Maret 07, 2022

Manajemen Dalam Sebuah Pengelolaan Project

 Pendahuluan 


Tim Manajemen adalah sebuah tim yang mengelola dan memberi saran kepada karyawan lain dan tim yang bekerja dengan baik dalam sebuah tim itu sendiri, untuk  menunjang kesuksesan suatu perusahaan adalah kinerja karyawan. Tanpa kinerja yang baik dan berkualitas perusahaan tidak dapat mencapai target yang ingin diraih

Rumusan Masalah

1. Apa itu Manajemen Proyek ?
2. Tujuan  Manajemen Proyek ?
3. Bagaimana membentuk sebuah Tim Manajemen Proyek yang baik ?

1. Manajemen Proyek 
 
Manajemen Proyek adalah  suatu usaha merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasi, dan mengawasi kegiatan dalam proyek sedemikian rupa sehingga sesuai dengan jadwal waktu dan anggaran yang telah ditetapkan.
Sedangkan pengertian dari proyek itu sendiri adalah suatu tugas yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang direncanakan, yang dapat didefinisikan dalam hal pecapaian, hasil atau manfaat. Suatu proyek biasanya dianggap berhasil jika mencapai tujuan sesuai dengan kriteria penerimaan , dalam skala waktu, anggaran, sumber daya, dan spesifikasi kinerja yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelangan.

 

2.Tujuan Manajemen Proyek

Adapun tujuan-tujuan dari manajemen proyek, berikut penjelasan mengenai tujuan proyek yang harus Anda ketahui :


2.1. Menyelesaikan Tepat Waktu
Pada saat menyelesaikan sebuah proyek, waktu merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam mengerjakanya, salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan manajemen proyek adalah dengan memberikan keyakinan terhadap pelangan terhadap waktu yang sudah ditentukan dalam menjalankan proyek.


2.2. Mengelola Resiko
Dalam membangun sebuah proyek pasti tidak lepas dari trial and eror. ketika menyelesaikan proses yang dijalani pada proyek tersebut, tentunya ketika Anda salah atau lalai dalam mengerjakannya,pastinya akan menggangu setiap pekerjaan Anda.


2.3. Mengelola Tim
Ketika menjalankan sebuah proyek, kualitas sumber daya manusia sangatlah dibutuhkan dalam melaksanakan proyek tersebut. Peran manajemen proyek iyalah meenggerakan setiap anggotanya dengan tujuan agar dapat melakukan perannya dengan baik, dan memiliki kemampuan dalam mengelola sebuah proyek yang dikerjakan.


2.4. Membuat Perencanaan yang Tepat
Dalam melakukan sebuah proyek, setiap manajemen proyek pasti akan mengarahkan pada perencanaan yang baik dan tepat, perencanaan yang dimaksud adalah melakukan sebuah pekerjaan mencakup seluruh proses awal hingga akhir dengan memaksimalkan kualitas dan kapabilitas, sehingga setiap rencana yang sudah dirancang sesuai dengan apa yang diinginkan.


2.5. Menjaga Anggaran
Anggaran merupakan kunci dalam membuat sebuah proyek, dengan mengkaji setiap anggaran, maka akan dicari jumlah anggaran seminimal mungkin, tetapi dengan anggaran tersebut, manajemen proyek akan semaksimal mungkin untuk menunjang tercapainya kriteria proyek yang telah ditentukan di
awal.

 

3. Bagaimana membentuk sebuah Tim Manajemen Proyek yang baik ?

Kerjasama team yang baik juga harus efektif agar semua tujuan yang ditetapkan dari pembentukan sebuah team dapat terlaksana dengan baik dan optimal.

hal-hal yang harus diperhatikan dalam membentuk team yang efektif antara lain :

  • Tujuan bersama yang jelas
  • Menggunakan semua sumber daya yang tersedia
  • Kepercayaan dan penyelesaian konflik
  • Kepemimpinan partisipatif (menghendaki keikutsertaan/partisipasi pihak yang dipimpin)
  • Pengawasan dan prosedur 
  • Komunikasi interpersonal (antar orang) yang efektif
  • Pemecahan masalah dan pengembalian keputusan
  • Kreativitas
  • Evaluasi
  • Pendelegasian yang jelas

Kesimpulan

Fokus utama manajemen proyek adalah pencapaian semua tujuan akhir proyek dengan segala batasan yang ada, waktu dan dana yang tersedia. Pada perencanaan pembuatan proyek sebuah sistem, diperlukan berbagai macam komponen yang terlibat di dalamnya.Satu hal yang harus diperhatikan/diutamakan oleh seorang manajer proyek dalam melakukan perencanaan adalah menghitung, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, dan resiko yang akan terjadi dalam proses pengerjaan proyek tersebut.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar