Maret 10, 2022

Peluang Wirausaha di bidang teknologi

 

Nama  : Muhamad Ripano (@U35-RIPANO)

NIM    : 41420010040

Mata Kuliah  : Kewirausahaan 1

 

Peluang Wirausaha di bidang teknologi

Abstrak

Kewirausahaan (entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses untuk mengembangkan usaha dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, dan cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah terciptanya usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko terhadap suatu usaha yang dimiliki. Selain itu Wirausaha juga Merupakan Kemampuan untuk Menciptakan sesuatu yang baru.

 

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat canggih seperti saat ini. Ada beberapa contoh alat alat teknologi tersebut, Seperti : computer, handphone, dan lain sebagainya.

 

Pembahasan.

 


 

Apa itu Wirausaha Di bidang Teknologi?

 

Wirausaha Di bidang Teknologi yaitu Teknologi yang menggunakan Komputer dan Internet sebagai alat untuk Pemrosesan. Namun Ada beberapa istilah bahwa Wirausaha di bidang Teknologi itu adalah Seorang Wirausaha yang Mencangkup Teknologi Semikonduktor Sampai ke aksesoris computer pribadi (PC). Pada Teknologi seperti saat ini Banyak wirausaha yang memanfaatkan untuk berbisnis Seperti : Menjual Aksesoris pada Komputer, Membangun suatu barang Teknologi yang baru, Kemudian diproduksi secara Umum.

Wirausaha Di bidang Teknologi juga diartikan sebagai kumpulan dari beberapa inovasi yang berbasis tekhnologi. Sedangkan tekhnologi adalah cara atau metode untuk mengolah sesuatu agar terjadi efesiensi biaya dan waktu, sehingga dapat menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Dengan menguasai Ilmu Wirausaha para wirausahawan baru di negeri ini yang mampu mengdongkrak pertumbuhan ekonomi bangsa ini.

Wirausaha Teknologi ini sangat menguntungkan untuk menjalankan suatu perbisnisan karena Lebih mudah untuk memproses atau memprogres suatu usaha yang baru.

 

Macam – macam Wirausaha pada Bidang Teknologi

Ada beberapa macam Wirausaha Di bidang Teknologi

1.      Toko Online

Berjualan online merupakan salah satu ide bisnis berbasis teknologi terbaik. Membuat toko online kini jadi andalan para wirausaha, terutama di masa pandemi ketika publik lebih nyaman bertransaksi secara online.

Menjadi pebisnis toko online juga banyak berminat untuk membangun suatu usaha muda seperti saat ini. Seperti: menjual Handphone, menjual Komputer, dan menjual barang barang baru lainya dan menciptakan suatu produk dengan ide baru dalam berbisnis Berjualan Online.

 

2.      Bisnis Dropship

Menjalani bisnis dropship juga salah satu kemudahan dalam bisnis berbasis teknologi. Solusi ini mempermudah Anda untuk menjual suatu produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Jadi, Anda cukup mengandalkan kemampuan menjual saja.

Pada Bisnis Dropship ini salah satu usaha yang mudah dan efisien tanpa menguras tenaga dan modal, di sisi lain usaha ini perlu sangat diperhatikan barang dan system pengiriman agar dilakukan dengan baik dan benar.

 

 

 

3.      Konsultan IT atau Cybersecurity

Di era digital, bisnis bidang apapun terancam oleh serangan siber. Keadaaan ini berdampak pada kebutuhan akan konsultan IT yang semakin besar.

Sebagai konsultan IT, Anda dapat membantu perusahaan mengevaluasi sistem keamanan dan menawarkan saran tentang bagaimana mereka dapat melindungi diri dari peretas dunia maya dengan lebih baik. Selain itu, konsultan IT atau cybersecurity juga dapat membantu menyiapkan perangkat keras suatu perusahaan atau bisnis dan memecahkan masalah umum tentang teknologi dan keamanan pada system tersebut.

