpinan.bidang kepempinan sangat penting dimiliki seorang pemimpin atau wirausaha karena dia akan mengambil keputusan yang pasti nya memiliki banyak konsekuensi baik itu positif maupun negative tetapi pasti nya hasil yang diperlukan saat itu ialah dampak positif maka dari itu penting sekali dan bermanfaat pasti nya memiliki karakteristik jiwa kepimpinan.

3. Mampu membuat sebuah inovasi produk maupun pelayanan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan bisa membantu kegiatan lainnya seiring dengan berkembangnya teknologi. Maka dari itu seorang wirausaha harus mempunyai sejuta ide ide baru untuk memajukan produk atau usaha yang ia buat terutama di bidang yang sedang maju ini ialah bidang teknologi,jujur saja usaha di bidang teknologi di saat wirausaha mempunyai banyak ide atau inovasi produk maka usaha itu akan terus maju dan sukses di bidang nya.

 

 Kesimpulan

Demikianlah penjelasan lengkap tentang karakteristik yang dimiliki wirausaha,maka dari itu setelah penjelasan di atas maka kita tarik kesimpulan bahwa karateristik bagi seorang wirausaha itu penting dan sangat sangat berguna karena karakteristik memberikan manfaat seperti power,motivasi,pemikiran serta memberikan langkah sikap apa yang harus dilakukan di saat masalah akan datang pada usaha nya maupun pada diri nya dan di saat itu karakteristik akan sangat berguna. terutama bagi wirauasaha yang baru ingin merintis,memulai usaha nya karena itu akan menjadi sesuatu yang sangat berguna bagi diri nya disaat usaha yang dia rintis sudah berhasil mencapai hasil kesuksesan dan untuk wirausaha yang sudah berhasil mencapai kesuksesan nya dengan cara menanamkan karakteristik seperti contoh di atas pada dalam diri nya dari usaha awal dia bentuk sampai dia meraih kesuksesan maka pertahankan dan berikan karaktersitik itu kepada wirausaha pemula yang membutuhkan karakteristik tersebut untuk diri nya sebagai wirausaha.dan semoga penjelasan saya menjadi penjelasan yang jelas dan dapat di mengerti serta diterapkan bagi wirausaha.

Referensi

Modul 1

https://www.modalrakyat.id/blog/kewirausahaan-adalah

https://www.bola.com/ragam/read/4616934/pengertian-wirausaha-tujuan-kelebihan-kekurangan-ciri-ciri-dan-contohnya-yang-perlu-diketahui

https://www.google.com/search?q=sifat+sifat+wirausaha&sxsrf=APq-WBueAkm5kur9qI70m2Id0RTAh1XZjA:1646570587088&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjBkMO3wbH2AhVJ7XMBHcgHD-8Q_AUoAnoECAEQBA&biw=1366&bih=657&dpr=1#imgrc=SGVFYCZ2SaVj1M

https://jubelio.com/2021/pengertian-dan-karakteristik-wirausaha-sukses/

https://www.google.com/search?q=langkah+langkah+yang+harus+di+ambil+saat+mendaptkan+masalah+untuk+wirausaha&oq=langkah+langkah+yang+harus+di+ambil+saat+mendaptkan+masalah+untuk+wirausaha&aqs=chrome..69i57.21930j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.