 

4.      Konsultan Media social

Suatu bisnis harus dapat muncul sebagai hasil teratas di Google Penelusuran untuk kata kunci yang terkait dengan bisnis mereka. Itu artinya, mereka membutuhkan seseorang yang ahli dalam SEO untuk membantu hal tersebut. Selain itu, SEO juga efisien untuk mendatangkan pengunjung website atau platform e-commerce tanpa biaya.

Untuk menjadi konsultan dan pemasar media sosial harus menguasai Teknik SEO tersebut dan banyak peluang untuk menjadi seorang berbisnis.

 

5.      Pembuatan Website

Ide bisnis ini memang sudah ada sejak lama, namun ide ini masih relevan hingga beberapa tahun ke depan. Jika Anda memiliki kemampuan membuat website yang menarik, hal itu bisa menjadi bisnis yang potensial. Apalagi saat ini kebutuhan website semakin meningkat, baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, maupun individu.

Bisnis berbasis teknologi digital jadi bisnis yang potensial saat ini dan beberapa tahun ke depan. Beragam pilihan ide bisnis bisa jadi bahan pertimbangan. Dan juga bisa menentukan bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan memiliki prospek bisnis yang baik.

 

Kemajuan Teknologi di Bidang Digital.

Seiring dengan perkembangan zaman, manusia berhasil menemukan berbagai macam teknologi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Telah banyak inovasi teknologi yang kini hadir di tengah masyarakat. Hal ini diciptakan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia.

Hadirnya teknologi juga memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hampir dapat dipastikan setiap orang kini juga telah bergantung dengan teknologi. Pasalnya, setiap hari kita memerlukan teknologi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

 

Teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian. Serta bagaimana dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya.

 

 Pada Perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat. Teknologi telah dapat digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan. Peran penting teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital. Era digital telah membawa berbagai perubahan yang baik sebagai dampak positif yang bisa gunakan sebaik-baiknya.

 

Kesimpulan

Kewirausahaan adalah Seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bemilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain Dan juga sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, berdaya, bercipta, berkarsa dan bersahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya atau kiprahnya. Pada Perkembangan di dunia Era digital banyak yang memanfaatkan untuk Berwirausaha dengan menggunakan teknologi seperti sekarang. Bisnis berbasis teknologi jadi bisnis yang sangat berpotensial, Beragam pilihan ide bisnis di atas bisa jadi bahan pertimbangan. Anda bisa menentukan bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan memiliki prospek bisnis yang baik. sebagai seorang wirausaha harus lebih memperhatikan penggunaan teknologi dalam aspek kewirausahaan hal ini agar dapat memajukan suatu usaha. Hal ini terlihat bahwa teknologi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kewirausahaan agar suatu usaha yang dijalankan lebih dikenal banyak orang di seluruh dunia. Dengan orang-orang mengenal usaha yang dipasarkan maka akan lebih banyak mendapatkan keuntungan dan membuka sekor lapangan pekerjaan. Bukan hanya itu saja teknologi dijadikan sebagai persaingan usaha yang sangat ketat maka dari itu sebagai wirausaha harus dapat membuat iklan maupun memasarkan produk secara menarik dan berkualitas.

 

 

 

Referensi

https://commercial.acerid.com/support/articles/5-bisnis-berbasis-teknologi-yang-menjanjikan

http://bajairoy.blogspot.com/2015/10/kewirausahaan-di-bidang-teknologi.html

https://www.researchgate.net/publication/342549434_KEWIRAUSAHAAN_BERBASIS_TEKNOLOGI_TEKNOPRENEURSHIP#:~:text=Technopreneurship%20(technology%20entrepreneurship)%20adalah%20gabungan,dari%20sebuah%20invensi%20dan%20inovasi.

https://core.ac.uk/download/pdf/87779963.pdf

https://yukmelintang.wordpress.com/2015/10/09/kewirausahaan-dalam-bidang-teknologi-informasi/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.